Mengapa Paket Tertahan di Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta
in Blogg

Mengapa Paket Tertahan di Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta

Selama ini kita sering mendengar orang mengatakan bahwa ia memiliki paket tertahan di bea cukai Bandara Soekarno – Hatta. Apa sih sebenarnya yang terjadi ? dan mengapa bisa sampai seperti itu ?

Paket tertahan di Bea Cukai Soekarno – hatta adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang awam untuk menyebut paket yang masih belum atau tidak mendapat izin keluar dari pemeriksaan kantor bea cukai yang terletak di kawasan Bandara Soekarno – Hatta.

Seperti diketahui bahwa semua paket kiriman dari luar negeri, akan diperiksa oleh petugas bea cukai.

Pemeriksaan ini secara umum bertujuan untuk :

  1. Melihat apakah barang tersebut diizinkan masuk ke Indonesia dikaitkan dengan peraturan / perundangan yang berlaku
  2. Menetapkan bea masuk dan pajak atas barang kiriman yang bersangkutan

Paket apa saja yang diperiksa oleh Bea Cukai Bandara Soekarno – Hatta

Paket yang melalui pemeriksaan di kantor bea cukai bandara Soekarno – Hatta adalah semua paket yang dikirim menggunakan EMS, Express Mail International (USPS), DHL, Fedex, TNT, UPS, Aramex, Jasa kurir swasta express non pos lain serta paket yang dikirim langsung menggunakan Air Cargo.

Lalu mengapa paket ditahan di bea cukai Bandara Soekarno – Hatta ?

Ada beberapa alasan mengapa paket belum di release dari sana, yaitu :

  1. Paket berisi barang yang dilarang masuk di Indonesia. Misalnya Narkoba, Senjata Api illegal, dll
  2. Paket berisi barang yang mendapatkan Pembatasan dan yang memerlukan izin khusus dari instansi tertentu. Misalnya Makanan, obat, tanaman, barang bukan baru, dll
  3. Paket di ragukan kebenaran nilai harganya. Misalnya sebuah paket yang seharusnya berharga $ 100, tetapi di invoice atau di lembar custom declaration sengaja ditulis $ 40 oleh pengirimnya

Apabila menemukan paket-paket seperti tersebut diatas, maka pertugas Bea Cukai akan menahan barang untuk proses lebih lanjut.

Khusus untuk barang yang merupakan barang dilarang masuk ke Indonesia, maka akan disita dan dikuasai oleh Negara.

Untuk paket yang berisi barang yang memerlukan izin khusus, maka pihak bea cukai akan minta kepada si penerima untuk melengkapi surat izin yang diminta.

Sedangkan untuk paket yang diragukan kebenaran nilai harganya, pihak bea cukai akan menghubungi penerima untuk menunjukkan bukti pembayaran / bukti order atau bukti transfer yang sah. Untuk kemudian dijadikan patokan sebagai dasar penentuan bea masuk dan pajaknya.

Bagaimana kita bisa tahu kalau paket kita tertahan di bea cukai bandara Soekarno – Hatta ?

Apabila paket anda membutuhkan tambahan informasi seperti yang saya sebutkan diatas, maka Bea Cukai akan menerbitkan surat pemberitahuan yang akan dikirim ke alamat anda.

Surat pemberitahuan itu bisa juga disampaikan oleh pihak courir seperti DHL, Fedex, Aramex, dll

Jika ternyata anda tidak menerima surat pemberitahuan baik yang langsung dikirim oleh bea cukai atau dari courier yang bersangkutan, maka anda masih bisa melakukan pelacakan dari tracking number paket anda.

Jika dari hasil pelacakan, posisi paket masih tetap berada di Bandara Soekarno – Hatta dalam jangka waktu lama, maka ada kemungkinan paket anda memerlukan “penanganan” tersebut diatas.

Jika begini, anda bisa encoba menghubungi kantor bea cukai Bandara Soekarno – Hatta, di nomor telepon (021) 5507058.

Jadi Jika anda memiliki paket yang “tertahan” di Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, maka silahkan melihat masalah apa yang menjadi penyebabnya. Jika memang paket anda bersifat legal dan bukan termasuk barang dalam pembatasan, maka anda tidak perlu khawatir. Karena bisa diselesaikan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

219 thoughts on “Mengapa Paket Tertahan di Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta

  1. rully

    kalo order di ebay.co.uk, hp second tanpa charger dan aksesori (alias hp nya saja) aman ngga bro ato mesti lewat forwarder?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Sebenarnya prinsip membeli barang bekas dari luar negeri itu tidak boleh. Tetapi kenyataan dilapangan, banyak juga yang masuk dan lolos. Tetapi tetap ada resiko terkena screening di Bea Cukai

      Reply
      1. Lusi

        Halo mas
        Saya tadi ditelpon sama penjual, kalau barang nya ilegal padahal diawal dia bilang kalau barangnya original, tapi sama pihak kepolisian terus ada 2 cara lewat hukum sama kekeluargaan, kalau cara kekeluargaan harus bayar 2.150.000 supaya bisa nembus untuk pengiriman, dan uang 2jt itu akan dikembalikan secara 5 menit dan ngancang2 kalau tidak diurus barangnya. Nti saya kenak karena alamat saya sudah tertera
        Ini kasus penipuan atau gak?

        Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Ini modus penipuan. Sebenarnya penjual barang itu penipu, dia tidak mengirim barang. Dia mengaku ilegal itu tujuannya mau menipu anda lagi. Waspadalah

          Reply
      2. Assalamu alaikum…
        Saya punya kenalan dermawan dari UK. Alamat di New Castel. Lengkap.
        Ingin menyumbangkan uangnya. $2.000.000 US
        Saya sudah kirimkan calon penerima bantuan tsb.
        Tadi pagi saya dihubungi pihak cargo atau bea cukai, tdk jelas. memberitahu kalo saya mendapatkan paket.
        Saya brouwsing di google, bahwa pengiriman uang masuk Indonesia, dikenakan Denda Fined. setelah sarya hitung, fined sebesar $425.806 US.
        pertanyaan, apa bisa , fined diambilkan dari paket uang yg dikirim ?
        Terima kasih atas penjelasannya.
        Sebagai acuan
        Pengirim Mrs. Jelly Scott , New Castle UK.
        Beliau telah membayar $13.750 US sebagai ongkir.

        Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Waalaikumsalam Wrwb. Orang yang mengaku dermawan itu sejatinya penjahat. Dia mau menipu anda. Segera blokir dan dilupakan saja. Sudah banyak kejadian penipuan seperti ini.

          Reply
        2. ria

          siang gan,kurang lebih satu minggu yang lalu istri pesan hp lewat fb,selanjutnya d konfirmasi suruh melaui wa,singkat crita istri saya pesan ho 2unit dgan harga murah,dan istri saya d suruh mengirim foto ktp asli dengan alasan sebagai jaminan pihak toko karna istri saya minta bayar d tempat.singkat crita kemarin pihak toko mengirim foto dua buah kotak dan tercantum nama dan alamat istri saya,dan pihak toko menjelaskan klu resi pengiriman akan d kirim menyusul,ternyata td siang istri saya d tlpn orang yang mengaku dari pihak beacukai soeta ,,katanya barang yang atas nama saya itu tdk ada ppn dan pph,,,jd harus d urus lewat jalur hukum,,,kan saya juga bingung,setelah itu istri saya menghubungi pihak toko ,dan mereka menjelaskan bahwa hp tersebut memang barang murah dan tidak ada ppn nya,,,sampai pihak bandara tlpn tadi resi pengiriman blm d kirim oleh pihak toko gan,,gmn ini gan,kami hanya orang desa,,,

          Reply
          1. RajaBeli.com Author

            Itu modus penipuan. 1. Penjual adalah penipu, dia tidak mengirim apa apa, memang dia tidak jualan barang. 2. Yang mengaku bea cukai itu ya si orang yang mengaku jualan barang tadi, atau komplotannya. Dia mau menipu anda lagi. jadi anda sudah ditipu, lalu mau ditipu lagi. hati hati dengan orang jualan barang di sosmed atau broadcast dengan harga murah gak masuk akal.

    2. kurniawan

      mas mau tanya saya mau beli senapan angin di ebay , apakah barang bisa di kirim ke ndonesia.
      dan apakah bisa dibantu dgn cara forwader?

      Reply
    3. Linda kurniawati

      Hallo gan..Saya mau beli chaving dish alias prasmanan set di Alibaba, Kan setelah order Kita dapat email Dr Alibaba soal trade assurance..Saya gak mudeng itu Kita yang isi apa gimana ya..Dan kena pajak gak ya kalo Cuma order 4-10 set..karena mau dipake sendiri..
      Karena dari kemaren Saya order di Alibaba today Ada response dari seller

      Reply
      1. Jon Walcer Damanik

        Saya mau nanya,
        ada kenalan kk saya dr fb ngirim paket ke kk dr luar negeri ,setelah 3 hari pihak bandara tadi pagi nelpon ke kk saya dan di suruh bayar beacukai nya 7jt karena paket nta tertahan di bandara,isi nya (ieftop,farpum,tas,ham,dan hp) itu modus atau gimana,??

        Tp kenalan kk saya ngirim poto resi nya ,sm poto paket nya,

        Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Fix. Ini modus penipuan. Tidak ada barang yang dikirim. Dan anda jangan mau transfer berapapun. Karena orang yang mengaku teman dan mengirim paket serta yang mengaku dari bea cukai itu orangnya sama atau kelompoknya. Hati-hati dengan modus ini.

          Reply
          1. Nienazahra

            Saya mau tanya saya dikirim paket dari london tanggal 22/12/2018..kemarin ada tlf dari kntor beacukai saya harus bayar 9 juta itu penipuan atau bagaimmana

  2. Faian

    “Item held by customs Invoice missing” itu maksudnya apa ya pak dan apa yang harus saya lakukan? Baru pertma beli dari luarnegeri nilai barangnya rp 500.000

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam Mas, silahkan menghubungi kami via HP/WA : 085313447795 untuk membahas lebih detail. nanti saya bantu mas. Terima kasih

      Reply
    2. Gunawan

      Paket saya juga bernasib sama ditahan dengan alasan “invoice is missing”. Kita nanti diberitahu via surat kalau paket ditahan? Atau kita harus kontak ke bea cukai soekarno hatta? Padahal sellernya sudah menaruh 3 invoice diluar boxnya.

      Reply
      1. RajaBeli.com Author

        Istilah “invoice is missing” itu hanya istilah jika anda melakukan trace di web luar negeri. Untuk pengiriman dengan pos, silahkan langsung trace di web pos Indonesia di : ems.posindonesia.co.id, maka hasilnya akan berbeda.
        Terima kasih

        Reply
      2. Widyawati

        Saya mendapat paket barang dari Dubai yang rencananya akan disumbangkan ke sejumlah panti asuhan serta masjid. Tadi pagi saya mendapat pemberitahuan kalo saya harus membayar cukai 5 juta rupiah. Lalu saya mendapat pembekalan lagi kalau jumlah harga barang melebihi kapasitas. Dan saya harus membayar lagi 10 juta rupiah. Apakah ini modus penipuan?
        Terima kasih

        Reply
  3. junaidi lim

    Maaf saya mau tanya .bulan lalu saya ada pesan barang dari luar negri melalui kasa asendia.tapi hingga saat ini saya belum mendapatkan barang saya.saya cek di trac asendia katanya barang sudah sampai .berikut saya copy paste

    Product Shipment: BellaVeì – Cuticle Cream
    Shipment Website: http://sgtrack.asendiahk.net/
    Shipment Number: ASL20160604DE91ID
    Date Shipped: 6/4/2016
    Order: 4F3FF903044ADED985257FC6004BB661

    Dan ini status barang saya di track asendia

    Premium Goods Country Track Services
    ASL20160604DE91ID
    Date Time Status
    2016-06-04 08:41:27 Order received and processed at SIN ASENDIA hub.
    2016-06-04 17:33:29 Order dispatched from SIN ASENDIA hub.
    2016-06-16 15:06:32 Order arrived at destination country

    Aaya mau minta tolong .bagaimana caranya aupaya saya bisa ambil barang saya.mohon bantuannya
    Sebab sudah hampir 2 blan saya blum mendapat kiriman paket saya.saya ucapkan banyak terimakasih atas bantuan saidara sekalian

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Metode pengiriman asendia tidak menyediakan sistem tracking paket secara detail, seperti yang disediakan oleh sistem Registered Mail lain. Berdasarkan tracking, barang sudah masuk Indonesia tanggal 16 Juni. Tetapi setelah itu tidak bisa di trace lagi.

      Jika anda berniat untuk menanyakan ke kantor pos besar terdekat, biasanya akan diminta tracking number oleh petugas pos. Sayangnya tracking number asendia tidak bisa di trace di sistem pos Indonesia. Ada baiknya mencoba menghubungi seller, barngkali seller akan menawarkan solusi lain, misalnya refund atau pengiriman ulang. Terima kasih

      Reply
  4. putry

    maaf saya mau tanya, saya pesan hp di bandung, tapi pihak hp nya bilang kalau barang saya ditahan oleh pihak bea cukai dibandara soekarno hatta dan saya di minta uang 5 juta, menurut anda itu penipuan atau bukan? mohon dibalas

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Iya mas itu jelas penipuan. Pengiriman barang dalam negeri tidak melalui bea cukai. Boleh saya tebak, pasti mas beli hp dengan harga murah di internet, lalu dimintain uang untuk urus bea cukai. Jangan ditanggapi. Terima kasih sudah mampir

      Reply
      1. Lissa Kirana Ayu

        Mas saya mau tanya, mengenai transfer sejenis. teman saya diminta menebus uang sebesar 4juta rupiah yang di kirimkan ke rekening tempat saya beli Online dikarenakan barang Online Shop yang tertahan di cargo bandara. untuk informasi barang teman saya yang katanya tertahan di cargo adalah HP dan Laptop. jika tidak, katanya akan diserahkan kepada pihak yang berwajib. menurut mas ini jelas penipuan atau bukan?

        Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Apakah membeli laptop/HP di dalam negeri ?. Pengiriman barang dalam negeri tidak melalui pemeriksaan bea cukai Mbak.

          Apakah membeli HP/Laptop dengan harga murah promo dari Broadcast Message ?. Kalau iya, maka itu modus penipuan.

          Kalau orangnya nelpon lagi, bilangin saja, dia yang mau dilaporkan ke pihak berwajib, karena telah menipu

          Reply
  5. Arman

    Saya dapat kiriman paket dari sodara saya d malaysia dia bilang paling lambat 10 hari dah sampai tapi dah hampir setengah bualn belum sampai juga, saya cek marang itu masih ada d soekarno hatta, pemerikasaan dokumen accepted terus setiap saya cek, apa yg harus saya lakukan mohon bantuan nya terimakasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Itu artinya pihak bea cukai memerlukan tambahan data dari anda sebagai penerima. Nanti akan dikirimkan surat ke alamat anda. Di dalam surat itu akan diberitahu data apa yang perlu disampaikan kepada pihak bea cukai. Biasanya berupa penjelasan mengenai barang yang dikirim, atau bukti pembelian/pembayaran barang tersebut. Jadi silahkan ditunggu lebih dulu ya mas. Terima kasih sudah mampir

      Reply
  6. Lydia

    saya mendapat kiriman dari amerika, saya mendapat telp katanya harus membayar pajak sebesar 8 jt trus saya transfer lalu ada telp lg katanya harus membayar denda sebesar 13.350.000 tapi saya tidak membayar. apakah ini modus penipuan atau bukan sampai sekarang saya blm mendapat kiriman

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Mbak Lydia, melihat modusnya seperti itu, saya khawatir kalau ini penipuan. Sudah banyak yang seperti ini. Harap diketahui bahwa jika kita mendapatkan kiriman paket dari luar negeri, dan kena pajak. Maka pembayaran pajak dibayarkan melalui kantor pos, jika paket dikirim menggunakan Pos. Atau kepada jasa kurir yang bersangkutan jika dikirim dengan jasa kurir lain non pos (dhl, fedex, aramex, tnt, dll). Tetapi jika harus melakukan transfer, maka ditujukan kepada rekening perusahaan yang bersangkutan. Bukan ke rekening atas nama pribadi.

      Sekarang yang oenting apakah mbak merasa membeli barang dari luar negeri ?. Jika tidak, maka itu sudah jelas penipuan. Agar berhati-hati

      Reply
  7. Lydia

    kiriman saya sdh sampai di jakarta tetapi saya mendapat telepon dari katanya courier sky express tp menggunakan no hp pribadi ini modus penipuan atau bukan trima kasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Kalau mbak masih Bingung/ragu, silahkan kontak kami di HP/WA 085313447795, nanti saya bantu untuk identifikasi masalahnya. Terima kasih

      Reply
  8. Boss saya melakukan pengiriman impor dari china untuk scarf $2.0 & usb/memory card $1.5, mendapat surat dari beacukai berupa surat penyelesaian paket barang, apakah invoice yg saya kirimkan tsb. Menjadi pertanyaan atau case lainnya pls. Advise??
    Custom jg memerlukan penjelsan barang untuk brg yg dikirim

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam Mas, Untuk apa yang perlu mas lakukan, sebenarnya sudah ada di surat dari bea cukai tadi. Jadi silahkan disimak, apa yang dimainta oleh bea cukai untuk anda lakukan. Jika masih bingung, silahkan menghubungi Bea cukai di kontak yang tertera di surat tersebut. Terima kasih

      Reply
      1. Naila

        Mas saya mau nnya Nih saya pernah beli Hp Tu Hp nya tu iPhone 8 Yg ada di instagram ngaku nya sih harga 350rb ongkir nya 57k itu saya liat di instagram namanya klaten. Phone. Center
        Itu kan saya minat nah Itu Saya wa Si penjual Dia minta transfer 407rb saya udah Transfer Itu tgl 23 des 2019 saya wa Cuma Di read doang trs tgl 26 des tanya kenapa barang tak Sampai sampai Trs dia jawab Kalau barang ditahan mengatas namakan bea cukai Alasanta dih katanya surat surat harus diselesaikan Pengiriman (Pembayaran harus Terselesaraikan) nah masak tgl 25 sampai 29 des ini Blm juga Dateng dateng
        Itu solusi nya gimana ya saya tkut ketipu haduhh masyaallah

        Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Modus penipuan. Penjualnya penipu, dia tidak kirim barang. Yang mengaku bea cukai juga penipu. Itu orangnya sama.

          Reply
  9. Desita dewi wahyu

    Sya jg bli kulkas online d jaktim..ktny mw d krim lwat cargo.tp sy dpt telf klo brang d than di bea cukai krna barang BM..sya d sruh pilih byar uang 2,5 jt ato mw d laporkan polisi.itu gmn penipuan ato bkan??

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Iya mbak. melihat modus nya ini penipuan. Pengiriman paket dalam negeri tidak melewati pemeriksaan bea cukai. Agar berhati-hati

      Reply
  10. Sofie

    Saya ada beli koper dr onlineshope, diinfokan brg ditahan bea cujai dan harus transfer 4,5 jt kemudian transfer lg 5,5jt apakah ini penipuan, mohon saran dan tindakan yg hrs dilakukan agar brg bs saya terima.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Apakah pembelian anda dari OL shop dalam negeri ?. Jika iya, maka ini adalah modus penipuan. Pdengiriman paket dalam negeri tidak melewati prosedur pemeriksaan bea cukai. Silahkan simak beberapa komentar sebeelumnya. Sudah banyak orang yang mengalami hal seperti ini. Berhati-hatilah dalam belanja OL, jangan tergiur dengan harga murah, yang berujung dengan penipuan.

      Reply
  11. Wenny

    halo.. ini pembelian pertama saya.. tapi saya merasa ditipu, entah courir atau cukai nya.. jadi saya ada beli online di Gearbest.com barang seharga $34.5 (sudah termasuk ongkir & Asuransi) Tapi pada saat saya tracking di dpex.com (karna ternyata kurir yang digunakan itu) barang saya tertahan di cukai Jakarta, pada saat saya tanyakan saya diharuskan membayar cukai, saya tidak mau dan saya kirim email bukti bayar & invoice saya.. namun keesokan harinya saya dapat email balasan dr CS kurir tsb bahwa saya harus membayar pajak dari barang saya, dan yang saya baca FOB barang saya $70, Freight $4 & Insurance $0.37.. Jadi pajak total & admin yang saya harus bayar 404.000.. lalu saya tanya2 temen yang membeli ini juga di web yang sama namun mereka tidak kena pajak.. yang saya sesalkan barang saya sudah ditebus oleh dpex.com & kalau saya tidak membayar 404rb di dpex.com barang saya akan di destroy pihak dpex.com.. seharusnya bagaimana ya itu?? mungkin ada solusi apa yang harus saya lakukan pada dpex.com? terima kasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam.

      Shipping company seperty Dpex, dhl, fedex dan sejenisnya ( Non Pos ), jika sudah menetapkan tagihan pajak, maka kita tidak bisa mengajukan keberatan. Karena memang mereka sudah membayarkan pajak kepada pemerintah. Lain halnya jika pengiriman menggunakan pos Indonesia.

      Mengapa harga invoice menjadi lebih mahal ?. Ini disebabkan oleh adanya aturan dimana petugas bea cukai berhak menentukan harga FOB sesuai dengan penaksiran berdasarkan harga pembanding yang ditemukan petugas, baik itu dari situs online maupun harga pasaran yang berlaku. Ini dilakukan jika petugas merasa bahwa harga yang tertulis di paket tidak sesuai dengan taksiran harga barang yang sebenarnya.

      Jika anda mengalami hal ini, maka mau tidak mau harus membayar tagihan pajak tersebut, untuk mengambil paketnya. Terima kasih

      Reply
      1. Wenny

        Trus gimana ya mas biar orderan kita pengirimannya menggunakan pos indonesia? Penentu kurirnya itu penjual kah? Karna temen saya kok berkali2 order online (diweb lain) slalu dpt pos indonesia..

        Reply
      2. ria

        mas sya mau tanya,,,dua hari kemarin saya membeli hp melalui fb dan pihak toko menyarankan lewat wa,,,setelah itu saya pesan hp dua unit dengan harga murah,dan saya meminta bayar e tempat,lalu pihak toko meminta foto ktp asli dan wajah saya sebagai jaminan,dan kemarin saya d kirimin foto dua kotak yang sudah tercantum nama dan alamat saya,dan resi pengiriman menyusul karna barang tersebut dari malaysia ,,,td siang resi pengiriman belum d kirim saya suda d tlpn orang yang mengaku pihak bea cukai bandara soeta yang menjelaskan bahwa barang paket saya tidak d lengkapi ppn dan pph dan harus d tempuh jalur hukum,saya juga kaget mas soalnya dari pihak toko dari awal tidak ada penjelasan sama sekali,,,lalu saya tanya k pihak toko katanya saya d suruh menghubungi pihak bandara untuk meminta damai,,tp saya tidak lakukan mas,apakah ini penipuan,daj saya sangat menyesal sudah mengirim foto ktp saya,,,,terimakasih sebelumnya ya mas

        Reply
  12. Adit

    Mas saya mau nanya saya kan di kirimin kaos dari thailand, kalo udah sampe di soekarno hatta itu di cek bea cukai ga ya? Via pengiriman ‘thailand post’ #trima kasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Semua paket yang masuk ke Indonesia akan diperiksa di kantor bea cukai. Walaupun kadang dilakukan secara random jika paket yang masuk sangat banyak. Terima kasih sudah mampir.

      Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Maksudnya Pajak ?. Pajak akan dikenakan untuk paket dengan harga di atas $ 50. Jadi tidak melihat jenis barangnya apa ?. Tetapi berapa nilai barangnya ?. Terima kasih

          Reply
  13. Farchan Amin Mahendra

    Saya mau tanya, saya beli hp dari batam dengan harga murah, kemudian saya mendapat telp dari pengirim katanya barang di tahan di bea cukai, lalu dia minta uang yg sesuai dengan harga asli hp untuk pembuatan laporan.. Setelah saya kirim besoknya dia mengabari kalo sudah terlambat, lalu dia minta uang 6 juta untuk pembayaran keamanan..
    Minta sarannya saya harus gimana

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Malam Mas, ini modus penipuan. Jadi penjual HP dan orang yang mengaku dari bea cukai itu adalah orang yang sama atau kelompoknya. jadi jangan mau transfer apapun kepada orang tersebut. Agar berhati-hati

      Reply
  14. gita

    iya mas jadi saya beli barang dari batam kok saya dapet telfon dari beacukai bandara soeta katanya saya mesti bayar uang beacukai karena tidak ada ppnnya
    dan rekeningnya individu itu sebesar 4.5 yang disuruh kirim ini penipuan tidak? mohon jawabannya

    Reply
  15. Dewi Kurnia Putri

    hari ini paket saya ditahan di cukai,karena isi paket itu katanya barang mewah. mereka meminta 7 juta rupiah.tapi saya bingung karena harus transfer kerening pribadi..gimana saya tahu kondisi paket saya mas? sy sudah konfirmasi sm keluarga sy di luar negri mengenai isinya.

    Reply
  16. A.tanri

    Selamat siang
    Saya dapat info dari pihak pengirim dari malaysia katanya paket saya yg dia kirim melalui pos laju di tahan pihak cukai di bandara soetta, padahal sebelumnya paket kiriman yg sama pd bulan oktober 2016 tidak ada masalah, mohon petunjuk

    Reply
  17. deri uyang

    sore pak,
    beberapa harii kmren saya membeli barang dari china via DHL
    dan status pengiriman Situasi Perijinan Pabean
    sekitar 4 hari, dan belum berubah,bisa anda jelaskan mengapa demikian

    Reply
  18. lilis

    mas mau tanya ni… kan aku beli hp via bbm dri batam ya.. hrga lumayN lebih murah. trus dia bilang pengirimN sampai 2 hari barang sdah sampai ke rumah. trus hari kedua setelah pengiriman itu saya di tlpn dri org yg ngakunya pihak pemeriksaan barang dan hp saya pesen tadi bilangnya belum kena pajak. jdi dri pihak cukai minta uang 1jt untuk penbebasan barang. trus saya di beri waktu 30 menit untuk mengambil keputusan. kemudian saya tlpn dan saya tanya di man kantorny dia gak jawab. dan malah sms “saya memang bohong, dan anda akan ditindak lanjuti oleh pihak berwajib dalam waktu 1 minggu ini” kira2 ini modus atau asli ya. sya hanya di beri no resi tpi gak bisa di lacak. dan gak di ftokan barang yg saya beli saat saya minta. dan juga ketika saya mint ftokan bukti resi pengiriman jawabannya sdh di buang. saya semakin galau di buat oleh penjual hp ini.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Ini modus penipuan yang banyak terjadi saat ini. Jangan mau transfer apapun, karena tidak ada barang yang dikirim. Penjual dan orang yang mengaku dari bandara/bea cukai itu adalah satu kelompok yang sama. Tidak ada yang akan menindaklanjuti apapun yang berkaitan dengan hukum. Dan perlu diketahui bahwa pengiriman paket dalam negeri tidak melalui pemeriksaan bea cukai. Agar berhati-hati

      Reply
  19. manda

    siang mas, saya mau tanya.. saya tgl 10 jan 17 ada order barang melalui alibaba $415 dan dikirimkan tgl 11 jan via fedex, saya track number sih tgl 12 jan sudah smpai, nah di tgl 12 jan saya ada di telp oleh pihak fedex utk pembayaran bea cukai, dan saya dikirimkan perincian serta invoicenya dibebankan 1.6xx.xxx nah kata org fedex nya klo punya npwp akan lebih kecil perhitungannya, dia minta saya meng email kan foto npwp saya, begitu saya send ke orgnya tdk ada jwbn sampai sore, lalu hr ini tgl 13 saya telp ke fedex nya dr penjelasannya dy bilang bahwa brg yg saya pesan itu ditahan karena belum ada cek dr menteri telekomunikasi di pihak pengirim, jd tdk bisa dikirmkan, pilihannya hanyalah dikembalikan ke sih pengirim atau disita. lalu saya bingung karna ini pertama kalinya saya mengimpor brg, pihak fedex cm blg akan bantu memberitahu ke pihak shipper.
    menurut mas ini mslhnya knp ya? dan apa memang tdk bisa masuk k indonesia? pdhal yg saya beli cuma “mouse wireless”
    saya merasa pihak fedex tidak cepat tanggap dalam merespon keluhan saya
    mohon sarannya mas
    thanks before

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Kalau barang berupa mouse wireless seharusnya tidak ada masalah. Silahkan kontak dan dijelaskan ke CS, kalau perlu dikirimkan bukti pembeliannya. Sepengetahuan saya, mouse wireles tidak perlu izin dirjen postel. Kalau mas di Jakarta, bisa mencoba datang ke kantor fedex, dan minta dasar aturannya. Terima kasih.

      Reply
  20. endang lela wati

    Apa yg harus saya lakukan jika nomer yg tertulis di kardus pengiriman dari luar negeri sudah tidak aktif atau hilang? Apakah barang paketan saya tidak akan sampai ke rumah saya?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat sore. maksudnya bagimana mbak ? bisa dijelaskan ?. Silahkan langsung via HP/WA 085313447795. Terima kasih

      Reply
  21. david

    Bagaimana jika membeli 2 barang impor dari 2 supplier yang berbeda. Dari supplier A $40, dari supplier B $30. Waktu kedatangan di hari yang sama. Apakah akan terkena pajak karena jumlah nya $70? Atau tidak kena karena dianggap 2 barang yang berbeda?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Jika masuk pemeriksaan dalam hari yang sama, maka akan di akumulasikan menjadi satu, dan nilai harganya akan digabungkan menjadi satu, sebagai dasar pengenaan pajak.

      Reply
  22. Andri Ramadani

    siang admin, saya mau tanya, waktu normal pemeriksaan barang di bea cukai itu berapa ya,? dan saya dapet info dari sellernya mereka menurunkan harga asli dan dicetak di invoice sebesar 79.99USD, sedangkan harga barang sebenarnya 284.99USD, kira kira berapa ya min biaya Cukai dengan nilai aaslinya itu,? terimakasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat siang mas, pengiriman pakai apa ? Kalau kantor pos rata-rat 2-7 hari. kalau paket “bermasalah” maka akan ada surat pemberitahuannya dari bea cukai dikirim ke alamat anda. Terima kasih

      Reply
      1. Andri Ramadani

        via pos indonesia min, dan hari ini hari ke-7 setelah masuk Processing document by Customs, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kemungkinan memang paket saya tertahan karna masalah nominal pada invoice, lalu bagaimana ya min,?

        Reply
        1. RajaBeli.com Author

          Coba kontak kantor bea cukai di kantor pos besar terdekat. Silahkan minta informasi mengenai paket tersebut. nanti akan dijawab petugas disana. Terima kasih

          Reply
        2. RajaBeli.com Author

          Anda bisa melacak paket dengan tracking number. Disitu ketahuan posisi paketnya. Jika posisi ada di bea cukai,maka bisa menghubungi kantor bea cukai yang bersangkutan. Minta informasi tentang paket tersebut. Jika tidak tahu harus kemana menghubunginya, bisa ditanyakan ke kantor pos besar terdekat. Mereka punya informasi nya. Terima kasih

          Reply
  23. rini agustin

    Saya kmrin beli hp di bali, barang tertahan di bea dan cukai selama satu hari
    Karena barangnya ilegal
    Saya di telpon oleh pihak yang mngaku bahwa dia dari pihak asuransi
    Saya di minta tf sekian juta agar barang bisa dilanjutkan pengirimannya
    Ketika saya membeli barang itu dari penjual, dia bilang legal. Tapi setelah itu kata bea dan cukai itu barang ilegal
    Itu gimana

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Sore

      ini kasus penipuan. Orang yang mengaku menjual hp dan yang mengaku dari bea cukai itu semua penipu. Orangnya sama atau dari kelompok yang sama. Pengiriman barang dalam negeri tidak melalui prosedur pemeriksaan di bea cukai. Jadi itu sebenarnya tidak ada barang yang dikirim oleh sellernya. Terima kasih

      Reply
  24. Moulin

    Halo mas, saya mau nanya nih,
    Saya kan beli pakaian dr UK dan menggunakan jasa forwarder dr lokasi yg sama. nah mereka menawarkan jasa custom value modification. sehingga sy bisa dibantu declare value dr barang. utk jaga2 stlh mereka melakukan pengiriman barang, saya meminta email copy invoice yang sdh di modified itu. tp mereka mengatakan tdk bisa memberikan invoice karena mereka menggunakan electronic invoice. pertanyaan saya apakah tetap ada invoice yg disertakan dengan paket saya walaupun menggunakan electronic invoice ini? lalu klu misalnya saya tidak memiliki invoice “buatan” ini, apakah nanti klu ada masalah katakan mereka tdk percaya dengan harga brg, akan diminta bea cukai? atau bakalan diminta invoice dr website t4 beli pakaian?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Prosedur pemeriksaan bea cukai, jika mereka tidak percaya dengan harga yang dicantumkan di paket (custom declaration), maka mereka akan meminta penerima paket menunjukkan bukti pembayaran barang tersebut. Lalau mereka akan menetapkan pajak sesuai dengan informasi bukti pembayaran yang disampaikan.

      Bukti pembayaran bisa berupa Paypal, Bukti transfer bank, screenshoot di web terkait, tagihan kartu kredit, dll. Terima kasih.

      Reply
  25. rena

    mau tanya, saya kan order parfum dari luar negri kira kira bulan desember dan itu lolos dari bea cukai nah pas saya order lagi ketahan di bea cuka dan diminta untuk melengkapi izin dari BPOM sedangkan mereka tau kalo opsi yang mereka kasih kesaya jelas tidak akan bisa barang berupa parfume itu masuk ke indo. nah solusinya gimana supaya barang saya bisa keluar dari bea cukai ? apa bisa atau harus di retur ?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam,
      Parfum termasuk dalam kategori Kosmetik yang perlu izin edar BPOM. Jadi kalau tidak ada izin edar BPOM, maka tidak bisa masuk. Jika dalam pembelian pertama lolos, maka kemungkinan besar itu tidak kena pemeriksaan bea cukai. Perlu diketahui bahwa pemeriksaan kadang menggunakan sistem random, sehubungan dengan volume paket yang sangat besar. jadi ada kemungkinan barang tidak kena pemeriksaan (dibuka) oleh petugas. Solusi yang bisa diambil hanya ada 2 yaitu : Retur ke seller, atau diserahkan kepada negara melalui bea cukai. Terima kasih sudah mampir.

      Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Untuk kasus seperti ini, saya sarankan langsung menghubungi agen JT terdekat Mas/mbak. Mereha harusnya bisa membantu tracking melalui sistem internal mereka. Terima kasih

      Reply
  26. Natalia

    Saya ingin tanya mas, kalau uang yang dibawa dari luar negeri berapa bea cukai yang harus dibayar? Kantor bea cukai telpon suruh bayar 15 juta, itu benar kh?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Malam Mbak, Bisa dijelaskan kronologinya ?. Silahkan kontak saya via HP/WA 085313447795. Terima kasih

      Reply
  27. Natalia

    o ya satu lagi, kalau ada yang mengantar barangnya dari luar negeri apakah pakai tracking number juga soalnya baru kali ini ada akan terima barang dari luar negeri tapi ada yang mngantar dan skrang ditahan di bea cukai dan harus bayar 15 juta. Mohon infonya mas. Trimakasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Malam Mbak, Bisa dijelaskan kronologinya ?. Silahkan kontak saya via HP/WA 085313447795. Terima kasih

      Reply
  28. mijono

    Malam bpk/ibu saya mau tanya adek saya dapat kiriman dari syiria berupa paketan bok dan isix ktax uang dan dari pihak bea cukai menyuruh adek saya transfer uang ke rekening pribadi ats nama widia,sya pribadisih sanksi akan penipuan tapi adek sya bersikukuh bahwa itu benar dan udah di transferin,gmana menurut bpk / ibu mohon penjelasan ,sblmx trims

    Reply
  29. Karlina

    Malam Min, saya mau tanya saya ada pesan barang (majalah) dari Chicago dan dikirim dengan USPS priority mail . Di tracking tulisannya “Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on March 13, 2017 at 1:55 am. The item is currently in transit to the destination.” namun sampai saat ini belum sampai barangnya. Itu maksudnya tertahan di bea cukai atau gimana ya? Apa yang harus saya lakukan min untuk ngecek barang saya sebenarnya ada dimana sekarang? Thanks

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam, coba cek di web : ems.posindonesia.co.id, nanti disitu statusnya lebih lengkap. Jangan di web usps ya. Terima kasih

      Reply
  30. mohamadrizikan

    Saya dapat paket kiriman dari inggris lewat united kingdom d copy bukti kriman tgl 17 4 2017 datang d bawa seseorang kurir MR.William Ricard itu saya katanya hrus bayar d bea cukai bandara bila benar saya kiriman ini sy akan d surati y dari pihak bandara

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Hati-hati dengan modus pemipuan yang banyak terjadi. Jika anda tidak merasa membeli barang apapun dari luar negeri, sebaiknya abaikan saja. Karena ini modus penipuan. Agar hati-hati. Terima kasih

      Reply
  31. Epoch

    Halo, saya mau meminta nasihat tentang proses Bea Cukai Jakarta. Sekitar awal April saya memesan barang dari ASOS (UK) dan setelah saya lihat barang sudah sampai di Indonesia namun sejak seminggu yang lalu barang saya sepertinya masih di Bea Cukai. Saya khawatir barang saya bisa hilang di Bea Cukai karena dulu pernah kejadian dengan seller Taiwan. Pertanyaan saya:
    1. Apakah ada nomor telepon ke Bea Cukai Soekarno Hatta untuk ditanyakan tentang orderan saya?
    2. Apakah saya bisa menanyakan orderan saya dengan mereferensikan kode tracking ASOS saya?
    3. Apakah wajar Bea Cukai tidak memberi kabar lebih dari seminggu? Dan bila iya, kira-kira berapa lama saya akan menerima barang saya dari Bea Cukai?

    Barang saya berharga <$100. Dulu saya membeli dari ASOS dan dari trackingannya barang bahkan tidak melalui Cukai, entah kenapa kali ini melalu Bea Cukai.

    Mohon nasihatnya. Terima kasih.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam Mas.

      Pertama-tama perlu saya sampaikan, bahwa semua paket kiriman dari luar negeri, akan melalui proses pemeriksaan di bea cukai.

      1. Kantor bea cukai di Bandara Soetta itu ada banyak mas. Tergantung paket dikirim pakai apa ?
      2. Bisa asal ada tracking numbernya
      3. Wajar. Tergantung kesibukan disana.

      Silahkan kontak HP/WA 085313447795, saya bantu jelaskan. Terima kasih

      Reply
  32. noni

    dari kasus beli hp online yang tertahan di bea cukai apakah ada yang sampai di datangi pihak bea cukai (ngakunya) dan polisi untuk melakukan interogasi ke pihak pembeli atau mungkin ada yang sampai ditahan karena kebetulan saya juga korban

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam. Dari cerita anda, saya bisa membaca anda beli HP murah (tidak masuk akal) via BM, atau IG atau situs lain. Lalu anda ditagih orang yang berpura-pura dari bea cukai dan minta uang tebusan. Ini adalah modus penipuan. Orang yang mengaku penjual dan yang mengaku dari bea cukai itu sama. Atau komplotan penipu yang sama. Tidak ada barang yang dikirim. Intinya anda sudah ditipu oleh orang yang mengaku jual HP. dan akan ditipu lagi oleh orang yang mengaku dari bea cukai, dengan menakut nakuti anda. Hati-hati belanja online di penjual yang gak jelas, apalagi menawarkan harga yang gak masuk akal.

      Reply
      1. Ari styani

        Gan tlg penjelasanya,
        Aku ktnya mau dpt kiriman dr london,pengirim.bilang dia sdh byr delivery fee 2000$,dan nanti klo brg sdh smpai Indonesia,akn ada petugas yg menelefon.untuk byr clearans nya 600$.dan katanya sy srh byr itu clearanya,yg aku heran,wktu pngiriman yg bgitu singkat cm 4hr.ini penipuan bukan ya gan,atau bgmn hrs melacak kebenaranya.
        Terimakasihm

        Reply
  33. Sheron

    Malam, mau minta pencerahan nih. Minggu lalu saya order tas online dan pengiriman dari Singapore via Aramex. Infonya barang akan sampai 3 – 6 hari tp kok dr awal beli tgl 24 April sampai update terakhir tgl 26 April barang in transit, mksdnya apa ya? barang sdh di krm ke Indo atau blm? td sempat email menanyakan hal itu ke pihak Aramex tp blm ada blsan.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Malam Mas, silahkan kontak saya via HP/WA 085313447795, nanti saya bantu tracking keberadaan paketnya ya mas. Salam

      Reply
  34. Mita

    Malem gan, mohon pencerahan. saya pesan aksesoris kalung, dari cina. Pengiriman lewat LWE dgn no resi. 0173941604218046
    Status terakhir pas tanggal 06 Mei 2017 “Info Bea Cukai
    DILARANG UNTUK INSPEKSI”
    Maksudnya gmn ya gan?
    Apakah barang saya tertahan d bea cukai?
    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam.
      Reshi ini kebanyakan digunakan untuk belanja di shopee ya ?. Jika iya, silahkan kontak CS mereka. Karena ini masih tanggung jawab mereka. Salam

      Reply
  35. Oki

    Hallo admin

    Saya mau tanya, sy beli barang dari China. Sejak tgl 21 Mei kemarin menurut trancking sdh sampai di Jkt/indonesia. Tp smp saat ini status tdk berubah dgn keterangan “arrival at inward EO” apakah ini wajar? Brp lama biasa nya dlm ini??thx u

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Siang. Ini tergantung kesibukan di bandara, kantor pos dan bea cukai ya mas. Cepat atau lambat kita tidak bisa menentukan berapa lamanya. Jadi saran saya ditunggu saja lebih dulu sambil melacak tracking number yang diberikan. Salam

      Reply
  36. Timot

    Selamat malam, gan. Saya pesan buku di Amazon. Oleh Amazon dikirim via kurir Aramex. Barangnya tertahan di Bea Cukai Jakarta. Saya dapat email dari Amazon:
    As per customs regulations, the carrier needs the recipient’s . Please add it to the recipient’s address during checkout or by visiting “Your Account” and clicking “Manage Address Book” under the Address Book heading.
    Saya tidak tahu informasi tambahan apa yang dibutuhkan. Mungkin NPWP. Tapi masalahnya di form address Amazon (utk alamat Indonesia) tidak ada kolom isian utk NPWP. Apakah agan punya pengalamanan dengan masalah spt ini? Saya coba bbrp kali kontak Aramex Jakarta tapi telponnya tidak diangkat. Terima kasih, gan.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Pagi. Silahkan langsung kontak ke CS Aramex di (021) 29603333, minta informasi apa yang perlu disampaikan. Salan

      Reply
  37. Yuliana

    Maaf Pak saya mau tnya saya kan dpet paketan Dari UK katanya masih ditahan di Bea Dan cukai katanya tidak lengkap dokumennya,trust saya harus bagaimana sedangkan nomor tracking nya juga ada

    Reply
  38. Selamat Pagi, halo. Saya ingin bertanya, saya mau beli album yang asalnya dari korea. Dan biaya yang akan saya bayar itu $70.21. Jadi apakah saya akan dikenakan pajak?jika iya, berapa yang perlu saya bayar?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat pagi. Pajak akan dikenakan untuk barang/paket dengan harga diatas $ 100. Jadi sesuai aturan, kalau dibawah $100, seharusnya tidak kena pajak.

      Reply
  39. Devid

    Selamat siang, saya belanja handphone dari china dengan total nilai $230 untuk menghindari pajak yang sangat tinggi seller membuatkan invoice menjadi $85 dan hingga saat ini barang belum sampai ke tangan saya. Menurut hasil tracking bahwa barang telah sampai di Indonesia dari tanggal 15 Juli 2017 dan hingga saat ini barang belum bisa keluar status barang masih berada di MPC JAKARTA dengan nomor resi RB278596158SG yang ingin saya tanyakan apakah barang saya bisa keluar? Jika bisa, bagaimana caranya? Bila saya harus melengkapi dokumen persyaratan kemanakah saya harus mengurusnya, apakah saya harus ke bea cukai bandara sukarno-hatta atau ke bea cukai yang ada di pasar baru? Tolong pencerahannya agar barang saya bisa secepatnya sampai ke tangan saya. Terima kasih 🙂

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam. Saat ini paket masih berada di MPC Soekarno Hatta Cengkareng. Jadi saya sarnkan ditunggu lebih dahulu.
      Pengalaman sebelumnya, jika petugas bea cukai mencurigai harga yang tertera di paket, maka akan minta anda untuk menyediakan bukti transaksi/pembayaran yang sah. Dimana akan digunakan bea cukai untuk menetapan pajaknya. Terima kasih

      Reply
  40. Desi

    Hai saya mau tanya donk , saya ada impor skincare dan kosmetik dari Korea , nominal nya sedikit dan brg nya pun sedikit ,,

    Kan sudah lolos dari Bandara Soekarno Hatta dan sampai di Kantor Pos Bandung , tapi di tlp sama bea cukai Bandung harus ada BPOM nya , sedangkan itu Brand udah ada di Indosia dan d counter2 indonesia , awal impor gak ada masalah sama sekali , kenapa sekarang harus ada BPOM yg ngurus nya aja gak tau gimana

    Harusnya klo lolos cukai bandara dan sampai K kantor pos berarti kan brg sudah bisa di ambil ya ?
    Ini nggak ngerti apa pihak bea cukai disana yg mempersulit kah ??

    Minta bantuan untuk Solusinya ya , kali aja ada yg tau cara supaya brg release gimana..
    thank you

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam,

      Sistem pemeriksaan bea cukai untuk paket pos registered mail, memang ada di MPC Bandung, bukan di Banadara Soetta. Dan untuk kosmetik harus mencantumkan izin edar BPOM di setiap kemasannya. Walaupun brand yang dibeli sudah ada disini, tetapi selama tidak dicantumkan izin edar BPOM di produk tersebut, maka tetap tidak boleh. Izin edar diberikan kepada setiap item produk, bukan pada merk nya.

      Solusi yang bisa diambil hanya ada dua, retur ke seller, atau diserahkan kepada negara ( dengan kata lain, disita ). Hati hati untuk impor produk yang masuk dalam kategori demikian. Terima kasih.

      Reply
  41. basuki

    malam pak, saya beli hp memakai alamat kakak saya (alamat saya sudah banyak order), hp hrg $51 … aturan skg fob $100 , ternyata kena random check,, pengalaman saya, klo kena random check, dpt surat cinta dr bea cukai, suruh menunjukkan invoice dan NPWP, sayangnya memakai alamaty kakak saya, kakak belum punya NPWP, itu gimana ya solusinya, terimakasih…

    Reply
  42. khafidh

    Mas saya mau nanya nih kan saya kemarin beli hp secara online dari batam apakah barang di periksa oleh pihak bea cukai
    Katanya barangnya di tahan oleh bea cukai
    Dan waktu pagi”.nya saya di telvon oleh pihak cukai di suruh bayar 2,6 jt dan kalau gak bayar saya akan di tahan itu bnr gax mas

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Penipuan itu Mas. Yang menjual HP itu penipu. Yang mengaku dari bea cukai itu juga penipu. Mereka komplotan penipu yang sama. Anda sudah di tipu, dan akan ditipu lagi. Tidak ada barang yang dikirim. Pemriksaan barang dalam negeri tidak melalui pemeriksaan bea cukai. Anda sudah ditipu oleh penjual. Jadi sudah jangan ditanggapi lagi. Jangan mau bayar biaya apapun lagi. Terima kasih

      Reply
  43. aril

    Kalau pihak bea cukai minta jaminan uang pengganti tanda tangan dari si pembeli di karenakan si pembeli tidak bisa ke tempat barang di beli dan pihak bea cukai minta uang jaminan itu bagaimana apa benar ada padahal barang itu di dalam negeri hanya dari pulang lain

    Reply
  44. Yayan

    Saya membeli barang utk game controller dari luar negeri dan dikirim dari China via Fedex. Sampai kemarin hasil tracking saya nampak lancar-lancar saja, tapi tadi pagi ternyata dapat notifikasi dari fedex ternyata statusnya “shipment exception” dengan keterangan “unacceptable or incompatible hazardous material”
    Sementara dari barang yg saya beli sendiri tidak ada kandungan zat2 berbahaya. Kira-kira maksudnya apa dan apakah saya sebaiknya kontak Fedex indonesia atau bagaimana?
    Terima kasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Jika kondisi seperti itu, silahkan menghubungi CS Fedex mas. Nanti minta penjelasan, apa yang terjadi dengan paket anda, dan apa yang harus dilakukan. Terima kasih

      Reply
  45. Ushenk

    Maaf gan, kalo keterangan d track Held by customs,, sebaiknya nunggu kabar dari bea cukai atau gmna ya,? Makasih sebelumnya,,

    Reply
      1. Ushenk

        Pake Aliexpress standart shiping mas,, Alhamdulillah barang dah nyampe,, tapi pajaknya itu loh kena bea cukai ampir 30% lebih,,, makasih sebelumnya mass

        Reply
  46. anon

    butuh pencerahan min. kan saya dikiriminkan barang (makanan/snack”) gitu dari teman saya di jepang lewat ems, totalnya juga dibawah 100$. dan saat kami tracking packages nya, ternyata statusnya sudah arrival oe di bandara soetta. tapi sudah seminggu statusnya hanya arrival oe di bea cukai bandara. ini jadinya gimana ya min? saya teleponin pihak kantor bea cukai bandara soetta ga diangkat” alesannya ga ada petugas yang jaga. mohon bantuannya.

    Reply
  47. Mutiara Tabitha

    Maaf saya mau tanya. Saya beli barang dr jerman dan sudah 2 bulan blm samoai juga. Dan saat saya track di website bea cukai statusnya seperti ini “PERMINTAAN DOKUMEN TELAH SELESAI/DITERIMA” dan di bagian No Barang/AWB/Resi” tertulis “RR375061559DE (FOB BC= USD 288)” itu maksutnya bagaimana ya? apa saya harus membayar lg atau bagaimana? Terima kasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Siang. kalau saya cek di web pos : ems.posindonesia.co.id, posisi paket masih pemeriksaan bea cukai di Kantor pos Pasar Baru.
      Coa mbak kirim email ke bcpasarbaru@gmail.com , mohon informasi mengenai paket tersebut. Terima kasih

      Reply
  48. Hartono

    Siang,mau nanya,saya membeli paket dari china senilai US$120 dan biaya kirimnya US$40..berdasarkan tracking status paket sudah sampai tgl 15 okt di bandara soetta ,tp sampai hari ini saya blm menerima paketnya…cek status via resi infonya seperti ini “As requested, the package is moving in-bond to a non-UPS off-site broker for clearance” itu knp ya??apakah memang lama seperti itu??

    Reply
  49. halo mas/mb jd pacar saya mengirim barang lewat jasa usps dari amerika. Nah, dia ngirim barangnya tuh 8 item sedangkan yang ditulis di keteranganya hanya 2 item. apakah paket saya akan ditahan di bea cukai? terimakasig bantuanya

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Siang. Umumnya tidak masalah. Jika paket nilainya lebih dari $100, maka akan dikenakan pajak. Itu saja. Terima kasih

      Reply
  50. Ayu

    Assalamualaykum kak.. mau nanya, saya beli hp second dari OLX, nah tdi malam saya ditelpon pihak kepolisian katany barang yg dikirim ditahan di bandara soekarno, jakarta karena ga ad pajak/PPN, trus dia minta biaya pembuatan surat pajak 2.75jt, pihak pengirim itu tentara kak.. ap emang penipuan? Terimakasih kak..

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Walaikumsalam. Itu penipuan. Penjual nya penipu. Karena dia sebenarnya nggak kirim barang. Dan yang ngaku kepolisian itu sebenarnya juga penipu. Mereka komplotan penipu yang sama. Jadi anda sudah ditipu oleh yang mengaku penjual. Dan akan ditipu lagi oleh orang yang mengaku kepolisian. Hati hati

      Reply
  51. Dea N.A

    Pagi mas, mau nanya saya order brg (aksesoris wanita spt kalung dan anting) dari China melalui DHL tgl 31 okt,, saya lihat notif nya tanggal 3 nov pesanan sudah sampai di jakarta. Sampai skrg barang belum sampai, saya coba track, notifnya adalah SHIPMENT ON HOLD – The shipment is undergoing an inspection from a Regulatory authority and is currently on Hold. Itu artinya tersangkut di bea cukai kah ? Lalu saya hrs menunggu saja atau ada cara lain untuk mempercepat proses pengecekan brg tsb ? Terima kasih 🙂

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Siang. Langkah pertama, silahkan kontak ke CS DHL lebih dahulu. Nanti minta informasi mengenai paket tersebut. Kalau boleh tahu, nilai dan berat paket nya berapa ?. Bisa kontak HP/WA 085313447795. Terima kasih

      Reply
  52. Achmad

    Mas/mbak…
    Pertama saya beli barang impor dari china untuk dipakai sendiri, kemudian banyak yang minta. Dan rencana import kecil kecilan secara rutin, nilai $1000~1500 apakah harus ada api/nik? kalau Npwp pribadi sudah ada. Jika melalui jasa kirim spt dhl tnt fedex dll apa jg bayar pajak lagi. Trims

    Reply
  53. Olivia Novita

    Pagi Pak,

    Mau tanya, saya membeli paket dari china senilai US$598 dan biaya kirim via FedEx US$24.
    Berdasarkan tracking status paket sudah sampai tgl 19 Des jam 06.55 di bandara soetta.

    Tapi jam 15:10 muncul notifikasi “Clearance delay – Import “ A non-FedEx systems outage has delayed release. Location CENGKARENG ID.

    Sampai hari ini status masih PENDING dengan notifikasi yang sama.
    Karena baru pertama kali ngalamin seperti ini, kira2 saya harus menghubungi kemana ya?
    Ada yg telp katanya dari pihak FeDex, kita harus bayar biaya pajak 2,7jt. Itu benar gak ya? Mohon pencerahannya.
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Siang. Kalau hal seperti itu ( Clearance delay ) adalah hal yang wajar. kan barang baru sampai kemaren. Jika tanya ke CS harus bayar pajak. Memang semua paket dengan harga diatas $100 akan dikenakan pajak. Besarnya pajak sekitar 37 % an. Dan untuk fedex, biasanya ada tambahan biaya seperti biaya admin, biaya dokumen, dll. Terima kasih

      Reply
  54. aulia dinda

    mau tanya mas saya kan impor barang pesanan kantor seperti humidity module untuk incubator. sbenernya barang itu pengganti yg kiriman sebelumnya yg rusak jd gratis dari perusahaan asalnya. barangnya sudah tiba dr 13 juni 2017 tapi lama tidak ada update status dr bea cukai (dilihat dari web ems indonesia) dan ketika ditanyakan jawabannya masih proses pengecekan oleh bea cukai. sampai bulan november kemarin barangnya sudah release tapi tetap belum dikirimkan bea cukai soetta ke kantor pos 13000 yg di rawamangun dan saya telp lg ke kantor pos jawabannya disuruh urus langsung ke bea cukai soetta. dan sampai hari ini tidak ada surat pemberitahuan pengambilan barang dari bea cukai maupun kantor pos 13000. kalau saya datang langsung kesana apa yang harus dibawa dokumen persyaratannya dan ada gambaran step-step yg harus saya lakukan disana ngga mas?soalnya selama ngurus impor sesulit sulitnya barang release baru ini yang disuruh dateng langsung ke kantor bea cukai soettanya. mohon pencerahannya mas maaf kalo panjang soalnya udah stengah tahunan itu paket di bea cukai….makasih 🙂

    Reply
  55. nita

    Mas saya mau nanya …
    Saya kan ada order hp dari Batam ya..
    Diiklankan jg udah tertulis hp BM kan ya saya coba order lah karna dari harga juga lumayan murah..udah selesai nanya” fix transfer katanya 2 hari lngsung nyamp…tpi pas 2 hari itu blum nyampe” malah ada yg nlvn katanya dari pihak bea cukai Batam..dia minta uang jaminan 2 jt dihari itu juga klo ga brang bakal diproses..terus saya minta penjelasan kan dari penjual …malah kata penjualnya bilang udah mba lunasin aj saya juga diminta uang jaminan..
    Dan aneh ny tuh penjual ny Kya udah percaya bnget apa lagi kata dia ini baru pertama kali barang dia ditahan …
    Ya saya merasa takut juga karena klo ga ada jaminan paket saya dithan dan diproses..dan udah dikirim kan 1 jt dan aq kan ga bisa ngasih 2 jt trus aq bilang pak klobmau saya tggl 400 lgi kan dia bilang jadiin pulsa aj mba kan aneh ya ..
    Terus udah gtu ktany paket lngsung dikirim kan pas hari yg udah dijanjiin itu sya ngubungin penjual ktany udah diproses dri pihak bea cukai dan JNE ny tpi malemnya dari yg SMS sya dia ngakunya dari pihak bandara Soekarno-Hatta dia bilang minta jaminan lagi 10 jt klo ga brang diproses oleh pihak hukum sya udah terlanjur kesel kan lngsung sya bilang terserah mau diapain juga gtu itu paket ….
    Dan sekarang penjual mencoba ngubungin sya lgi tdi malem tpi sya abaikan …
    Tolong penjelasan pak

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Itu Modus PENIPUAN.
      1. Penjualnya adalah penipu. Dia tidak kirim barang. Karena memang dia gak jualan barang
      2. Yang mengaku dari bea cukai adalah penipu. Dia mau menipu anda, dengan minta uang.
      Mereka berdua adalah kom plotan penipu yang sama.
      Perlu di ingat, bahwa pengiriman paket dalam negeri tidak melalui proses pemeriksaan bea cukai. Terima kasih.

      Reply
  56. nita

    Berarti no resi yg dia ksih juga palsu donk …
    Dan uang aq hangus 😭 😭
    Tpi klo kita mau bikin uang kita kembali bisa ga pak msih ada bukti transferny tpi bukti chattinganny udah kehapus dan aq juga nyimpen no” yg ngubungin aq

    Reply
  57. Tiffany

    Selamat sore ,
    Mau tanya , kalo status kiriman barang ” processing document by customs ” itu maksudnya apa yah ?
    Apakah saya harus pergi ke kantor pos pusat untuk mengecek ? Atau menunggu saja ?
    Soalnya sudah lebih dari seminggu barang kiriman saya belum sampai ke alamat saya .
    Mohon bantu jawab nya …
    Terima kasih .

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Selamat Malam. Paket dikirim pakai pos apa ?. EMS apa registered mail ?. Biasanya ini karena pihak bea cukai memerlukan dokumen tambahan sehubungan dengan paket tersebut. Biasanya bisa dikirim via email. Jika alamat dekat, bisa datang ke kantor bea cukai yang ada di kantor pos besar atau Mail Processsing Center terdekat dengan alamat.

      Reply
      1. Tiffany

        Selamat pagi …

        Saya pakai EMS .. Terima kasih info nya .. Kmren saya cek lagi statusnya “released by customs ” lalu -> ” departure from inward OE ” apa maksudnya sudah tidak ada kendala lagi atau gimana yah ?
        Terima kasih

        Reply
  58. Ody

    Permisi mimin RajaBeli mau tanya Kalo beda invoice (USD 100 (maximum tanpa BebasPajak*) x 3 Invoice) dalam 1 hari pengiriman tapi 3 paket berbeda (seusai invoice masing2) apakah tetap kena pajak atau bebas pajak ya? barang yg ingin di import sepatu

    Reply
  59. Raka

    Misi min, mau tanya, saya beli paket dari US dengan harga USD$250 pada hari Jum’at (16/2/2017) diship dengan FedEx, hari ini sudah sampai di Cengkareng tapi statusnya berubah jadi “Clearence Delay – Import”, tapi sampai sekarang saya belum dikabari oleh pihak FedExnya, itu bagaimana ya min?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Kemungkinan masih dalam proses pemeriksaan bea cukai. Jika anda penasaran, bisa kontak ke CS Fedex mas. No telepon nya ada di website Fedex. Terima kasih.

      Reply
  60. Tony

    Saya dapat kiriman handpohone second dari teman di usa via DHL.lantas tertahan di bea cukai soekarno hatta.pihak dhl memberi kabar ke sy bahwa perlu dokumen dari kemendag.dan pihak dhl memberikan 5 lembar.dokemen kepada sy agar di isi dan di bubuhkan matrai 6000.pertayaan sy gan apa benar begitu prosedur nya.barang di kirim dr usa tgl 13/02/18″sampai di jakarta tgl 18/02/18 dan sampai skrng sdh tgl 23/02/18 belum ada lagi pihak dhl mengabari status handphone itu kepada sy. Di check no treck nya lebel yang keluar : status pabean di perbarui.kira2 ini benar apa ada unsur penipuan ya gan.mohon pencerahan agan agan thks

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Untuk barang bekas, memang aturannya tidak boleh di impor mas. Prosedur yang dilakukan DHL sudah benar. Sekarang tinggal mas memberikan respon. MInta surat dispensasi dari Kemendag. Jika dapat, maka silahkan kasih surat itu ke DHL, dan paket akan di release. Jika tidak, maka opsinya ada dua. Yaitu kirim balik ke pengirim atau dibiarkan untuk dikuasai negara, alias disita. Terima kasih.

      Reply
  61. Eko

    Permisi saya mau tanya,
    Saya rencana ingin beli smarphone di online shop luar negeri dan harga barangnya sekitar $459.99 (belum termasuk ongkir +asuransi) status barang masih baru dan tersegel, asal barang dr Hongkong.
    Jasa pengiriman menggunakan DHL,
    Apakah nnt barang orderan saya itu akan tertahan di bea cukai ya, dan kira2 bakal kena pajak berapa?
    Mohon info nya dan terimakasih.

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Paket dengan harga diatas $100 akan dikenakan pajak. Besaran pajaknya sekitar 27,5 – 37,5 % dari ( Harga + shipping cost + insurance ). Terima kasih

      Reply
  62. whisnu

    Mas saya mau minta solusinya.
    Saya membeli jacket off white tapi tersita oleh pihak bea cukai dari bulan july 2017, sampai sekarang belum ada kepastian juga.
    ini resinya RH912577705CN
    tulisanya arrival at inward oe terus
    mohon bantuanya admin ty

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Iya ini saya cek barangnya sudah hampir setahun tidak ada perkembangan. Seharusnya kemaren kalau sudah lama tidak ada perkembangan, mas open claim ke aliexpress aja. Soale terus terang kalau mau ngurus juga repot. Itu barang ada di MPC Cengkareng. Tapi tidak ada perkembangan. Ada kemungkinan barang hilang.

      Reply
  63. Nengsih

    Selamat sore pak
    sy mau tanya Sy Kirim barang dr Australia ke adik saya yg tinggal didepok berupa mainan&baju, Dan saya Kirim pakai Jasa pengiriman express 3 hari total barang seharga USD 153
    Dan sampai skrg Sdh 2 minggu barang msh belum nyampe, trs saya check tracking number status barang msh dibea cukai
    Dan disitu tulis meminta bukti transaksi pembayaran, sedangkan resit nya sudah hilang….apa yg harus sy lakukan?

    Reply
      1. PT.INDONUSA JAYA BERSAMA

        General Trading, Export / Import & Jasa Customs Clearance Import

        Kepada Yth,

        Bapak/Ibu

        Attn : Purchasing Import.

        Perkenalkan kami PT.INDONUSA JAYA BERSAMA adalah perusahaan Jasa Import Borongan, Door To Door, Undername ,Customs Clearance Import, International Sea and Air Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.

        Perusahaan kami bekerja sama dalam bidang Jasa sebagai berikut:

        1. Under name Import

        2. Borongan Import

        3. Custom Clearance​​

        4. Door to Door, Port to Door, dari ke seluruh negara dengan harga service yang bagus.

        5. By Air or Sea (Local and International)

        6. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous Cargo atau Personal

        7. Import mesin bekas / sudah terpakai.

        Kami Mempunyai Lisensi Import diantaranya :

        – S R P/ N I K

        – N P W P

        – A P I-U

        – IT BESI-BAJA

        – NPIK Electronic

        – LS / SNI / Izin Import barang bukan baru

        Katagori barang Import yang kami miliki izin di SIUP & API-U :

        < Garment/Pakaian Jadi, Sepatu/Alas Kaki,Mesin dan Spare Parts, Plastic/Fiber,

        < Truck/Alat Berat dan Spare Parts, Alat Transportasi Laut dan Udara, Peralatan Rumah Tangga,Kimia, Kosmetic

        < Bahan Bangunan, Besi/Baja, Alat Tambang, Alat Laboratorium untuk pendidikan.

        <Khusus penawaran Jasa CUSTOMS CLEARANCE Import-Door To Door ke penerima.

        Kami juga mempunyai kuota untuk import mesin atau barang-barang bekas.Dan jika perusahaan anda mempunyai masalah dengan barang import tertahan di BC, kami siap membantu pengurusan barang sampai ke penerima.

        Untuk project import partai besar anda bisa hubungi kontak kami untuk meeting terlebih dahulu agar kami bisa memberikan harga semurah mungkin.

        Kami PT.INDONUSA JAYA BERSAMA siap menjadi mitra terpercaya yang memberikan pelayanan sempurna mungkin dengan perusahaan anda.

        Demikianlah penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terimakasih

        PT. INDONUSA JAYA BERSAMA

        Komisaris

        Mr. Rinaldy Sanjaya Sos

        Whatsapp : 0812 1188 0182

        Alamat :

        Jl. Budi Murni Gg Irma 3 No 16 Rt.005 / Rw.03 Kel Cipayung,

        Kec Cipayung 13840 Jakarta Timur

        Web : http://www.indonusajaya.com

        Email : sales518indonusa@gmail.com

        Tel : 021-2867 5195 Fax : 021 2867 5196

        Reply
  64. Incess

    Saya juga pernah tertipu dan mereka terus menghubungi dan mengancam saya akan diteruskan ke jalur Hukum. Padahal saya sudah transfer dengan sesuai jumlah tapi mereka meminta lagi yang alasannya tidak sesuai dengan barang.
    Mulai dari situ saya curiga bahwa itu penipuan dan saya langsung melaporkannya ke pihak bank untuk memproses dan mengeblok semua rekeningnya. Mereka selalu menghubungi no saya dengan banyak no dan mengaku dari kargo, menurut agan itu harus dijawab atau diabaikan saja?

    Reply
  65. Dim

    mohon bantuannya,

    Saya ada cek tracking di bea cukai dan ada keterangan PERMINTAAN DOKUMEN OLEH PEJABAT BEA CUKAI :
    ?1. Invoice dan bukti pembayaran kartu kredit, paypal dan jenis pembayaran lainnya yang tervalidasi; 2. NPWP. 3. Ijin badan pom sesuai perka BPOM 30 th 2017 Jenis barang : suplemen 6
    apa yang harus saya lakukan?
    tidak ada keterangan dokumen tersebut ditujukan kemana (kirim melalui email atau pos).
    dan tidak ada info paket saya ada dimana.
    barang tersebut untuk konsumsi pribadi.

    terima kasih

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Untuk suplemen memang harus ada izin Bpom. Kalau tidak ada, tidak bisa mas. Dan untyk izin bpom hanya bisa diajukan oleh perusahaan yang memiliki izin impor, tidak bisa dilakukan oleh perseorangan mas

      Reply
  66. Ika s

    Mas mohon maaf mau tanya, apakah kalau kirim paket kosmetik berupa facial wash,serum, ke singapore, apakah tidak boleh? Facial wash nya kentel. Terimakasih.

    Reply
  67. Radityatama Rahmadoni

    Mau tanya saya kan beli kamera di instagram dengan harga dibawah pasaran dan yang saya tau itu bukan barang impor dari luar tp sudah didalam negeri . Kan semua konsumen pasti pengen dan akhirnya saya transfer. Lalu satu hari setelahnya saya ditelpon dengan nomer tidak dikenal mengatasnamakan pegawai bea cukai dan memberitahukan bahwa barang itu ditahan. Minta solusi apa yang harus saya lakukan?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Iya, itu modus penipuan. Penjualnya penipu karena tidak mengirim apa apa. yang mengaku dari bea cukai itu juga penipu. Mereka komplotan penipu. Tidak ada paket yang dikirim.

      Reply
  68. bum

    saat saya track ada keterangan seperti ini “as requested the package is moving in-bond to a non ups off site broker of clearance” kira kira itu kenapa ya?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Kalau paket dikirim dengan UPS, maka silahkan menghubungi Contact Centre UPS di Indonesia mas, nanti akan dijelaskan status dan posisi paketnya

      Reply
  69. Rusli

    Halo, jadi paket saya tertahan dan dikirim surat dari Pos Indonesia untuk melunasi cukai, dll. Bagaimanakah cara perhitungannya? Kok kayak ditambah-tambahin gitu nilai barang dan nilai cukainya. Apa bisa mengajukan banding atau penolakan atas bea ini? Karena sebelum-sebelumnya beli barang online dari luar selalu dikirim sampai ke rumah dan ga pernah ketahan.

    Makasih.

    Reply
  70. Niki

    Hi, aku mau numpang nanya dong. Aku hari ini baru dpt email sekitar jam 5 sorean gtu, dan baru ke baca sama aku jam 6 sore. Emailnya itu dari Jkt.ops@dpex.com tentang pending duty tas yg aku beli dari hongkong harganya memang sekitar $100usd lbh dikit dan aku diminta bayar 870rb buat pajak dan adminnya. Emailnya juga CC ke email resmi customer service mereka. Yang bikin saya ragu kenapa saya disuruh email ke rekeneing pribadi atas nama J***** Ramaer. Saya mau double confirm ke pihak DPEX nya tapi udh lwt office hours nya mereka (6pm). Jadi saya kesini deh, semoga dapet titik pencerahan. Ini kemunkinan penipuan atau tidak ya?

    Reply
    1. Niki

      Tambahan info nih, di emailnya juga dibilang harus bayar hari ini (hari yang sama dengan email nya nyampe). Kalau gak ada charge lagi
      IDR 3.000 x Berat x hari + IDR 30.000 + 10% setelah hari ke2 barang ditahan di bea cukai. Apa charge ini wajar? (Maaf ya baru pertama kali ngalamin beginian soalnya)

      Dan dia jg ada kasih attachment di emailnya berupa screenshoot-an semacam exel gtu disituh sih ditulisnya tgl 17 okt 2018, tapi di trackingnya barang saya baru nyampe di custom itu tgl 18 Okt 2018 jam 3 sore. Make sense gak sih? Atau memang biasa seperti itu?

      Reply
    2. Icha

      ka ibu saya dapat paket dari polandian barang dan sejumlah uang ada di paket itu,lalu kemarin ada kurir yg tlpon saya dam minta biaya pajak,saya mohon blesan itu penipuan apa gimana

      Reply
        1. Jenni

          misi.. mau tanya juga. saya beli catokan seharga 1.190 Baht thailand dan ongkos kirim 550 Baht. harga catokan ny di rp in 551 ribu,dan ongkos kirim 255 rb. kirakira akan kena bea cukai masuk di indonesia ga ya? terus paket suda dikirim dari tgl 12 december sampe skrg belum sampai. di track tulisan nya masih di thailand . mohon info nya ya terimakasih

          Reply
  71. Acha vanny

    Mau nanya, Waktu itu aku kan order barang bm, nah pihak dari jne yg kirim ke kotaku bilangnya disita di bandara padahal sebelumnya Aku uda dimintai biaya biar barangnya Ga kesita. Trs aku wktu disita, apa pihak bandara biasanya juga ngasih kabar lewat whatsapp? Apa perlakuan si pihak lawan adalah penipu?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Modus penipuan. Beli barang murah gak masuk akal dengan alasan barang BM, itu dijadikan modus penipuan. Hati hati

      Reply
  72. Lukman

    Saya mau tanya, bagaimana kalau ada teman yang mau mengirim uang untuk modal atau investasi dalam jumlah besar misalanya sekitar $1,2juta di negara UEA melalui Aramex, apakah akan tertahan atau dipersulit?? Mohon bantuannya

    Reply
  73. David

    Pagi, mau tanya mas. Dapat status pengiriman ini dari USPS Amrik dan maksudnya apa yah? Tks

    “Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on October 31, 2019 at 1:40 am. The item is currently in transit to the destination”

    Reply
  74. Wendy

    Mau nanya mas ,,, saya beli sebuah drone dari china ,,dan kena pajak ,,dan sampe sekarang masih d tahan d jakarta,,,dimana ya mas,,kantor bea cukai,nya di jakarta,,,, kebetulan saya mau transit di sana,,agar saya bisa lansung melakukan pembayaran pajak,nya…
    Satu lagi mas ,,apakah jika mempuyai NPWP pajak saya akan berkurang…….
    Terimakasih Mas

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Dikirim pakai apa mas ? Kalau pakai pos, harus kontak ke kantor por besar Pasar Baru atau bisa juga ke kantor Pos Tukar Sukarno Hatta. Jika pakai DHL/Fedex dan PJT Non pos, silahkan kontak Customer service masing masing

      Reply
  75. Cynthia

    Pagi… sy mw tny tmn sy ada kirim sealed box dari Yemen, dan sy sudah menerima email no.resi dari SwiftDropLogistics
    Sya sudah cek statusnya sekarang di Indonesia tgl 5 kmrin. Saya cek di bea cukai tracking tapi kenapa tidak ada, itu knp yaa?
    Dan kmrin jg ada yg menelpon sy katanya dri pihak staff Logistic Soekarno Hatta Airport, dia bilang paket saya sudah ada, tapi harus bayar terlebih dahulu setelah itu baru bisa di lanjutkan pengiriman ke kota saya. Dia juga bilang nanti akan kirim no.rekening tapi setelah saya tunggu2 tidak ada SMS yg msuk.. Dia juga bilang kalau mau dtg lihat bisa, tapi tidak boleh membawa pulang paketnya..
    Jadi sekarang paket saya statusnya ON HOLD di Indonesia.

    Reply
  76. Jason

    Saya beli sepatu dikirim lewat USPS dari tgl 26 tidak bergerak di soekarno-hatta tulisan nya
    “ Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on November 26, 2019 at 2:06 pm. The item is currently in transit to the destination.” saya tidak dapat surat atau apa gimana saya mengurus barang saya barang ini di bawah $60 USD sudah sama shipping

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Jika tracking number berawalan U, maka memang kemampuan tracking number nya hanya sampai disitu Gan. Setelah barang sampai bandara Tujuan di Indonesia, maka sudah tidak bisa di trace lagi. Tapi paket tetap berjalan. Kecuali kalau Tracking number berawalan C dan R, bisa di trace sampai tujuan

      Reply
  77. Ujang

    Maaf boleh nanya, saya ada rencana untuk membeli laptop di amazon global shipping dengan nilai $1000. Apakah ada kemungkinan akan tertahan di BC, karna melebih dari $75 yang ditetapkan BC. Thk

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Harga $1000 dan pengiriman dengan skema global shipping program. Tidak ada masalah. Ketika anda membayar order, maka akan sekalian bayar pajak nya, jadi tinggal menunggu paket saja

      Reply
  78. Anas

    Malam mas, saya mau tanya. Saya ada dapat kiriman barang dari san jose. Dan tadi ada d kontak sama jasa pengiriman world courier express utk transfer senilai 20jt karena ada biaya overweight sama custom clearance.. cuma saya tanya norek ny tidak d kasih, dan kebetulan saya juga tidak dapat airwaybillnya dari teman saya.. Itu penipuan bukan ya?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Itu modus penipuan teman sosmed yang mengaku kirim paket. Tidak ada paket yang dikirim, jadi blokir saja teman anda itu, dan orang yang menghubungi anda minta transfer

      Reply
  79. lukman

    bang mau tanya klo misal beli karung pakaian bekas di thailand kirim lewat tnt ke indonesia ,apakah barang saya ditahan dan tidak bisa keluar dari beacukai ?,trus lebih baik nya saya kirim lewat apa agar lolos bea cukai karna barang saya termasuk ilegal .terima kasih

    Reply
  80. Dimas

    mas, permisi saya mau tanya. saya ada beli vitamin 2 bundle berisi 48 botol dari amerika untuk kebutuhan pribadi. pengiriman dari supplier menggunakan fedex, barang sudah sampai di cengkareng akan tetapi tertahan dengan alasan pengecekan. setelah menghubungi dan dihubungi kembali oleh pihak fedex, dikatakan bahwa hari ini atau besok sudah bisa keluar akan tetapi diminta untuk mengisi formulir pemberitahuan pemasukan obat dan makanan melalui jasa pengangkutan untuk keperluan pribadi, dengan alasan untuk siaga apabila diminta form ini oleh pihak bea dan cukai. juga sempat disebut masuk jalur merah. bagaimana kah sebaiknya menanggapi kasus ini? thanks

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Obat, vitamin, suplemen, makanan, minuman, jamu, herbal dan sejenisnya harus ada izin edar BPPOM mas. Jika untuk keperluan pribadi harus melampirkan Surat Keterangan Impor, minta ke BPPOM.

      Reply
  81. Inta haina

    Selamat siang kak saya mau tanya ktanya kan paket saya kena be cukai nah saya mesti bayar 300k nah setelah itu kan saya bayar tuh nah massa kata si kurir jne nya saya mesti bayar lagi 500k untuk ngurus paket yang ke 2 katnya saya paketnya ad 3 yang ke satu sudah diurus dan yang ketigu juga sudah diurus ktanya tinggal paket yang ke 2 dan harus bayar 500k padahal seinget saya sya pesennya kan emng baju 6 pcs lah kok jadi ada 3 paket kan saya bingung..nah saya coba hubungin owner shop nya kan tapi dia gak aktif² tuh….saya mau lacak paketnya tapi gak dikasih no resinya kata kakak gimna tuh?itu penipuan gak kak?

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Pengiriman barang dengan JNE dalam negeri tidak ada pemeriksaan bea cukai, dan tidak ada tagihan pajak. Saya curiga ini modus penipuan, dengan cara menawarkan barang dengan harga murah via sosial media. lalu ada yang berpura pura mengaku dari JNE atau bea cukai minta ditransfer biaya pajak dll

      Reply
  82. Nanda

    Mas, apakah ada batasan jumlah item dalam 1 kali import ? dan apakah ada batas jumlah max dalam kurun waktu tertentu, misal dalam waktu 1 bulan. barangnya diecast dan saya beli untuk koleksi bukan diperjualbelikan. tq mas

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Toys kalau menurut aturan maksimal 3 pcs per bulan. Tetapi fakta dilapangan, kayanya bebas bebas saja sih selama ini

      Reply
  83. Fira

    Hallo kak, aku beli casing dari aliexpress dengan harga Rp$238 (US$17) pada tanggal 27 Juli berdasarkan tracker statusnya sudah “Import clearance success” kemudian dari tanggal 30 Juli sampai sekarang statusnya “Hold item at point of delivery”. Apakah artinya barang saya tersangkut di bea cukai? Lalu saya hrs menunggu saja atau ada cara lain untuk mempercepat agar barang cepat keluar dari hold? aku pake aliexpress standard shipping, sebelumnya aku udah pernah order dan biasanya cepat sampai.

    Reply
  84. Fira

    Hallo kak, aku beli casing dari aliexpress dengan harga Rp$238 (US$17) pada tanggal 27 Juli berdasarkan tracker statusnya sudah “Import clearance success” kemudian dari tanggal 30 Juli sampai sekarang statusnya “Hold item at point of delivery”. Apakah artinya barang saya tersangkut di bea cukai? Lalu saya sekarang menunggu saja atau ada cara lain untuk mempercepat agar barang cepat keluar dari hold? aku pake aliexpress standard shipping, sebelumnya aku udah pernah order dan biasanya cepat sampai.

    Reply
  85. Irama Nusantara

    Halo, Kak.

    Saya beli notebook dari Amazon, total harga barang 47,89. DIkirim pakai DHL Express. Harusnya menurut perkiraan Amazon, besok, tanggal 2 September sudah bisa diantar ke rumah.

    Hari ini saya cek di Amazon tertulis delayed at custom. Saya cek dari Website DHL tertulis “Situasi Perijinan Pabean”. Keterangannya “A clearance other than standard Customs entry is required for this shipment.”

    Kalau ini kenapa ya? Apakah saya harus kasih bukti transaksi lain? Kalau total belanja 47,89 apakah kena pajak impor? Kalau ya, berapa biasanya?

    Terima kasih!

    Reply
    1. RajaBeli.com Author

      Semua barang dengan harga diatas $3 akan dikenakan pajak. Untuk tau masalah yang dihdapi, saya sarankan menghubungi DHL, nanti akan dijelaskan oleh CS DHL nya mas

      Reply
  86. mika

    maaf min selamat siang
    saya mau bertanya
    saya punya kenalan dari atlanta
    dia berkata memberikan saya hadiah kecil dan saya berikan alamat saya.

    dan kemudian besok nya dia berkata bahwa yang dia beri adalah HP, aksesoris dan uang sejumlah besar
    saya sudah menolaknya dan tidak.mau, tapi katanya sudah dikirimkan olehnya

    kemudian 2hr lg ada nomor baru yang wa saya
    +62 858-1108-1871 (dhl company tulisan di nama wa nya)
    saya tidak tahu ini benar atau tidak nomor dhl

    dia mengatakan saya harus membayar 16 juta rupiah untuk barang tersebut, jika tidak membayar dia akan menghubungi polisi.

    apakah ini benar atau tidak.
    apakah jika saya tidak mengambil barang itu, maka saya akan berurusan dengan hukum?
    mohon bantuan nya…

    Reply

Post Comment