Mengapa Kurs Belanja Online Internasional Lebih Mahal ?
in Umum

Mengapa Kurs Belanja Online Internasional Lebih Mahal ?

 

Jika kita sering membeli barang secara online melalui markerplace internasional seperti ebay, amazon, Alibaba, aliexpres dan lain lain, maka kita akan menemukan bahwa konversi kurs mata uang asing kedalam mata uang Rupiah akan terasa cukup mahal, dan berbeda dengan kurs counter bank atau bahkan kurs yang tertera di website online. Mengapa bisa demikian ?.

Secara singkat bisa dijelaskan dalam artikel kali ini. Jadi perlu teman teman ketahui bahwa Ketika kita menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian secara online di marketplace internasional, maka selain kurs dasar yang berlaku di masing masing bank penerbit kartu kredit, kita juga akan dikenakan beberapa surcahre tambahan sebagai berikut :

  1. Surcharge konversi mata uang asing ke mata uang rupiah yang dilakukan oleh jaringan penerbit kartu kredit seperti visa, master, jcb, amex, dll
  2. Surcharge pemakaian kartu diluar negeri
  3. Biaya administrasi yang dikenakan oleh bank penerbit atas transaksi dengan mata uang asing

Kita memang tidak akan menemukan perincian tambahan biaya biaya tersebut di tagihan, karena tambahan biaya tersebut sudah langsung dimasukkan kedalam konversi kurs yang bisa kita temukan di lembar tagihan bulanan kartu kredit kita.

Besaran surcharge atau tambahan biaya ini bervariasi tergantung dari bank penerbit kartu serta jaringan kartu yang digunakan. Besarannya bisanya berkisar 3.5 – 4.5 % dihitung dari “kurs normal” yang dipakai di bank tersebut. Sebagai contoh misalnya kurs mata uang di counter bank yang berlaku Rp. 15.000 / US$, maka untuk transaksi online internasional ini bisa berkisar menjadi Rp. 15.550 – Rp. 15.700. Perhitungan kurs ini mirip dengan perhitungan kurs apabila kita menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi saat kita bepergian keluar negeri.

Kurs transaksi online internasional ini, akan semakin terasa mahal jika kita menggunakan kartu kredit bank asing, yang dari basis kurs normalnya saja sudah lebih mahal dari bank lokal dalam negeri. Jadi jika kita melakukan belanja online internasional dengan kartu kredit bank asing, maka tagihan yang kita terima akan lebih mahal dibandingkan dengan jika kita menggunakan kartu kredit bank lokal.

Inilah penjelasan singkat, kenapa kurs yang digunakan Ketika kita belanja online internasional menjadi lebih mahal dibandingkan kurs bank lokal atau kurs website. Jadi teman teman yang belum terbiasa menggunakan jasa pembayaran untuk membantu belanja di luar negeri, mungkin akan kaget melihat kurs yang digunakan kok lebih mahal dari yang dibayangkan sebelumnya. Semoga bermanfaat.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment