Mekanisme Cara Investasi Dogecoin
in Crypto

Mekanisme Cara Investasi Dogecoin

Tahukah anda bahwa Dogecoin (DOGE) dimulai dari parodi atas kesuksesan Bitcoin dan Litecoin. Para pendirinya ingin membuat pernyataan bahwa mungkin bagi setiap orang untuk memulai blockchain mereka sendiri. Cryptocurrency ini didasarkan pada meme Doge (anjing Jepang) yang kemudian berkembang menjadi mata uang digital dengan banyak penggemar. Bagaimana cara investasi Dogecoin?

Apa itu Dogecoin?

Mungkin dapat dikatakan jika Dogecoin adalah koin kripto yang terkesan sarkastik. Itu berasal dari “Luckycoin” yang berasal dari Litecoin. Oleh karena itu memiliki efek yang sama dengan jaringan Bitcoin dan Litecoin. Namun koin ini tidak memiliki jumlah maksimal koin yang bisa dikeluarkan, sehingga tidak akan ada kelangkaan. Para pendirinya beranggapan bahwa siapa pun bisa memulai koin kripto dan mereka akhirnya melakukannya sendiri. Terinspirasi oleh jenis anjing Shiba Inu dari Jepang, Dogecoin diciptakan.

Karena DOGE makin populer, maka semakin banyak pengembang yang terlibat dengan teknologi di baliknya. Komunitas terus tumbuh dengan mantap dan jumlah penggemar koin ini pun terus bertambah. Banyak transaksi mikro terjadi yang difasilitasi oleh jaringan. Kasus penggunaan terbesar adalah rencana Elon Musk untuk membuat kesepakatan Tesla baru dengan Doge.

Pengembang koin memiliki ambisi untuk menjadikan DOGE “uang online orang normal” di masa depan. Diprediksi harga Bitcoin akan meningkat pesat tahun-tahun mendatang sementara jaringan tidak dibuat untuk ratusan ribu transaksi per detik. Karena tidak ada jumlah maksimum koin untuk dibelanjakan, maka satu DOGE harganya akan selalu tetap terjangkau.

Banyak orang bertanya-tanya apakah Dogecoin dapat diandalkan? Terutama karena para profesional TI di belakangnya masih menganggapnya sebagai sesuatu yang “lucu” dan investor cryptocurrency menganggap koin tersebut sebagai “sangat fluktuatif”. Harga bisa tiba-tiba naik sangat tajam, tetapi juga bisa turun dengan cepat.

Pendiri asli Dogecoin adalah Jackson Palmer & Billy Markus. Karena semakin banyak peminat yang datang maka tim Pengembang Doge pun makin berkembang. Saat ini ada tim besar pengembang yang bekerja untuk mengembangkan cryptocurrency ini. Mereka menyediakan pembaruan rutin di Twitter dan mereka juga sangat aktif di Reddit.

Gagasan di balik Dogecoin adalah bahwa tidak ada jumlah maksimum koin DOGE yang dapat dikeluarkan. Jadi koin DOGE bisa ditambang terus menerus, sehingga secara teori tidak akan pernah ada kelangkaan. Pengembang mencoba menjaga agar koin tetap terjangkau dan menggunakannya untuk tujuan awalnya. Yaitu “Uang Rakyat dan Internet”. Koin dengan logo Inu Shiba ini untuk semua orang.

Dogecoin memiliki jaringan di mana transaksi dikonfirmasi oleh apa yang disebut Miner. Karena tidak ada jumlah maksimum koin yang bisa ditambang maka tentu tidak menguntungkan bagi pihak yang ingin menambang koin ini dalam skala besar. Tingkat kesulitan menambang Dogecoin relatif rendah dan siapa pun yang memiliki laptop, ponsel, atau PC kuno dapat melakukannya. Dengan mekanisme tersebut maka jaringan Dogecoin tetap terjaga dan berjalan dengan fair bagi semua orang.

Nilai Dogecoin

Nilai Dogecoin dapat dikonversi ke mata uang lain seperti Euro, Dolar, Franc Swiss, atau Yen. Anda dapat melihat harga untuk satu Dogecoin dan dapat membuat perhitungan untuk memeriksa berapa banyak DOGE yang didapatkan untuk uang yang dipertaruhkan. Perkembangan Dogecoin sangat spesial. Dari hanya sebuah lelucon yang lepas kendali, hingga proyek serius di mana orang saling membayar dalam bentuk cryptocurrency ini. Di Reddit khususnya, pengguna saling menghargai dengan koin DOGE sebagai tip atau sebagai sumbangan kecil. Akhirnya perusahaan besar seperti Tesla dan perusahaan multinasional lainnya pun menggunakan DOGE sebagai satu-satunya bentuk pembayaran.

Dogecoin pun mengeluarkan Whitepaper resmi dimana pengguna dapat menemukan semua informasi tentang DOGE dan bahkan dapat melihat pertanyaan yang sering diajukan. Sebelum berinvestasi dalam mata uang ini atau mata uang lainnya, pengguna harus membaca whitepaper terlebih dahulu. Anda pun akan tahu kelanjutan dari proyek tersebut dan apa yang dikehendaki.

Berapapun harga Dogecoin, pengguna dapat membeli banyak DOGE dengan harga misalnya 100 euro. Namun investor pun harus berhati-hati terhadap volatilitas harganya yang kadang ekstrim. Harga Doge tunduk pada sentimen pasar. Contohnya adalah tweet Elon Musk. Secara umum diketahui bahwa dia adalah penggemar koin meme ini dan tidak ragu untuk mengumumkannya di Twitter. Akibatnya, harga melonjak sangat cepat. Tapi setelah mencapai puncak, maka pasti akan ada penurunan besar. Hal ini membuat harga menjadi sangat fluktuatif dan kehati-hatian lebih disarankan dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya.

Cara Investasi Dogecoin

Dogecoin adalah proyek yang bagus untuk dimiliki dalam portofolio investasi Anda. Namun ingatlah bahwa harganya sangat fluktuatif dan Anda hanya akan menginvestasikan uang yang Anda rela bila hilang. Meskipun tim dan komunitas Dogecoin terus mengembangkan teknologi, namun koin kripto inisangat dipengaruhi oleh segmen pasar. Diharapkan di masa mendatang, semakin banyak investor yang masuk ke Doge dimana masing-masing akan mengambil bagian dalam portofolionya. Jika influencer besar seperti Elon Musk terus mendorong kenaikan harga, maka pasti Doge dapat berkembang lebih jauh.

Fluktuasi harga Dogecoin yang kecenderungannya naik adalah daya tarik tersendiri bagi para investor. Dalam rentang sepekan saja harga Dogecoin dapat melonjak hingga 400%. Harga Dogecoin pernah melejit ekstrim sampai 1300 % hanya beberapa hari saja. Tanggal 28 hingga 29 Februari 2021 silam persisnya kejadian itu. Harga Dogecoin sudah melonjak 1100% ke harga $0.058. Kendati sudah naik tinggi namun harga Dogecoin diperkirakan akan masih melanjutkan penguatannya. Malah untuk short term, investor Doge menetapkan target harga di $1 per koinnya. Apabila begitu, itu artinya harga Dogecoin saat ini pastinya masih dianggap benar-benar murah.

Tak cuma itu, dana yang dibutuhkan untuk investasi Dogecoin pun tak sebanyak mata uang kripto populer lain misalnya Bitcoin atau Ethereum. Itu disebabkan harga Dogecoin hanya Rp 4.651 tiap 1 doge. Animo masyarakat Indonesia dalam memulai investasi Dogecoin pun bertumbuh.

Cara Investasi Dogecoin bagi para investor di Indonesia salah satunya di Indodax.com. Mengawali investasi Dogecoin di Indodax pun cuma berbekal dana mulai Rp 10.000. Cara investasi di Dogecoin dananya boleh berapa saja. Sebab di layanan Indodax ini dengan uang Rp 10.000 investor sudah dapat melakukan deposit kemudian membeli koin DOGE.

Perlu diingat bahwa DOGE tak sebagaimana Bitcoin maupun Ethereum. Pergerakan harga Dogecoin seringnya tak sestabil kedua mata uang kripto tadi. Ketika harganya sedang tinggi, maka mungkin saja dalam waktu singkat akan turun bebas. Namun dapat pula terus meroket naik. Oleh karena itu itu, disarankan investor sebelumnya harus menganalisanya dengan baik, fundamental maupun teknikalnya. Sehingga nanti tak akan salah mengambil aksi. Paling penting, hindari memanfaatkan uang panas atau uang dapur yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Pakailah dana yang memang tak terpakai.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi