Mekanisme Cara Belanja dengan Kredivo
in e-Payment

Mekanisme Cara Belanja dengan Kredivo

Sekarang tersedia beragam layanan cara belanja dengan kredit. Termasuk yang cukup populer bagi masyarakat adalah Kredivo. Kredivo adalah layanan financial technology atau fintech legal dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kredivo menawarkan fasilitas membeli hari ini dan membayar kemudian. Begini cara belanja dengan Kredivo langkah demi langkah.

Cara Belanja dengan Kredivo

Cara belanja dengan Kredivo dapat dinikmati tanpa perlu kartu kredit. Aplikasi ini menawarkan kredit sampai batas Rp30 juta yang dapat digunakan bertransaksi di beberapa situs belanja mitra, diantaranya Shopee, Lazada, Blibli, dan e-commerce besar lainnya. Kecuali itu, Kredivo pun menyediakan opsi waktu pelunasan yang tidak kaku. Konsumen tak cuma dapat menikmati fitur pembayaran 30 hari berbunga 0 % saja. Sebab, ditawarkan juga jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, sampai 12 bulan yang mempunyai bunga 2,95 %.

Dengan cara pembayaran yang luwes tadi, konsumen bisa membeli di berbagai toko mitra tanpa perlu credit card. Konsumen dapat membeli barang elektronik, gadget, pakaian, sampai memesan tiket penerbangan via online. Canggihnya lagi, cara belanja dengan Kredivo cuma memakan waktu kurang-lebih 1 menit dan bebas dari keharusan disurvei ke rumah konsumen. Dengan begitu layanan ini akan memfasilitasi konsumen yang menginginkan produk tertentu sementara uang tunai di kantong lagi tipis.

Ketentuan Kredit Kredivo

Cara belanja dengan Kredivo tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi konsumen. Itu terutama berkas identitas diri yang harus disediakan oleh Kredivo. Peluang pengajuan kredit tentu tak akan disetujui, jika salah satu syarat atau berkas yang dikirimkan tak komplet. Di bawah ini adalah ketentuan dan dokumen yang harus disediakan konsumen saat akan membuat akun di Kredivo :

  • WNI yang disahkan dalam kartu identitas dalam hal ini KTP.
  • Unggah foto selfie sambil memegang KTP tadi. Kualitas foto harus jelas dimana foto KTP pun terlihat jelas.
  • Usia setidaknya 18 tahun dengan maksimal 60 tahun.
  • Melampirkan bukti alamat rumah yaitu di seputar Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Semarang, Solo, Yogya, Surabaya, Medan, Palembang, Malang, Bali dan Makassar.
  • Pendapatan setidaknya Rp. 3 juta / bln.
  • Melampirkan bukti penghasilan yaitu mengirimkan foto NPWP milik sendiri.

Rampung mengirimkan semua ketentuan dan berkas permohonan akun Kredivo, berikutnya konsumen dapat menyelesaikan pembuatan akun agar bisa mengakses layanan kredit. Cara mengaktifkan akun Kredivo diselesaikan dari aplikasi atau link yang disertakan dalam e-mail atau SMS ketika mendaftar.

Saat tahap aktivasi, konsumen akan diwajibkan menginput kode OTP yang dikirimkan melalui SMS, menentukan kode PIN 6 angka, dan memberikan jawaban sebuah pertanyaan keamanan. Jika pengaktifan berjalan lancar, pengelola Kredivo akan menyampaikan e-mail konfirmasi sekaligus email perjanjian dari PrivyID. Info yang tertulis dalam e-mail perjanjian tersebut berisi foto KTP, biodata, dan poin-poin perjanjian yang harus disetujui konsumen dengan membubuhkan tanda tangan digital.

Cara Belanja dengan Kredivo

Konsumen yang memiliki akun Kredivo yang sudah aktif dapat mulai mengajukan pembelian barang secara kredit. Dari layar utama, gulir ke kanan untuk menemukan menu“Daftar Cicilan” dan ketuk untuk membuka halamannya. Konsumen akan disajikan halaman mekanisme kredit di Kredivo. Mula-mula yang harus dilakukan yaitu menentukan toko mitra mana yang akan digunakan bisa Shopee, Blibli atau JD.id. Setelah barang yang dikehendaki dipilih di toko tersebut, ketika tahap pembayaran, ketuk Kredivo dan juga pilih tenor yang tercantum di halaman pembayaran situs merchant itu.

Input nomor hp yang dimasukkan ketika mengaktifkan akun, masukkan juga kode PIN, selanjutnya ketuk tombol login. Juga diminta menginput kode OTP yang dikirimkan ke nomor hp tadi. Ketuk tombol “Konfirmasi OTP”. Proses pengajuan kredit di Kredivo tuntas. Konsumen cukup menunggu barang yang dipesan tadi tiba di rumah via jasa ekspedisi.

Prosedur Membayar Angsuran di Kredivo

Prosesnya sampai di sini belum berakhir sebab konsumen pun ada kewajiban membayar cicilan setiap bulan tergantung dari jangka waktu yang sudah ditentukan di proses pembelian. Lazimnya konsumen bisa membayar angsuran via fasilitas mobile banking, minimarket dan di situs belanja yang sudah menjalin kemitraan dengan Kredivo. Konsumen dapat dengan mudah melakukan pembayaran cicilan disesuaikan dengan kondisi. Paling mudah bagi kebanyakan konsumen mungkin membayar di minimarket, bisa Alfamart atau Indomaret. Hanya ada tambahan biaya Rp.2.500 saja untuk biaya administrasi.

Simpel ternyata cara belanja dengan Kredivo. Bila ingin mendapatkan penjelasan mendetil terkait kredit instan tanpa kartu kredit, konsumen bisa membuka situs resmi Kredivo, lalu buka menu FAQ. Yang pasti, Kredivo bukan hanya menyediakan fasilitas kredit barang namun juga hutang uang tunai. Pinjaman uang tunai disediakan dengan jangka waktu 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan dengan syarat yang mudah.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment