Mau Mulai Bisnis? Begini Cara Mencari Barang Murah di Alibaba
in Alibaba

Mau Mulai Bisnis? Begini Cara Mencari Barang Murah di Alibaba

Berniat membuka bisnis memang memerlukan banyak persiapan, salah satunya adalah dalam memilih Supplier yang murah, terpercaya dan berkualitas. Alibaba menjadi salah satu e-commerce recommended karena merupakan e-commerce terbesar dengan fokus business to business (B2B). Namun, hal itu tentu tidak akan semudah yang dibayangkan. Jadi, kita akan memberikan kiat-kiat atau cara mencari barang murah di Alibaba.

Cara Mencari Barang Murah di Alibaba

Alibaba merupakan e-commerce terbesar yang dimiliki oleh pengusaha asal China, yakni Jack Ma. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis barang yang dijual, termasuk dari tangan Supplier yang nantinya bisa dijual kembali di Indonesia.

Tentunya berburu barang jualan secara langsung akan menghasilkan akhir yang lebih memuaskan bagi para pebisnis. Namun hal itu memakan banyak waktu, tenaga dan juga biaya. China sendiri sudah amat terkenal sebagai pemasok barang dengan harga miring. Namun untuk pergi langsung ke sana, tentu saja sangat patut diperhitungkan.

Penjualan online sendiri sekarang sudah menjadi opsi yang banyak dipilih masyarakat karena kepraktisannya. Baik penjual ataupun pembeli sama-sama diuntungkan dalam peran digital kali ini. Namun, mereka juga harus sama-sama selektif dalam memilih.

Banyak macam penipuan yang terjadi, contohnya mengenai kualitas produk antara yang diperlihatkan di situs dengan yang diterima berbanding terbalik. Jadi, bagaimana caranya agar mendapatkan barang yang murah dan berkualitas di Alibaba?

Tips Dapat Supplier Bagus, Murah dan Terpercaya di Alibaba

Meski menjadi e-commerce terbesar di dunia, hal itu tidak memungkiri bahwa kasus penipuan akan selalu ada. Maka, berhati-hati menjadi hal wajib bagi kita semua.

Supplier sendiri merupakan pemasok barang dengan harga yang lebih murah agar bisa dijual lagi dengan harga yang masih dalam batas wajar di pasaran. Untuk menemukannya, kita harus sangat selektif, terutama dengan alasan proses pengiriman yang sangat jauh ini.

Karena Alibaba berpusat lokasi di China, dan memiliki fokus penjualan ke seluruh belahan dunia, sekaligus berlaku untuk pembelian dalam jumlah besar, maka kerugian pasti akan sangat dirasa jika terjadi kasus penipuan. Maka dari itu, anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini untuk menemukan Supplier terpercaya di Alibaba:

  1. Cari Supplier yang Sudah Terverifikasi

Verified Supplier atau Supplier terverifikasi merupakan suatu tanda akan keamanan Supplier di website Alibaba. Beberapa kategori ‘Verified Supplier’ pun diterapkan di sana, seperti:

  • A&V, yakni Supplier yang telah terverifikasi dan sudah lulus tahap pemeriksaan keorisinilan
  • Onsite Check, yakni Supplier yang telah terverifikasi dan berbasis di China (sudah dipastikan keberadaan tempatnya oleh staff Alibaba)
  • The Assessed Supplier Check, yakni Supplier yang telah terverifikasi oleh pihak ketiga.

Dengan menyortir pencarian Supplier yang sudah terverifikasi seperti di atas, akan memudahkan anda mendapatkan Supplier yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Coba dengan Membeli Sampel untuk Melihat Kualitas

Sejak awal, anda pasti sudah mulai menyortir produk-produk dengan harga yang miring. Langkah selanjutnya, sebelum mulai mengambil banyak barang untuk dijual kembali, sebaiknya anda mencoba membeli sampel barang dari Supplier yang ingin anda coba.

Percobaan ini berguna untuk melihat kualitas barang yang dikirimkan serta keamanan pengirimannya. Biasanya pengiriman akan menggunakan pos atau pengiriman internasional. Jika dirasa barang sampai dengan selamat dan kualitas produk memuaskan, anda bisa memulai bisnis anda.

  1. Lihat History Pembelian dan Penilaiannya

Setelah 2 tips di atas, melihat history pembelian dan penilaian Supplier pun sangat diperlukan. Supplier dengan riwayat pembelian yang sudah banyak patut anda coba, apalagi jika penilaian yang diberikan oleh para pembeli adalah penilaian baik.

Dari penilaian pembeli, anda juga bisa menilai kualitas barang-barang yang sudah sampai di tangan konsumen. Apakah barang-barang layak dan sesuai yang ditawarkan atau justru berbanding terbalik. Namun, jangan lupa untuk mencoba membelinya dalam sampel terlebih dahulu karena zaman sekarang sudah banyak hal yang bisa dipalsukan.

  1. Jangan Ragu untuk Hubungi Banyak Supplier

Setelah banyak memilah dan menyortir, anda bisa mulai menghubungi pihak Supplier sebanyak-banyaknya. Karena kemungkinan besar tidak semua Supplier yang anda hubungi akan membalas. Dengan menghubungi banyak Supplier, anda juga bisa memilah mana yang sesuai dengan keinginan anda.

Semakin banyak anda berbincang dan bertanya-tanya dengan banyak Supplier, anda akan mengetahui lebih banyak pengetahuan baru. Seperti mengenai perbandingan produk yang bagus, kelebihan dan kekurangannya, serta poin-poin lainnya.

Dengan cara ini, anda juga dapat membandingkan harga wajar produk yang sedang anda incar. Berapa harga normal produknya, dan dari sana anda bisa lebih selektif memilih antara barang yang murah sekaligus memiliki kualitas yang baik.

  1. Ikuti Pameran/Exhibition

Tips berikutnya, anda bisa mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh Alibaba secara langsung. Pameran ini biasanya diadakan di China, dengan menghadirkan ribuan penjual dan para Supplier yang menawarkan produk-produk unggulannya secara langsung.

Dengan ini, anda bisa menilai secara langsung kualitas produk dan bisa langsung menghubungi pihak Supplier.

Cara Penggunaan Website Alibaba

Website Alibaba merupakan website marketplace internasional yang memiliki peraturannya sendiri dalam penggunaannya. Panduan dalam membeli barang di website ini bisa anda ikuti sebagai berikut:

  1. Harus Punya Akun

Anda harus mendaftarkan akun di Alibaba untuk bisa menggunakannya. Pendaftarannya cukup mudah, dan harus menerapkan data diri anda dengan jelas.

  1. Cari Produk atau Supplier

Selanjutnya, anda harus mencari produk atau Supplier yang sekiranya sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa untuk menyortirnya dengan baik dengan tips-tips sebelumnya.

  1. Hubungi Supplier

Website ini mengharuskan anda untuk menghubungi pihak penjual terlebih dahulu melalui fitur message. Anda bisa memperkenalkan diri dan berdiskusi mengenai hal-hal yang diperlukan sebagai kesepakatan.

  1. Supplier akan Memberikan Invoice

Setelah terjadi kesepakatan, Supplier akan memberikan detail pesanan anda termasuk dalam detail jumlah, harga, metode pembayaran, alamat dan biaya kirim yang akan dikenakan.

  1. Proses Pembayaran

Setelah sudah semua, anda bisa melakukan pembayaran melalui Paypal, Kartu Kredit, Western Union, atau Transfer Bank sesuai kesepakatan yang sudah didiskusikan sebelumnya.

  1. Pengiriman Produk

Selanjutnya, setelah semuanya terkonfirmasi, produk akan segera dikirim melalui pos atau pengiriman internasional. Anda akan diberikan nomor tracking yang bisa dipantau pergerakannya melalui website resmi Alibaba.

Website Alibaba ini lebih ditujukan untuk bisnis, sehingga menerapkan minimal pembelian. Jadi, pastikan dulu sebelum anda mengambil keputusan. Karena pastinya kerugian akan tetap terasa bagi anda yang sedang dalam usaha membuka bisnis.

Memilih barang yang murah memang diperlukan. Namun, memperhatikan kualitas produk juga sangat diperlukan demi mendapatkan kepuasan pelanggan anda nantinya. Jadi, pilihlah Supplier yang terpercaya dan memiliki respon yang baik dalam berdiskusi.

Demikian informasi mengenai cara mencari barang murah di Alibaba. Semoga informasi di atas bermanfaat.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi