LinkAja, Aplikasi Pembayaran Digital Yang Kaya Fitur

Pengguna cukup memindai kode QR menggunakan Hape lalu tekan tombol bayar. Demikian gampangnya menggunakan aplikasi pembayaran berbasis QR Code ketika membeli berbagai produk atau layanan di merchant. Fasilitas tersebut disediakan LinkAja, sebuah aplikasi yang sebelumnya bernama TCASH keluaran Telkomsel. LinkAja diperkenalkan perdana 22 Februari 2019 silam untuk memenuhi kebutuhan fitur pembayaran nontunai yang mudah, instan, dan aman.

Dalam aplikasi LinkAja ditawarkan dua jenis akun pengguna ialah akun Basic Service dan akun Full Service. Bagi pengguna yang baru saja mendaftar di aplikasi LinkAja maka dikategorikan sebagai akun Basic Service. Basic Service dibatasi saldo maksimalnya hingga Rp2 juta dengan fasilitasnya : top up saldo, berbelanja online, membayar berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, Telkom, langganan internet, isi pulsa, isi kuota data, hingga voucher game.

Sementara akun Full Service memberikan batas saldo maksimal hingga Rp.10 juta dengan fasilitas yang sama dengan Basic Service ditambah fitur transfer uang baik antar akun LinkAja atau ke rekening bank. Termasuk pula fitur tarik tunai. Agar bisa menikmati akun Full Service LinkAja, pengguna akun Basic Service tinggal mengurusnya di gerai GraPARI terdekat dan menunjukkan KTP untuk konfirmasi data diri.

Cara Pakai LinkAja

Memakai aplikasi LinkAja begitu sederhananya, yang pertama adalah memasang aplikasinya dari Play Store atau App Store. Kemudian lakukan pendaftaran untuk membuat akun. Setelah akun Basic Service berhasil dibuat, ketuk tombol “Mulai” untuk memilih menu-menu yang tersedia. Layaknya sebuah dompet, akun LinkAja pun harus diisi dengan uang sesungguhnya. Isi saldo atau top up LinkAja dapat dilakukan dari berbagai pilihan mulai dari transfer bank di ATM atau mobile banking, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Circle K, Dan+Dan, Family Mart, Grapari, kantor pos, Suzuya, dan para Mitra LinkAja (MiLa).

Cara Bayar Memakai LinkAja

Setelah aplikasi LinkAja di ponsel terisi saldo, pengguna sudah bisa memanfaatkannya untuk pembayaran di merchant. Cara pertama yaitu membayar menggunakan fitur TAP (NFC). Ini hanya bisa dilakukan untuk smartphone yang memiliki fitur NFC. Cukup dengan menempelkan ponsel di mesin EDC merchant maka pembayaran otomatis diproses. Cara kedua adalah membayar dengan fitur SNAP (QR Code). Pengguna tinggal memindai menggunakan kamera smartphone di QR Code milik merchant.

Membeli Pulsa atau Kuota dengan LinkAja

Ketuk menu beli pulsa atau kuota yang tertera dalam aplikasi LinkAja. Tentukan nomor Hp yang akan diisi pulsa atau kuota, bisa ke nomor Hp milik sendiri dan juga nomor Hp lain. Tentukan besaran pulsa atau kuota yang hendak dibeli. Selanjutnya ketikkan PIN LinkAja maka sistem akan memprosesnya. Sementara jika pengguna ingin menggunakannya untuk membayar berbagai tagihan seperti PLN, PDAM, Telkom, dan sebagainya maka cukup pilih menu yang sesuai.

Berbelanja Online Bayar Pakai LinkAja

Kunjungi situs belanja dan pilih produk yang dikehendaki. Lakukan check out dan pilih LinkAja sebagai cara pembayaran yang akan dilakukan. Ketikkan nomor Hape lalu PIN LinkAja sehingga transaksi bisa diproses. Pastikan saldo LinkAja mencukupi untuk membayar barang yang dibeli tersebut. Bila transaksi berhasil maka konsumen akan menerima verifikasi dalam bentuk SMS jika transaksi sukses.

Mentransfer Uang via LinkAja

Ketuk pada menu kirim uang yang terdapat dalam aplikasi. Selanjutnya tentukan tujuan transfer apakah ke akun LinkAja yang lain atau ke nomor rekening bank. Ketikkan nomor Hape akun LinkAja sebagai tujuan transfer atau nomor rekening bank tujuan. Input kode PIN LinkAja maka uang pun akan otomatis terkirim. Selanjutnya periksa kotak masuk SMS apakah sudah ada notifikasi.

LinkAja dibawah PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah mengantongi ijin resmi yang dikeluarkan Bank Indonesia. Artinya LinkAja dapat memberikan layanannya kepada masyarakat secara penuh dalam memenuhi kebutuhan pembayaran non tunai. “Beres tanpa cash” menjadi slogan yang diusung LinkAja yang harapannya masyarakat kini tak perlu merepotkan diri dengan mengantongi banyak uang tunai dalam dompet. Cukup memindai barcode, atau tap menggunakan Hape dan transaksi pun beres. Inilah layanan finansial yang lebih cepat, mudah dan sangat aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *