LG G8X ThinQ Ponsel Unik Layar Ganda
in Tekno

LG G8X ThinQ Ponsel Unik Layar Ganda

LG G8X ThinQ belum lama ini dirilis, smartphone dengan layar kedua atau layar ganda. Desainnya yang tak umum membuktikan jika perangkat ini hanya bermanfaat untuk kelompok konsumen yang sangat spesifik. Layar kedua pada dasarnya berguna untuk penutup layar pertama saat tak digunakan. Saat terbentang, pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus. Pengguna pun dapat memutar perangkat seperempat putaran dan menggunakan layar bawah untuk mengetik atau game. Desainnya sama sekali berbeda dengan Samsung Galaxy Fold.

Dari segi spesifikasi, smartphone itu sendiri sangat mirip dengan ThinQ G8 yang dirilis sebelumnya. Hanya saja faktanya, G8X ThinQ adalah perangkat besar yang dikombinasikan dengan cover layar. Bobotnya mencapai 326 gram sehingga perangkat ini cukup terasa mantap di tangan. Selain itu, smartphone ini pun memiliki dimensi sangat besar dan tebal. Ketika pengguna menutupnya, ponsel ini memiliki ketebalan 1,5 sentimeter. Ditambahkan cover layar yang membuat perangkat ini begitu besar dan berat sehingga hampir tidak pas di tangan dan sulit untuk dibawa. Keuntungan dari cover tebal tersebut adalah bahwa layar tidak akan mudah pecah ketika jatuh.

Desainnya Indah Tapi Tidak Praktis

Bagian depan LG G8X ThinQ laksana cermin yang indah dan mengkilap dengan layar kecil di bagian atas yang menunjukkan waktu atau nama orang yang menelepon. Sayangnya, pengguna akan dengan cepat melihat sidik jari dan noda di kesing mengkilap tersebut. Di layar kecil itu pengguna tidak bisa melihat pratinjau pesan. Pengguna hanya akan melihat ikon misalnya ikon WhatsApp jika menerima pesan. Pengguna harus membuka penutupnya sebelum dapat membaca aplikasi atau mengirim pesan. Ini menjadi tidak praktis, karena pengguna tidak dapat mengoperasikan ponsel dengan satu tangan ketika posisi menutup. Jika pengguna hanya memiliki satu tangan bebas, maka tidak dapat membuka ponsel tersebut dengan mudah. Layar 6,4 inci menggunakan panel layar OLED dan layar kedua sebagai penutup pun persis sama dengan “layar utama”. Ini juga berarti bahwa ada takik di layar kedua, tetapi itu sama sekali tidak berguna. Tidak ada kamera di dalamnya, jadi cut-out di layar adalah murni kosmetik.

Khusus untuk Multitasker

LG G8X ThinQ memang bukan untuk pengguna kebanyakan. Perangkat ini berfokus pada mereka yang fanatik dengan aktifitas multitasking menggunakan sepasang layarnya. Misalnya, menampilkan kalender di layar yang satu dan di layar lain untuk mengirim email. Atau jika pengguna ingin mentransfer file dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tentu dapat menampilkan aplikasi secara berdampingan dan tidak selalu harus beralih di antara keduanya. Kedua aplikasi yang dijalankan secara berdampingan bisa berfungsi dengan baik dan lancar. Sayangnya tidak mungkin menonton film yang ditampilkan di kedua layar. Pengguna tidak akan memiliki dua layar beranda yang terpisah dengan laci aplikasi hanya ada di layar kiri. Jadi jika pengguna ingin membuka aplikasi di sebelah kanan yang tidak ada di layar beranda kanan secara default, maka pengguna harus kembali ke layar beranda di sebelah kiri untuk membuka aplikasi.  Ponsel ini cocok untuk mereka yang sering menggunakan ponsel cerdas untuk bekerja. Namun dalam penggunaannya, nilai tambahnya masih mengecewakan. Pengguna tidak akan sering fokus pada dua aplikasi sekaligus. Oleh karena itu hanya sangat berguna bagi orang-orang yang memang banyak tugas di ponsel mereka.

Bahkan jika pengguna memutar layar seperempat putaran, kegunaan keyboard di seluruh layar pun mengecewakan. Pertama, perlu waktu lama sebelum keyboard dibuka setelah memiringkan perangkat. Jika suatu aplikasi mendukung penggunaan dua layar, keyboard akan secara otomatis beralih ke layar kedua, tetapi itu akan memakan waktu beberapa detik untuk itu. Jika pengguna memiliki tangan kecil, perangkat masih terlalu besar untuk mengetik dengan cara ini. Di WhatsApp pengguna dapat mengetik dengan cara ini, tetapi jika pengguna membuka keyboard emoji maka masih akan ditampilkan di layar atas. Jika pengguna sering bermain game di smartphone, layar ekstra adalah pilihan secara default. Ada aplikasi controller di layar kiri yang akan mengubah layar kanan menjadi controller. Pengguna memiringkan perangkat sehingga game dapat dilihat di layar atas. Tata letak ini mengingatkan kita pada Nintendo DS. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa tidak ada feedback pada tombol, sehingga pengguna tidak akan mendapatkan sensasi sebagai controller sesungguhnya.

Hardware Luar Biasa, Ruang Penyimpanan Besar

Dalam hal perangkat keras, spesifikasi LG G8X ThinQ benar-benar baik-baik saja. Dengan chip Snapdragon 855 dan RAM 6GB, semuanya bekerja dengan cepat dan tepat. Pengguna pun mendapatkan ruang penyimpanan internal hingga 128GB dan bahkan dapat diperluas menjadi 2TB memanfaatkan slot kartu microSD. Ini membuat LG G8X ThinQ termasuk salah satu ponsel yang solid yang dapat dengan mudah menangani banyak aplikasi dan file besar. Di dalamnya pengguna pun akan menemukan baterai 4000 mAh. Itu sangat dibutuhkan sebuah ponsel dengan dua layar agar bisa bertahan sehari penuh. Pengguna akan mendapatkan adaptor charger khusus sehingga juga dapat mengisi daya perangkat saat perangkat tertutup.

Kameranya Bagus, Tapi Tidak Mengesankan

Smartphone ini memiliki dua lensa di bagian belakang: kamera standar 12 megapiksel dan lensa sudut lebar 13 megapiksel. Kamera depan adalah kamera standar 32MP. Untuk menjaga harga tetap terjangkau, LG sengaja mengalah untuk spesifikasi kamera ponsel ini. Ini bukan spesifikasi kamera terbaik, tetapi perangkat ini tetap bisa mengambil gambar dengan hasil yang luar biasa.

Harga LG G8X ThinQ

Jika Anda selama ini mengerjakan banyak tugas atau ingin bermain game di ponsel dengan sensasi lain, maka smartphone khusus ini sangat disarankan untuk dimiliki. Spesifikasi LG G8X ThinQ untuk perangkat kerasnya juga bagus dengan memori besar dan ruang penyimpanan yang juga luas, perangkat ini dapat menangani banyak hal. Tetapi dengan ukurannya yang besar, berat dan tebal maka ini bukanlah smartphone yang praktis untuk konsumen rata-rata. Untuk penggunaan normal, kebutuhan akan dua aplikasi sekaligus sangat jarang. Karena pengguna harus membuka penutup layar untuk membaca pesan, artinya perangkat ini tidak dapat digunakan dengan satu tangan. Harga LG G8X ThinQ dibanderol di angka $ 1000 yang bila dirupiahkan sekitar Rp.15 jutaan.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment