Langkah Mudah Membuat Bitcoin Wallet
in Crypto

Langkah Mudah Membuat Bitcoin Wallet

Dalam dunia cryptocurrency dikenal yang namanya Bitcoin wallet. Wallet dalam mata uang kripto adalah dompet berbasis komputer yang terdiri dari file terenkripsi yang hanya dapat diakses dengan memiliki kata sandi. Bitcoin wallet ini tidak berisi Bitcoin yang sebenarnya sebab yang asli disimpan di blockchain.

Mengapa Bitcoin Wallet Penting

Bitcoin wallet menyimpan public key dan private key yang memberi pengguna hak untuk menggunakan uang virtual dan mengelola akun. Jika Anda ingin menggunakan Bitcoin atau cryptocurrency lainnya, Anda harus memiliki wallet digital ini. Tidak ada pihak ketiga yang menjaga Bitcoin Anda tetap aman. Uang Bitcoin Anda akan disimpan dalam file di komputer Anda dan, jika Anda kehilangan file atau lupa kata sandi Anda, dompet Anda dan semua konten Bitcoinnya akan hilang dan tidak dapat dipulihkan selamanya, sama seperti jika Anda kehilangan dompet fisik Anda. Hanya saja, ada dua perbedaan penting:

  • Bitcoin wallet adalah dompet virtual, dan oleh karena itu dimungkinkan untuk membuat salinan cadangannya (pada hard drive eksternal, stik USB, kartu sd, layanan penyimpanan file online seperti Google Drive dan Dropbox). Bahkan jika seseorang menemukan dompetnya, mereka tidak dapat menggunakannya tanpa mengetahui kata sandinya.
  • Kecuali Anda membagi uang Anda di beberapa dompet, file Anda akan berisi semua uang Anda dalam Bitcoin. Ini berarti bahwa dalam beberapa kasus, kerusakan akibat kehilangan file bisa jauh lebih buruk daripada kehilangan dompet fisik tempat biasanya menyimpan sejumlah kecil uang.

Cara Membuat Bitcoin Wallet

Untuk melakukannya, perlu menggunakan perangkat lunak yang mampu mengelola dompet file kita. Pada laman Bitcoin.org ada daftar perangkat lunak yang cocok untuk melakukan ini dibagi berdasarkan platform dan karakteristik. Terserah Anda untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, berdasarkan tingkat keamanan dan ketersediaan yang diinginkan pada perangkat dan sistem operasi yang dimiliki (Windows PC, Mac, Linux, Android).

Hive : setelah perangkat lunak diunduh, wizard untuk membuat dompet pertama dimulai. Hive mempersilahkan pengguna untuk memilih kata sandi (pilih yang kuat dengan huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus), itu akan meminta pengguna untuk mengatur cadangan secara langsung dan secara otomatis di Drive dan / atau Dropbox. Kata sandi akan diminta setiap kali mengakses wallet, mengirim dan menerima pembayaran dan mengelola buku kontak untuk mengirim atau meminta pembayaran.

Armory : adalah salah satu Bitcoin wallet teraman dan paling andal. Armory Bitcoin Wallet dapat diunduh dari www.bitcoinarmory.com dan kompatibel dengan Windows, Mac OSX, dan Linux. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Unduh dan instal versi perangkat lunak yang kompatibel dengan sistem operasi Anda dan klik tautan unduhan di beranda situs web.
  • Jalankan file instalasi dan izinkan program untuk membuat perubahan pada komputer Anda.
  • Klik Berikutnya dan setujui persyaratan penggunaan.
  • Lanjutkan dengan instalasi dengan mengikuti langkah-langkah yang dipandu.
  • Setelah proses selesai, sebuah layar akan menyambut Anda di Armory, klik tombol Buat Dompet Pertama Anda. Tambahkan nama dan deskripsi. Dengan mengklik menu Lanjutan, Anda dapat memilih waktu komputasi Target dan penggunaan memori maksimum yang ingin ditetapkan
  • Masukkan frasa sandi yang terdiri dari 10 karakter acak atau lebih atau 6 kata acak atau lebih. Verifikasi kata sandi. Untuk keamanan yang lebih besar, diperlukan untuk membuat cadangan dompet yang pilihannya adalah paper backup, digital atau ekspor daftar kunci.
  • Setelah daftar kunci disimpan, tutup jendela dan klik Selesai untuk menyelesaikan proses pembuatan wallet.
  • Pada langkah ini, layar manajemen Dompet Bitcoin Armory terbuka, dan sudah dapat digunakan untuk mengirim dan menerima uang virtual, mengelola akun dan transaksi. Dari sini, pengguna juga dapat membuat wallet baru dan mengimpor atau memulihkan wallet.

Selain Bitcoin wallet berbasis perangkat lunak, ada berbagai jenis wallet lain untuk membuka akun dan mengelola Bitcoin seperti wallet berbasis Perangkat Keras. Itu adalah perangkat kecil yang mirip dengan stik USB. Jika dompet online menciptakan masalah keamanan yang signifikan, dompet perangkat keras seperti Trezor dan Ledger memungkinkan pengguna untuk mempertahankan kendali penuh atas kunci pribadi mereka dan menjaga saldo Bitcoin tetap aman.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi