Keuntungan Menggunakan Paypal

Paypal adalah salah satu metode pembayaran dan pengiriman uang secara elektronik yang disediakan oleh perusahaan asal Amerika, Paypal Inc. Paypal telah menjadi metode pembayaran utama yang digunakan di website ecommerce eBay.com, serta diterima di ribuan web jual beli online internasional lainnya. Bahkan saat ini sudah banyak penjual di Indonesia yang menerima pembayaran menggunakan metode ini.

Sejarah Paypal

Awal mula paypal berasal dari sebuah perusahaan yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Leychi pada tahun 1998 dengan nama Convinity. Perusahaan ini pada tahun 1999 bergabung dengan x.com milik Elon Musk, kemudian lahirlah Paypal.

Perkembangan paypal demikian sangat pesatnya. Dan sejak tahun 2002 paypal di akuisisi oleh ebay, dan telah menjadi metode pembayaran mayoritas di ebay. Hingga saat ini setidaknya telah tercatat lebih dari 120 juta akun paypal aktif di seluruh dunia.

Fungsi Paypal

Seperti dijelaskan sebelumnya, paypal menjadi metode pengiriman atau transfer uang secara elektronik antar satu rekening paypal ke rekening paypal lainnya. Jadi dengan rekening paypal ini kita bisa melakukan pengiriman uang ke orang yang memiliki rekening paypal diseluruh dunia, secara real time. Kita juga bisa menggunakan paypal untuk melakukan pembayaran pembelian secara online di ribuan website jual beli internasional, seperti ebay, dhgate, dealextreme, dll.

Cara mendaftar akun paypal

Untuk mendaftar akun paypal kita harus menyediakan email kartu tanda pengenal serta kartu kredit. Email akan digunakan menjadi username sekaligus sebagai nama akun nya. Jadi akun paypal itu berbentuk email. Sedangkan Kartu kredit nanti akan digunakan sebagai alat untuk melakukan verifikasi kepemilikan akun paypal, sekaligus akan dijadikan sumber dana jika kita melakukan transaksi menggunakan paypal. Berikut adalah garis besar langkah langkah cara mendaftar akun paypal :

  • Masuk ke halaman paypal.com
  • Lalu kli “Sign Up”
  • Pilih apakah mau mendaftar akun pribadi atau akun bisnis
  • Masukkan email, No HP, nama lengkap, password
  • Lakukan konfirmasi email dan nomor HP
  • Lakukan verifikasi dengan Kartu kredit. Dalam tahap ini paypal akan melakukan charge ke kartu kredit, sekita $1-2, yang nanti akan dikembalikan saat proses verifikasi sudah selesa
  • Paypal akan mengirimkan kode verifikasi berupa kode yang akan tercetak dalam tagihan bulanan kartu kredit. Masukkan kode rahasia ini untuk melakukan verifikasi akun paypal
  • Jika sudah terverifikasi dengan benar, baru akun paypal bisa digunakan secara legal dan bebas dari limitasi awal

Keuntungan menggunakan paypal

Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki dan menggunakan paypal diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Aman, karena paypal bertindak sebagai pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi. Jadi jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, maka kita bisa mengakukan claim kepada paypal. Dalam hal ini, kita bisa mengacu pada skema rekening bersama yang saat ini banyak digunakan di Indonesia.
  2. Dengan memiliki paypal, maka kita sudah memasukkan data kartu kredit sekali saja di paypal, yang kemudian di enkripsi dengan aman oleh Paypal. Jadi ketika kita membeli barang secara online, kita tidak perlu memasukkan informasi kartu kredit kita ke setiap website tempat kita membeli barang. Artinya resiko membagi informasi kartu kredit menjadi sangat kecil. Karena kita hanya perlu membagi informasi sekali saja ke paypal. Dan selanjutnya kita tinggal berbelanja dengan paypal
  3. Kita bisa dengan mudah melalukan pembayaran online untuk barang, jasa, booking hotel dan penginapan, booking tiket, dapat konferensi, dll. Karena Paypal telah banyak diterima di jutaan merchant di seluruh dunia.
  4. JIka kita berjualan secara online, maka kita bisa menggunakan paypal untuk menerima pembayaran dari bayer diseluruh dunia yang menggunakan paypal. Perlu diketahui, karena faktor keamanan yang ditawarkan paypal, maka jika membuka toko online dan menerima paypal sebagai cara pembayaranannya, maka itu meningkatkan kepercayaan pembeli. Karena dimata pembeli, maka toko online kita ini aman dan dapat dipercaya.
  5. Bisa mempermudah pengiriman uang ke seluruh dunia dengan cepat kapan saja, dan dimana saja selama tekoneksi dengan jaringan internet. Memiliki paypal ibarat kita memiliki rekening yang bebas hambatan waktu, tempat dan batas negara.

Demikianlah setidaknya 5 keuntungan menggunakan paypal yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung bisnis kita. Jika teman teman belum memiliki paypal dan ingin tahu bafaimana caranya membuat dan verifikasi paypal, bisa mengunjungi video dibawah ini. Salam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *