Keuntungan dan kekurangan Membeli dari Pabrikan di Alibaba
in Alibaba

Keuntungan dan kekurangan Membeli dari Pabrikan di Alibaba

Seperti kita ketahui, Alibaba telah menjadi platform jual beli barang terbesar di dunia yang berasal dari China. Platform yang dibesarkan oleh pengusaha sukses Jack Ma ini telah menjadi tujuan belanja barang bagi jutaan pembeli yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Sebagaimana kita ketahui, dialibaba setidaknya ada tiga macam pembeli yang menawarkan barang dagangannya, yaitu :

  1. Tipe Produsen atau pabrikan (Manufacturer), dimana mereka membuat produknya sendiri dan sekaligus menawarkan barang daganganya di Alibaba
  2. Tipe Pedagang Besar (Wholesaler), dimana mereka merupakan kepanjangan tangan dari produsen yang menjual barang dalam MOQ (Minimum Order Quantity) besar
  3. Tipe Pedagang biasa (Trader), dimana tipe penjual ini menjual barang dari berbagai macam jenis di tokonya, dan melayani MOQ dalam jumlah lebih kecil disbanding Wholesaler

Nah, sebagai pembeli, tentu saja kita berharap bisa langsung membeli barang dari Produsennya. Karena dengan membeli barang langsung kesana, maka kita akan mendapatkan harga langsung dari tangan pertama, yang secara logika akan menjadi lebih murah, dibandingkan jika kita membeli barang dari pedagang besar atau pengecer. Dengan harapan, kita bisa endapatkan margin keuntungan yang lebih besar jika barang dijual di Indonesia. Atau setidaknya kita bisa mendapatkan harga yang lebih bersaing jika harus bertemu dengan competitor yang menjual barang yang sama di pasar lokal disini.

Sayangnya, tidak semua keinginan kita untuk membeli barang dari tangan pertama itu bisa kita lakukan dengan mudah. Beberapa kendala sering menghadang terutama bagi kita yang masih pemula dalam bisnis ini. Nah, dalam posting kali ini saya jelaskan beberapa keuntungan dan kekurangan yang mungkin akan kita hadapi dalam berjuang untuk membeli barang langsung dari produsennya.

Keuntungan membeli dari Podusen Pabrikan di Alibaba

Berbicara soal keuntungan, jelas kita akan mendapatkan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli dari pedagang besar atau pengecer. Disamping itu, kita juga mudah jika ingin melakukan product customs, atau memesan produk sesuai keinginan atau desain yang kita buat sendiri. Keuntungan lainnya adalah apabila kita menerima produk yang tidak sesuai pesanan, rusak, cacat, kita lebih mudah untuk minta gantinya. Biasanya akan dikirimkan bersamaan dengan pengiriman order selanjutnya.

Kekurangan membeli dari produsen Pabrikan di Alibaba

Selain ada keuntungan, tentu kita juga akan dihadapkan pada kekurangan yang akan kita alami. Kekurangan paling mencolok jika membeli dari produsen pabrikan adalah, mereka umumnya menetapkan Minimum Order Quantity yang sangat besar. Hal ini sangat menyulitkan bagi kita jika masih pada tahap pemula. Tetapi masalah ini tidak akan menjadi kendala, jika kita sudah mampu membeli barang dalam jumlah besar.

Kekurangan lainnya yang mungkin kita hadapi adalah, jika kita menemukan tenaga marketing yang “kurang ramah”, mereka bisa bersikap seolah olah mengabaikan orderan kita yang berjumlah kecil, sehingga terkesan agak malas malasan melayani kita. Sikap slow respon seperti ini tentu akan menyulitkan kita nantinya. Namun dengan kesabaran yang cukup, masalah satu ini bisa kita atasi dengan baik.

Selamat berbelanja di Alibaba. Salam sukses.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment