Ketahui Tiga Macam Seller di Alibaba
in Alibaba

Ketahui Tiga Macam Seller di Alibaba

Ketika kita ingin mencoba import barang dari China, khususnya di alibaba, maka kita akan dihadapkan pada beberapa macam tipe seller atau penjual yang menawarkan barangnya disana. Nah buat teman teman yang sedang belajar bagaimana cara membeli barang dari Alibaba, berikut adalah tipe tipe seller di Alibaba.

Tipe Pertama : Pabrikan (Manufacturer)

Tipe penjual (seller) ini berupa pabrikan yang memproduksi barang secara langsung. Ini adalah tipe seller yang seharusnya kita cari. Karena posisinya sebagai produsen, maka mereka akan memberikan harga barang yang relative paling murah dibanding dua tipe penjual lainnya. Harga yang kita terima adalah harga tangan pertama, tanpa campur tangan perantara, sehingga membeli barang dari tangan produsen akan meningkatkan tingkat margin keuntungan yang bisa kita dapatkan, atau kita bisa menjual ulang barang di Indonesia dengan harga yang lebih bersaing.

Sayangnya tipe penjual pabrikan, umumnya menetapkan MOQ Minimum Order Quantity yang cukup besar. Hal ini akan menyulitkan kita jika masih bersifat pemula dalam bisnis ini. Atau kita masih dalam posisi untuk melakukan test pasar untuk mengukur sejauh mana sebuah produk bisa diterima oleh pasar di Indonesia.

Tipe Kedua : Pedagang Besar Grosir (Wholesaler)

Tipe penjual Alibaba kedua umumnya disebut sebagai pedagang besar grosir atau wholesaler. Mereka umumnya merupakan kepanjangan tangan dari sebuah pabrik. Yang posisinya sebagai penjual barang dari penjual tipe pertama diatas, dengan jumlah MOQ cukup besar, tetapi umumnya tidak sebesar yang ditetapkan oleh Pabrikan. Karena posisinya merupakan kepanjangan tangan dari produsen, maka harga yang ditawarkan pun tentu kan lebih besar daripada yang ditetapkan oleh pabrik. Namun, mereka akan menetapkan MOQ lebih kecil dari pabrikan, walaupun bagai Sebagian pembeli dianggap masih terhitung besar.

Tipe Ketiga : Pedagang (Trader)

Tipe penjual ini adalah tipe penjual paling banyak di Alibaba. Posisinya lebih kepada pedagang pengecer grosir, dimana menjual barang dari satuan hingga jumlah tertentu, tetapi tidak sebesar yang ditetapkan oleh Wholesaler.

Sebagai trader, tentu saja mereka akan menetapka harga paling mahal jika dibandingkan dengan tipe penjual lainnya diatas. Keuntungan membeli barang dari Trader adalah kita bisa membeli dalam jumlah MOQ sedikit dan bisa membeli berbagai macam barang dari satu penjual saja. Penjual tipe traser akan mengumpulkan beberapa barang dari produsen yang berbeda dan menawarkan ke dalam tokonya di Alibaba.

Nah demikianlah tiga tipe pedagang yang harus kita ketahui Ketika kita ingin membeli barang di Alibaba. Setiap tipe pedagang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Kepada penjual tipe mana kita harus membeli barang ? jawabannya adalah kita sesuaikan dengan rencana belanja serta besarnya anggaran yang kita miliki. Semoga bermanfaat.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment