Jasa Forwarder Alibaba
in Alibaba, Forwarder

Jasa Forwarder Alibaba

Rajabeli.com menyediakan Jasa forwarder Alibaba dengan harga bersaing dan pelayanan fast response. Jika anda membutuhkan metode pengiriman barang dari China yang lebih ekonomis, praktis dana man, maka anda bisa memanfaatkan jasa ini.

Jasa forwarder itu apa sih ?

Bisa diartikan sebagai sebuah jasa yang mengurus pengiriman barang antar negara. Pihak forwarder akan menerima barang di gudang mereka yang terletak di negara asal barang. Setelah menerima barang, mereka akan mengirimkan ke negara tujuan, dalam hal ini ke Indonesia.

Forwarder door to door

Forwarder door to door diartikan sebagai perusahaan forwarder yang mengurus pengiriman barang, sekaligus mengurus segala hal yang terkait dengan pabean, pembayaran pajak, dan lain lain. Jadi dengan menggunakan jasa forwarder door to door, kita tidak lagi direpotkan dengan berbagai macam hal yang berkaitan dengan customs clearance di Indonesia. Jadi kita yang saat ini masih belajar impor sebagai pemula, tidak lagi mengalami masalah masalah yang sebelumya kita khawatirkan, seperti :

  • Tidak punya perusahaan
  • Tidak punya izin impor
  • Tidak paham cara mengurus bea cukai
  • Takut pajaknya menjadi mahal, sehingga diluar anggaran
  • Dan lain lain

Alasan menggunakan jasa forwarder

Seperti disinggung diatas, ada banyak keuntungan bagi kita yang ingin membeli barang dari Alibaba dan website eccomerce dari China lainnya. Diantaranya adalah :

  • Karena semua urusan sudah dikerjakan oleh perusahaan tersebut, sehingga kita tinggal pasrah saja sama mereka dan menunggu barang datang ke alamat kita, tanpa repot
  • Biaya yang kita keluarkan untuk mengirim barang lebih murah dibandingkan dengan apabila kita mengirim menggunakan jasa titipan langsung seperti kantor pos, fedex, dhl dan sejenisnya
  • Karena kita bisa mengirim barang dari penjual yang tidak mau mengirim barang ke Indonesia. Misalnya ketika kita membeli barang dari web 1688.com, taobao, dll
  • Kita bisa impor dalam jumlah besar, walaupun kita tidak memiliki perusaahaan dan izin impornya

Jenis Forwarder

Berdasarkan metode pengirimannya, forwarder dibagi menjadi dua, yaitu :

Forwarder Udara

Adalah forwarder yang melakukan pengiriman menggunakan pesawat udara. Skema ini banyak digunakan umumnya untuk barang yang memerlukan pengiriman secara lebih cepat, atau barang yang berukuran kecil dan relative ringan. Metode pengiriman ini umumnya makan waktu antara 1-2 mingguan dari China ke Indonesia (Jakarta). Walaupun cepat, tetapi pengiriman via udara memiliki beberapa batasan, diataranya :

  • Hanya bisa mengirim barang berukuran kecil hingga sedang saja, karena terbatasnya space cargo di pesawat
  • Tidak bisa mengirim barang cair, barang bentuk serbuk, Zat kimia, dll

Kekurangan lainnya adalah, Biaya kirim yang relative lebih mahal dibanding skema forwarder laut, sehingga kurang cocok digunakan mengirim barang bervolume besar dengan harga murah.

Forwarder Laut

Adalah forwarder yang menggunakan moda pengiriman menggunakan kapal laut. Skema ini banyak digunakan umumnya untuk barang yang relative banyak , berat dan volume besar, serta tidak membutuhkan waktu pengiriman yang urgent.

Metode kirim melalui laut makan waktu sekitar 4-5 minggu dari China ke Indonesia (Jakarta). Walaupun relative lebih lama, tetapi metode kiriman ini memiliki banyak keunggulan, yaitu :

  • Tarif lebih murah
  • Bisa mengirim barang dalam ukuran berat, volume besar dan jumlah besar
  • Bisa mengirim barang berbentuk cairan, serbuk, kimia, dan barang barang yang tidak bisa dikirim via udara
  • Dan lain lain

Tarif Forwarder

Berapa sih tariff jasa pengiriman forwarder Alibaba dari China ke Jakarta ?. Jawabannya tentu relative. Karena tergantung dengan metode pengiriman, jenis barang serta perusahaan forwardernya. Sebagai gambaran, untuk saat ini, untuk barang barang yang masuk ke dalam kategori umum dan bukan barang lartas (barang kategori larangan dan pembatasan), adalah sebagai berikut :

  • Tarif Via udara berkisar antara Rp. 170.000 -190.000 / Kg berdasarkan berat dan volume. Tetapi ada juga forwarder lain yang mematok harga natara Rp. 255.000 – 275.000 / Kg
  • Tarif via laut berkisar antara Rp. 5.500.000 – 7.000.000 / Meter kubik.

Minimum Kuota pengiriman

Apa sih yang dimaksud dengan minimum kuota pengiriman ?. Minimum kuota adalah jumlah minimum yang harus dipenuhi ketika kita ingin menggunakan jasa pengiriman forwarder. Umumnya setiap forwarder menetapkan minimum kuota ini. Untuk via udara, umumnya ditetapkan minimum kuota 5 kg. Tetapi banyak juga forwarder yang menetapkan kuota minimum lebih rendah, misalnya 2-3 kg saja. Sedangkan untuk forwarder laut, kebanyakan forwarder menetapkan minimum kuota pengiriman sebesar 0.5 M3. Tetapi ada juga yang menetapkan minimum kuota 0.2 – 0.3 M3. Silahkan menghubungi perusahaan terkait, jika anda ingin mengetahui tarif dan minimum kuota pengirimannya.

Marking Code

Marking code adalah kode khusus untuk membedakan paket milik satu customer dengan milik customer yang lain. Marking code ini berbeda beda diantara setiap forwarder. Contoh marking code pengiriman via udara : ABC/AIR/BUDI. Cara membacanya adalah ABC sebagai kode perusahaannya, AIR adalah metode pengiriman via udara, dan BUDI adalah nama customer pemilik paketnya. Untuk mendapatkan marking code ini, silahkan teman teman menghubungi perusahaan forwarder yang digunakan. Setelah mendapatkan marking Code, nanti teman teman berikan kepada seller, supaya seller menuliskan marling code tersebut di paket yang dikirimkannya ke gudang forwarder.

Berat aktual dan berat volumetric

Ketika kita membahas tarif forwarder belanja di Alibaba tersebut diatas, kita menemukan istilah tariff Rp. 190.000 / Kg berat dan volume. Maksudnya seperti apa sih. Ini adalah skema atau cara menentuka berat barang berdasarkan berat aktual dan berat volumentrik nya. Apa sih perbedaaanya ?

Berat Aktual

Adalah berat yang didapatkan dengan menimbang barang tersebut. Jadi berat actual adalah berat fifik barang yang kita lihat berdasarkan timbangan nya.

Berat volumetrik

Adalah berat yang diperoleh dari hasil konversi volume barang menjadi kg. Ini digunakan untuk menghitung berat suatu barang yang memiliki volume besar, tetapi ringan sehingga makan tempat ketika dalam pengiriman.

Cara menghitung berat volumentrik

Cara menghitung berat volumetrik adalah dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

( P x L x T ) dibagi 6.000

Contoh :

Sebuah barang memiliki berat 5 Kg. Dengan ukuran paket Panjang 60 Cm, Lebar 40 Cm dan Tinggi 20 Cm). Maka perhitungan berat volumetriknya menjadi sbb :

( P x L x T ) / 6.000

( 60 x 40 x 20 ) / 6.000

= 48.000 / 6.000 = 8 Kg

Kesimpulan : Berat aktual paket adalah 5 Kg, sedangkan berat volumetriknya adalah 8 kg. Maka biaya pengiriman dengan skema forwarder akan dihitung dari 8 Kg. Bukan dari 5 kg.

Forwarder Alibaba rajabeli.com

Jika teman teman sedang berencana membeli barang dari Alibaba atau web eccomerce China lainnya, dan ingin menggunakan jasa pengiriman menggunakan forwarder, maka silahkan anda menghubungi kami, melalui KONTAK. Kami siap membantu teman teman mengirim barang dengan aman, mudah dan praktis dari Gudang kami di Guangzhou menuju Indonesia ( Jakarta ). Selanjutnya apabila alamat teman teman di Jakarta dan masuk area deliveri kami, maka barang akan dikirim ke alamat secara gratis. Atau jika alamat berada diluar kota, maka barang akan kami kirimkan lebih lanjut menggunakan ekspedisi lokal dalam negeri, dengan tambahan biaya kirim sesuai tarif yang berlaku. Atau bisa kami drop ke gudang jasa ekpedisi langganan anda.

Demikianlah penjelasan mengenai jasa forwarder Alibaba. Jika ada pertanyaan, silahkan menghungi kami, untuk penjelasan lebih detail dan terperinci. Salam sukses.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment