Jasa Forwarder
in Forwarder

Jasa Forwarder

Rajabeli.com menyediakan jasa forwarder, utamanya forwarder dari China ke Jakarta, terima beres barang sampai alamat anda.

Ketika kita berbicara tentang cara membeli barang dari China melalui situs Alibaba, 1688, taobao atau situs situs ecommerce China lainnya, maka akan terlintas istilah jasa pengiriman dengan forwarder, barang dari China. Masih banyak orang bertanya tanya, tentang apa itu forwarder ? bagaimana cara kerja forwarder ? dan apa keuntungan jika menggunakan skema forwarder untuk membeli dan mengirim barang dari China dibandingkan mengirim barang secara langsung menggunakan jasa pengiriman regular seperti pos, DHL, Fedex, UPS dan lain lainya. Dalam artikel ini akan kita bahas semuanya.

Apa itu skema forwarder ?

Secara sederhana, forwarder bisa diartikan sebagai sebuah perusahaan jasa yang melayani pengiriman barang antar negara. Jasa forwarder akan menerima barang dari penjual, mengurus pengiriman barang, mengurus izin impornya, mengurus semua hal yang berkaitan dengan kepabeanan termasuk membayarkan pajak dan bea masuknya. Berikut adalah skema kerja sistem forwarder yang perlu anda ketahui :

  1. Kita membeli barang dinegara asal, lalu meminta penjualnya mengirim barang ke gudang forwarder, di negara asal barang tersebut. Misalnya kita membeli barang dari China. Maka seller di China mengirimkan barang ke gudang pihak forwarder yang berada di China. Misalnya ke kota Guangzhou, Shanghai, Shenzen, Yiwu dll. Jadi kita perlu membayar harga barang ditambah ongkos kirim barang ke alamat gudang forwarder tersebut, kepada penjual.
  2. Selanjutnya pihak forwarder akan mengirimkan barang tersebut ke Indonesia, baik itu melalui jalur udara (pesawat) atau laut (Kapal). Jalur udara umumnya digunakan untuk mengirimkan paket dengan ukuran yang relatif kecil. Sedangkan jalur laut digunakan untuk mengirim paket dengan berat dan volume yang relatif lebih besar.
  3. Setelah barang sampai di Indonesia (umunya di Jakarta), pihak forwarder akan mengurus segala hal yang berkaitan dengan kepabeanan, seperti izin impor, membayar pajak, dll
  4. Setelah semua urusan kepabeanan selesai, maka selanjutnya pihak forwarder akan mengirimkan barang ke alamat pembeli. Jika alamat pembeli berada di Jakarta, umumnya pihak forwarder akan mengirim langsung ke alamat pembeli menggunakan armada sendiri, secara gratis. Sedangkan jika berada diluar kota Jakarta, atau diluar area delivery mereka, maka akan diteruskan menggunakan jasa ekspedisi lokal seperti JNE, TIKI, Dakota, Indah Cargo, dll ke alamat anda, dan menagih biaya kirim ekspedisi lokal sesuai tarif yang berlaku.

Keuntungan menggunakan jasa forwarder

Jasa forwarder banyak digunakan oleh mereka yang ingin mengimpor barang dalam jumlah yang relative besar, tetapi mereka tidak memiliki izin impor serta kemampuan untuk melakukan pengurusan kepabeanan secara mandiri. Beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan dengan menggunakan jasa pengiriman barang melalui skema forwarder adalah sebagai berikut :

  1. Dikatakan praktis, karena kita tinggal menyerahkan semua urusan kepada pihak jasa forwarder untuk mengurus semua teknis impor, izin impor, kepabeanan dan perpajakannya. Kita tinggal duduk manis dan menunggu barang dikirim ke alamat kita.
  2. Kita bisa impor dalam jumlah besar, walaupun kita belum memiliki perusahaan atau izin impor sendiri, yang dibutuhkan untuk mengimpor barang. Seperti diketahui bahwa batas maksimal impor barang yang bisa dilakukan oleh pribadi adalah sebesar maksimal $1500. Jika diatas itu, atau jika paket memiliki berat dan volume diatas 100 Kg, maka harus melampirkan izin impor, yang hanya bisa dimiliki jika kita memiliki sebuah badan usaha atau perusahaan.
  3. Biaya pengiriman + pajak yang dikeluarkan, lebih murah dibandingkan apabila kita mengirim langsung barang tersebut menggunakan skema pengiriman regular langsung seperti Pos, dhl, fedex, dll
  4. Kita bisa melakukan impor barang barang yang masuk dalam kategori pembatasan (lartas) yang memerlukan izin khusus. Hal ini disebabkan pihak forwarder lah yang memiliki izin impornya, jadi kita bisa menumpang izin impor tersebut.
  5. Kita bisa melakukan impor barang yang secara fisik memiliki berat dan volume yang besar. Ada banyak jenis barang dengan berat dan volume besar yang tidak bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman regular. Misalnya Mesin, Peralatan pabrik, dll. Selain lebih mudah, pengiriman barang besar dan berat menggunakan jasa forwarder juga lebih aman, karena kita bisa menggunakan packing khusus menggunakan wooden case dan wooden palet.

Jasa forwarder banyak beroperasi di negara yang menjadi sumber barang impor, seperti di China, Korea, Singapore, Amerika (USA), Inggris dan beberapa negara lainnya. Menurut pengalaman saya, jasa forwarder paling banyak berasal dari China. Hal ini disebabkan karena arus pengiriman barang dari China ke Indonesia paling besar, jika dibanding dengan negara negara lain. Jasa forwarder ini umumnya membantu para importir yang berbelanja dari Alibaba, 1688, taobao, Yiwugou, dll.

Dimana mencari jasa forwarder tersebut ?

Ada banyak pertanyaan terkait dengan dimana harus mencari jasa forwarder jika ingin berbelanja dari China ?. Apakah harus mencari di China atau di Indonesia ?. Dan siapa yang harus mencari jasa forwarder ini, apakah kita sebagai pembeli atau penjual di China ?. Jawabannya adalah, Kita sebagai pembeli yang harus mencari forwardernya sendiri lalu menginformasikannya kepada penjual di China. Dan mencarinya adalah di Indonesia. Jadi kita mencari jasa forwarder yang melayani pengiriman barang dari China ke Indonesia. Jasa ini bisa ditemukan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Batam, dll.

Bagaimana cara mencari perusahaan forwarder ?

Lalu bagaimana cara mencarinya ?. Anda bisa mencoba melakukan googling dengan kata kunci “jasa forwarder dari China ke Jakarta”, misalnya. Nanti akan muncul banyak jasa forwarder yang menawarkan jasanya disana. Silahkan pilih jasa forwarder yang ada, lalu lakukan kontak dan konsultasi dengan mereka, mengenai jasanya, skemanya, tarifnya, dll. Jika memungkinkan, anda bisa mendatangi kantor perusahaan forwarder tersebut, untuk lebih memastikan validitasnya. Pilih beberapa perusahaan jasa forwarder, lakukan komunikasi, lalu bandingkan seperti apa jasa mereka.

Jasa forwarder Rajabeli.com

Kami di Rajabeli.com juga menyediakan jasa forwarder barang dari China. Kami memiliki gudang yang beralamat di Guangzhou serta mengirmkan barang dengan tujuan Jakarta. Selanjutnya setelah barang sampai di Jakarta, maka kami akan mengirimkan barang ke alamat anda menggunakan ekspedisi yang menjadi langganan atau pilihan anda. Kami banyak melayani pengiriman / forwarder barang yang dibeli konsumen kami dari Alibaba, 1688, taobao dan dari website China lainnya. Jadi, jika anda membutuhkan jasa forwarder barang dari China, silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu anda mengirimkan barang dari China sampai ke alamat anda dengan praktis, mudah dan aman. Kami telah berpengalaman dalam mengirim paket dengan skema forwarder dari China sejak 6 tahun yang lalu. Kontak kami melalui HP/WA atau email seperti tertera dalam gambar dibawah ini. Terima kasih sudah berkunjung, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan, aamiin.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

One thought on “Jasa Forwarder

Post Comment