Istilah Istilah dalam Pengiriman J&T Express
in Kurir

Istilah Istilah dalam Pengiriman J&T Express

Salah satu layanan ekspedisi atau jasa pengiriman express yang terbilang cukup baru diantara layanan ekspedisi lainnya di Indonesia, yaitu J&T Express. Meskipun terbilang cukup baru dibanding layanan serupa lainnya, namun istilah pengiriman J&T Express saat ini sudah cukup dikenal dan kian populer di tengah masyarakat, karena pelayanannya yang tak kalah memuaskan. Sama halnya dengan jasa pengiriman lainnya, J&T Express ini muncul ke permukaan sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang berbasis teknologi. Sebagai upaya promosi, perusahaan inipun kian bekerjasama dengan situs-situs e-commerce besar yang ada di Indonesia. Bahkan tanpa tanggung-tanggung mengeluarkan penawaran layanan gratis ongkos kirim bagi para pembeli hingga gratis jemput paket bagi para penjual online.

Keunggulan J&T Express

J&T Express adalah salah satu layanan ekspedisi atau jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman dalam kota, hingga antar kota maupun antar provinsi. Layanan ini cukup terkenal dengan layanan antar jemput barangnya ke alamat pelanggan. Setidaknya ada beberapa keunggulan dari layanan ini yang perlu untuk Anda ketahui, diantaranya yaitu:

  1. J&T Express mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia
  2. J&T Express memiliki sistem pelacakan tepat waktu
  3. Layanannya tersedia di playstore, appstore, dan website
  4. Layanannya beroperasi tanpa mengenal hari libur
  5. J&T Express memiliki pelayanan hotline konsumen selama 24 Jam
  6. Memiliki penawaran harga reguler dengan pelayanan extra-reguler
  7. Proses klaim terbilang cukup cepat, yakni maksimal dalam 3 hari

Istilah-istilah dalam J&T Express

Bagi Anda yang tidak asing lagi dengan istilah pengiriman J&T Express, mungkin juga sudah cukup familiar dengan istilah tracking atau pelacakan posisi paket yang sedang dikirim. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa istilah pengiriman dari layanan ini yang juga perlu Anda ketahui ketika Anda melakukan proses tracking tersebut. Berikut adalah beberapa istilah dalam proses pengiriman barang J&T Express yang mungkin kerap kali akan Anda temui.

1. Gateway

Istilah ini merujuk pada kode lokasi paket yang umumnya akan menggunakan format seperti KODEKOTA_GATEWAY. Misalnya, ketika Anda menemui kata SUB_GATEWAY, maka artinya adalah paket Anda sedang berada di gudang J&T Express Surabaya untuk disortir sebelum akhirnya dikirim ke alamat pembeli. J&T express menggunakan daftar kode bandara sebagai referensi Gateway atau gudang porses sortir.

2. Sprinter/sprinter sedang mengirim

Istilah Sprinter dalam hal ini artinya adalah kurir. Sprinter Sedang Mengirim berarti paket telah tiba di daerah tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh kurir atau Sprinter yang bersangkutan. Nama dari kurirnya juga akan tertera dalam hasil pengecekan resi.

3. Bermasalah

Istilah ini biasanya akan muncul jika sedang terjadi masalah dalam pengiriman. Maslah-masalah yang mungkin terjadi, diantaranya yaitu alamat yang tertera mungkin saja salah atau Sprinter belum menemukan alamat tujuan.

4. Simpan

Istilah ini menginformasikan bahwa paket Anda sedang tidak memungkinkan untuk dikirim ke alamat Anda pada saat itu juga. Penyebabnya bisa jadi karena ada kendala jarak atau waktu yang sudah larut malam, sehingga harus disimpan terlebih dahulu di cabangnya atau Drop Point.

5. Scan, Sedang Menjalankan Simpan Scan, Sedang Bermasalah Scan

Istilah Scan menginformasikan kepada pembeli bahwa paketnya telah diupdate status pengirimannya dan sudah dalam proses pengiriman. Sementara Sedang Menjalankan Simpan Scan berarti paket telah tiba di Drop Point J&T namun belum bisa langsung diproses ke tahap selanjutnya karena sedang berada di luar jam kerja atau Sprinter sedang mengalami overload antaran. Paket akan disimpan untuk sementara waktu dan baru akan diproses keesokan harinya.

Sementara itu, jika status pengiriman Sedang Bermasalah Scan, itu artinya paket telah tiba di Drop Point J&T, namun belum bisa diproses karena permasalahan internal maupun eksternal, seperti sistem error, paket berisi barang yang dilarang oleh hukum, alamat tidak jelas, paket tercecer atau salah drop pada saat proses sorting, dan lain sebagainya.

6. Invalid Airway Bill

Istilah ini akan muncul apabila nomor resi yang diinput pada saat proses tracking salah atau tidak sesuai. Istilah ini juga bisa muncul ketika server tracking sedang mengalami gangguan atau down. Jika server sedang down, kode resi tidak akan berhasil dilacak baik melalui perantara apapun.

7. Paket Sudah diterima

Istilah pengiriman J&T Express satu ini mungkin saja adalah istilah yang paling dinanti-nantikan. Jika status pengiriman sudah mengatakan Paket Sudah diterima atau Sudah Diterima, artinya paket tersebut sudah sampai ke tangan penerima. Biasanya, nama dari penerima akan ikut tercantum di status tracking, sebab bukan tidak mungkin Anda sedang tidak berada di tempat ketika paket telah sampai. Sehingga penerima paket bisa jadi bukanlah pemilik dari paket tersebut.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment