Investasi Anti Inflasi dengan Tabungan Emas Pegadaian
in Bank

Investasi Anti Inflasi dengan Tabungan Emas Pegadaian

Memilih investasi di logam mulia khususnya emas sama seperti menabung. Hanya saja nilainya tidak akan terpengaruh lonjakan inflasi. Jika seseorang sekarang punya sejumlah dana yang ditempatkan di bank, nilainya mungkin saja merosot gara-gara inflasi. Karena itu menabung dalam bentuk emas adalah langkah tepat, salah satunya di pegadaian. Bagaimana prosedur membuka tabungan emas pegadaian?

Saldo sebesar Rp.10 juta tahun lalu biasanya lebih tinggi dibanding nilainya tahun depan. Fakta itulah yang perlu dipertimbangkan mulai hari ini jika nasabah cuma menyimpan dana di bank. Sebagai langkah antisipasi, membuka tabungan emas pegadaian adalah pilihan cerdas. Sebagaimana dimengerti selama ini, tiap tahun harga emas cenderung meningkat dan hampir tak mungkin turun drastis. Informasi terbaru, harga emas Antam bulan Agustus 2020 sebesar Rp1.026.000 / gr. Konsumen dapat memantau sendiri harga emas dengan mengunjungi situs resmi pegadaian atau Antam.

Pastinya, tabungan emas pegadaian dapat sebagai pilihan investasi resiko rendah demi mencapai cita-cita finansial yang diinginkan. Tabungan emas pegadaian adalah fasilitas pembelian maupun penjualan emas berbentuk logam mulia layaknya menabung. Dana yang dibutuhkan untuk investasi emas dengan metode yang persis dengan menabung ini cukup murah. Mulai dari berat 0,01 gram.

Kelebihan Tabungan Emas Pegadaian

Sebagai bentuk investasi masa depan, membuka tabungan emas pegadaian pasti banyak keuntungan yang diberikan. Berbagai kelebihan tabungan emas pegadaian antara lain adalah :

  • Dapat diproses via online dengan membuka layanan resmi website Pegadaian di alamat pegadaian.co.id.
  • Dana yang dibutuhkan murah. Nasabah boleh menabung ke rekening Tabungan Emas dari 0,01 gr.
  • Jika dana di tabungan emas telah terkumpul banyak misalnya sebanding harga 5 gr emas, nasabah boleh menukarkannya ke emas batangan dalam bentuk logam mulia Antam.
  • Aman sebagai alternatif investasi jangka pendek atau jangka panjang untuk melindungi portofolio aset sehingga tak termakan angka inflasi.
  • Emas logam mulia merupakan jenis investasi yang sangat likuid artinya dapat diuangkan setiap saat ketika membutuhkan uang tunai.
  • Pihak Pegadaian menggaransi jika emas yang diterima nasabah merupakan emas dengan nilai 24 karat.
  • Tabungan emas Pegadaian dijalankan dengan profesional sekaligus terbuka. Nasabah bisa memilih buyback atau pembelian kembali dari berat 1 gram ataupun menabung dari 0,01 gram.

Prosedur Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Cara membuat rekening tabungan emas pegadaian tak ada kata sulit. Nasabah boleh membuka rekening via online maupun datang langsung. Bila memilih cara datang langsung, cukup pergi ke kantor pegadaian dekat rumah. Yang akan diminta yaitu fotokopi KTP milik sendiri, lalu melengkapi lembar isian pembukaan Rekening Tabungan Emas. Calon nasabah pun diharuskan membayar biaya admin Rp10 ribu ditambah biaya layanan penitipan untuk setahun yang hanya Rp30 ribu. Selanjutnya, tahap pembelian emas dengan kelipatan 0.01 gram mengikuti harga emas hari itu. Umpamanya bila konsumen hendak membeli 1 gr emas 26 Desember 2020, berarti harga beli senilai Rp.911.600.

Jika nasabah ternyata sedang memerlukan uang cash, saldo titipan emas pegadaian tadi bisa dijual lagi atau buyback di pegadaian paling sedikit 1 gram dengan datang langsung ke kantor pegadaian dimana membuka rekening. Cukup dengan menunjukkan buku tabungan dan juga menyerahkan KTP asli. Jika konsumen menginginkan emasnya dalam bentuk fisik, bisa mengajukan order cetak yang pilihannya adalah 5 gram, 10 gram, 25 gram,  50 gram, dan 100 gram. Ada biaya yang harus dibayar untuk itu. Sementara bila ingin menabung, konsumen dapat menyetorkan uang di gerai Pegadaian, dan juga ATM bank. Paling sedikit saldo tabungan emas pegadaian cuma 0.1 gram sementara untuk setoran dari 0,01 gram. Maksimal per hari nasabah dapat menyetorkan 100 gram.

Cara lain membuka tabungan emas pegadaian adalah via online. Mekanismenya malah lebih mudah dibanding datang langsung. Pertama adalah mendownload aplikasi Pegadaian Digital yang bisa didapatkan di Google Playstore untuk Android. Buka aplikasinya dan di halaman depan ada lembar isian permohonan pembukaan rekening tabungan emas.  Pemohon pun harus mengunggah foto KTP yang dimiliki. Sementara bila hendak meminta buku tabungan emas dalam bentuk fisik, nasabah mesti berkunjung ke gerai pegadaian paling lambat 6 bulan dari pendaftaran di aplikasi.

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment