Inovasi Drop Point J&T Express
in Kurir

Inovasi Drop Point J&T Express

J&T Express merupakan pemain baru layanan ekspedisi atau pengiriman barang yang langsung banyak diminati konsumen. Tak terhitung pelaku usaha online yang bekerja sama dengan J&T Express ini. J&T Express memang bukan layanan pengiriman barang biasa, perusahaan ini menawarkan terobosan baru yaitu Drop Point. Drop Point adalah sistem pengiriman barang terintegrasi yang akan mempercepat proses.

Apa Itu Drop Point J&T Express

Langkah pertama ketika mengirim paket yaitu menyerahkan barangnya kepada pegawai J&T Express. Saat akan mengirim paket, sebaiknya konsumen memang harus menyiapkan paket dalam kemasan yang sesuai sehingga tak bermasalah nantinya di perjalanan. Bila paket itu adalah makanan atau barang elektronik maka perlu packing spesifik untuk menjaga keutuhan barang sampai tiba di tujuan.

Sesudah paket dipersiapkan, maka selanjutnya membawanya ke kantor Drop Point J&T Express. Drop Point merupakan kantor penghubung dari pihak kurir dengan konsumen. Itulah salah satu beda dari J&T Express dengan perusahaan pengiriman yang lain. Apabila agen layanan pengiriman lain umumnya berupa waralaba yang dijalankan perseorangan maka drop point J&T Express ditangani menerapkan sistem sentralisasi. Sehingga, seluruh titik drop point di tanah air punya waktu operasional sama, malah juga tetap memberikan layanan ketika hari libur nasional.

Apabila konsumen tak memiliki waktu dalam membawa paket menuju Drop Point, maka bisa menggunakan terobosan lain yang diberikan J&T Express. Seperti diketahui, J&T Express menghadirkan fasilitas penjemputan paket ke lokasi konsumen. Fasilitas yang disediakan itu pun bisa digunakan untuk segala macam paket. Tanpa batas minimal berat atau jumlah agar bisa menikmati kemudahan ini. Hanya dengan membuka aplikasi J&T Express ataupun juga menghubungi kantor Drop Poin setempat, otomatis pihak J&T akan menugaskan sprinter mengambil paket milik konsumen.

Warehouse J&T Express

Tatkala paket telah diantarkan ke Drop Point, apakah dibawa konsumen sendiri atau dijemput kurir, maka konsumen langsung memberikan kuitansi sebagai bukti pembayaran. Di situ pun tertera nomor resi (airway bill) yang selanjutnya dapat dimanfaatkan melacak posisi terakhir paket. Tak seperti perusahaan pengiriman lain yang menempatkan nomor resi di situs mereka pada jam tertentu, nomor resi J&T Express bisa langsung aktif kurang-lebih 30 menit sesudah paket tiba di Drop Point.

Setelah di Drop Point, paket selanjutnya akan dibawa menuju warehouse atau gudang yang ada di kota tujuan. Akan tetapi, sebagian pengiriman tentu saja tak dapat langsung tiba di kota tujuan. Digunakan yang namanya kota transit sebelum paket tiba di warehouse penerima. Akan tetapi, tahap transit tersebut berlangsung cepat, tak sampai 1 hari.

Begitu melalui tahap penyortiran dalam gudang kota penerima, paket saat itu juga dibawa ke tiap-tiap Drop Point J&T Express terdekat dengan alamat  penerima. Tahap pengiriman tersebut umumnya tak lebih dari 1 hari. Pada sistem J&T Express, paket yang datang harus cepat ditindaklanjuti tanpa harus menumpuk lebih dulu dalam warehouse.

Sesampainya paket di titik Drop Point, J&T Express akan segera menugaskan kurir agar mengirimkan paket. Sebagaimana mekanisme di warehouse, Drop Point juga mengaplikasikan sistem khusus supaya tak terjadi penumpukan paket. Paket yang tiba akan diberikan ke sprinter agar dilakukan pengiriman.

Malah, bila pada tahap ini konsumen sedang melacak nomor resi maka mereka dapat melihat nama sprinter yang diserahi tugas mengirimkan paket sampai ke tujuan. Sprinter itu pun selanjutnya akan membagikan nomor Hp yang dapat dihubungi ke penerima kalau memang mereka perlu fasilitas penjemputan paket pada pengiriman selanjutnya.

Kelebihan Lain J&T Express

Sebagai salah satu pemain utama industri ekspedisi di tanah air, J&T Express memang menawarkan banyak kelebihan. Selain Drop Point di atas, J&T Express pun hadir melayani dengan tarif yang murah. Makanya perusahaan ini banyak dipilih konsumen saat berbelanja di situs belanja.

Selain itu, kelebihan J&T Express juga area coverage yang hampir mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Berbelanja atau berjualan online pun makin nyaman berkat hadirnya perusahaan pengiriman yang satu ini. Yang juga membuat konsumen memilih J&T Express yaitu tracking system yang bersifat real time sehingga konsumen mendapat kepastian sudah sampai dimana paket yang diceknya.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment