Ini Lho Perusahaan Besar yang Ada Dibawah Kendali Alibaba Group
in Alibaba

Ini Lho Perusahaan Besar yang Ada Dibawah Kendali Alibaba Group

 

Group perusahaan Alibaba yang merupakan sebuah perusahaan e-commerce terbesar di China merupakan sebuah grup perusahaan yang punya banyak kendali untuk berbagai perusahaan besar lainnya.

Sampai detik ini, perusahaan yang berdiri pada tahun 1999 dan didirikan oleh Jack Ma ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di China yang beroperasi di berbagai bidang. Di bawahnya banyak anak perusahaan yang sudah berdiri.

Lantas apa sajakah anak perusahaan yang bernaung di bawah grup perusahaan Alibaba? Disini kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

Perusahaan Besar yang Ada Dibawah Kendali Alibaba Group

South China Morning Post

Pada tanggal 5 April 2016, South China Morning Post secara resmi menjadi bagian dari perusahaan Alibaba Group. Alibaba sendiri mulai melakukan pembelian atas South China Morning Post sejak bulan Desember 2015 dan memiliki dana sekitar US$264 juta.

Kini perusahaan besar yang berada di bawah naungan Alibaba Group ini telah beralih menjadi bagian dari media digital yang secara bebas dapat diakses siapa saja.

Auto Navi

Auto Navi merupakan sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 2001 dan menjadi penyedia data pemetaan untuk Google sejak tahun 2006 silam. Auto Navi juga turut menjadi penyedia data pemetaan untuk Apple dimana sejauh aplikasi ini ada, Auto Navi telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Taobao

Dari awal, perusahaan ini memang telah menjadi perusahaan Alibaba. Taobao adalah bagian dari Alibaba Group sejak pertama kali ada. Taobao diluncurkan pada bulan Mei 2003 pertama kalinya sebagai website belanja online yang ada di China.

Taobao sendiri memberikan berbagai macam fasilitas belanja consumer to consumer yang juga menerima transaksi dari berbagai negara lain, termasuk Indonesia. Pada tahun 2017 silam, Taobao berhasil mencatatkan volume transaksinya sampai dengan 3 triliun yuan.

AliPay

AliPay merupakan sebuah platform pembayaran online yang berdiri sejak tahun 2004 dan didirikan oleh Jack Ma. Kini AliPay diklaim menjadi sebuah platform pembayaran online terbaik di China yang sudah terhubung ke 65 lembaga keuangan seperti halnya Mastercard dan Visa.

Alibaba Pictures Group

Alibaba Pictures Group merupakan sebuah perusahaan perfilman yang awalnya bernama China Vision Media. Kemudian berubah nama menjadi Alibaba Pictures Group pada tahun 2014. Sekitar 60% saham Alibaba Pictures Group dipegang oleh Alibaba Group dan dibeli dengan nilai US$ 804 juta.

Aliwangwang dan Laiwang

Aliwangwang diperkenalkan oleh Alibaba Group pertama kali pada tahun 2004 sebagai layanan pesan instan yang memudahkan interaksi penjual dan pelanggan di Taobao secara online. Aliwangwang juga berhasil menjadi salah satu platform pengirim pesan instan terbesar kedua yang ada di China.

Kemudian setelah keberhasilan Aliwangwang, pada tahun 2013 Alibaba kembali meluncurkan layanan pesan lain yang diberi nama Laiwang. Aplikasi ini hadir menjadi pesaing bagi Tencent dan WeChat.

Ali Health Information Technology

Perusahaan di bidang kesehatan juga didirikan oleh Alibaba Group dan diberi nama Ali Health Information Technology. Perusahaan ini mulai beroperasi sejak tahun 2014 silam. Diketahui bahwa Alibaba memang sangat serius mengerjakan bisnis kesehatan dengan mengembangkan platform perawatan kesehatan yang diberi dana mencapai US$ 448,3 juta rupiah.

Lazada

Lazada pada tahun 2016 tepatnya di bulan Juni menjadi salah satu perusahaan Alibaba yang didanai sebesar US$ 1 milyar rupiah. Kantor pusatnya berada di Singapura. Kemudian pada tahun 2017, Alibaba kembali menyuntikkan dana sebesar US$ 1 milyar rupiah kembali dimana suntikan dana tersebut menjadikan Lazada memiliki sekitar 83% saham Lazada pada akhirnya.

Itulah berbagai macam perusahaan besar yang ada di bawah kendali Alibaba Group. Semoga informasi yang kami berikan diatas semakin menambah wawasan Anda.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment