Ini Dia Kelebihan Ethereum Dibanding Mata Uang Kripto Lain
in Crypto

Ini Dia Kelebihan Ethereum Dibanding Mata Uang Kripto Lain

Anda pasti hidup di dalam tempurung jika istilah seperti Bitcoin atau cryptocurrency sedikitpun tidak Anda ketahui. Surat kabar, situs berita, hingga blog kompak memberitakan fenomena mata uang digital tersebut. Ethereum adalah salah satu mata uang kripto yang sedang hits akhir-akhir ini. Bagaimana memulai investasi dan apa keunggulan Ethereum?

Mengenal Teknologi Kripto

Untuk memahami apa itu Ethereum, Anda harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan sebelumnya tentang cryptocurrency. Ethereum, seperti pendahulunya Bitcoin (2009), adalah bentuk mata uang generasi baru, mata uang digital yang lebih dikenal sebagai cryptocurrency. Coin adalah mata uang cryptocurrency. Semua jenis cryptocurrency yang bukan Bitcoin termasuk dalam kategori Altcoin. Satoshi Nakamoto secara tidak sengaja berhasil menciptakan mata uang digital baru. Dia telah menemukan cara untuk mengembangkan sistem pembayaran digital terdesentralisasi: sistem pembayaran tanpa entitas pusat misalnya bank atau pemerintah.

Dengan uang kripto, pihak ketiga seperti itu tidak lagi berperan dalam transaksi antara dua pihak. Dalam kasus ‘normal’, mata uang tradisional, seperti pihak ketiga, server pusat (bank), melakukan tugas penting: memeriksa apakah jumlah tertentu tidak dibelanjakan dua kali (pengeluaran ganda). Ini dilakukan dengan melacak semua transaksi dan saldo. Ada otoritas yang mengontrol uang nasabah dan menyimpan semua data pribadi nasabah. Dalam jaringan terdesentralisasi seperti cryptocurrency, setiap peserta harus melakukan pekerjaan tersebut sendiri. Itu dilakukan melalui Blockchain.

Blockchain adalah serangkaian blok yang berisi data tentang transaksi yang dilakukan. Pengguna juga dapat melihatnya sebagai buku besar, di mana semua transaksi yang pernah dilakukan dalam jaringan disimpan, dan tersedia untuk semua orang. Siapa pun di jaringan dapat melihat saldo akun apa pun. Namun, transaksi masih perlu dikonfirmasi. Selama transaksi tetap belum dikonfirmasi maka itu bisa dipalsukan. Pekerjaan tersebut berada di pundak para penambang (miner). Mereka melakukan pekerjaan menambang (mining) dengan modal komputasi. Para penambang dihargai untuk pekerjaannya tersebut. Imbalan (biaya) ini diakumulasikan selama proses penambahan blockchain ke buku besar.

Berbagai fitur lain dalam melakukan transaksi cryptocurrency meliputi:

  • Transaksi dilakukan oleh pengguna dengan kunci pribadi dan e-wallet.
  • Transaksi dapat dilakukan dari seluruh dunia, dengan siapa saja. Semua jenis mata uang dapat ditukar dengan cryptocurrency.
  • Transaksi tidak dapat dibatalkan. Ini karena sebagian besar altcoin menggunakan teknologi blockchain, dan transaksi yang dilakukan dengannya tidak dapat dengan mudah dibatalkan. Setelah transaksi ditulis dalam buku besar umum, dan dikonfirmasi oleh node lain (pengirim pesan) di jaringan, semakin sulit untuk memodifikasi transaksi, karena semakin banyak blok ditambahkan ke urutannya.
  • Pengguna dapat bekerja secara anonim. Blockchain dari sebagian besar cryptocurrency dirancang sedemikian rupa sehingga identitas pengguna tetap terlindungi. Itu tidak pernah ada di blockchain. Transaksi biasanya dilakukan melalui alamat publik, dan bukan melalui nama atau detail lain yang mengungkapkan identitas dapat diberikan kepada pengguna. Namun, alamatnya dapat dilacak, tetapi bukan milik siapa alamat itu.
  • Transaksi sangat cepat, hanya dalam beberapa menit.

Apa Itu Ethereum

Ethereum adalah platform perangkat lunak terbuka (global) berdasarkan teknologi blockchain, yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan menyebarkan aplikasi terdesentralisasi. Tidak seperti Bitcoin, blockchain Ethereum (mirip dengan infrastruktur) berfokus pada menjalankan kode pemrograman aplikasi terdesentralisasi. Ini memungkinkan pengembang untuk menciptakan pasar, menyimpan catatan utang atau janji, memindahkan dana sesuai dengan instruksi sebelumnya (misalnya surat wasiat), dan banyak hal lain yang belum ditemukan, semuanya tanpa risiko perantara atau pihak lawan.’

Dengan kata lain, Ethereum dapat digunakan untuk mengenkripsi, mendesentralisasikan, menangkap, dan memperdagangkan apa saja: nama domain, pertukaran keuangan, crowdfunding, kontrak, kekayaan intelektual, dll. Ethereum menggunakan kontrak pintar untuk itu. Ini membantu pertukaran uang, properti, saham, dll., secara transparan, bebas konflik, menghindari kebutuhan akan pihak ketiga. Mekanismenya dilakukan secara mandiri.

Di blockchain Ethereum, penambang dihargai dengan Ether (ETH). Ini adalah mata uang dari jaringan Ethereum. Seperti Bitcoin, ether dapat diperdagangkan dan ‘ditambang’ di internet. Ini juga dianggap sebagai semacam token kripto yang bertindak sebagai bahan bakar (pendanaan) untuk jaringan. Misalnya, Ether digunakan oleh pengembang aplikasi untuk membayar biaya transaksi dan layanan di jaringan Ethereum.

Masyarakat yang ingin berjual-beli Ethereum (Ether) bisa melalui salah satu platform perdagangan Ethereum yang populer. Platform tersebut memudahkan pengguna untuk membeli Ether seperti halnya melakukan pembayaran online. Penting untuk membedakan antara platform Ethereum asli yang memungkinkan pengguna menjual Ether, dan platform di mana pengguna hanya bisa berspekulasi tentang harganya. Yang terakhir tidak memberi pengguna akses ke koin Ether dimana pengguna tidak dapat mengirimnya ke orang lain. Pengguna hanya dapat membeli dan menjual Ethereum di sana dengan mata uang fiat (Euro, Dolar, dan lainnya.).

Untuk membeli dan menjual Ether pada platform seperti itu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Mendaftar di platform Ethereum. Untuk itu, pengguna harus memberikan sejumlah data pribadi.
  • Pengguna kemudian menyelesaikan pemeriksaan KYC/identitas. Sebelum/setelah deposit, atau sebelum penarikan, platform “Know Your Customer” (KYC) dan Anti-Money Laundering (AML) harus melakukan pengecekan. Untuk melakukannya, pengguna harus memberikan bukti alamat dan foto untuk identifikasi.
  • Pilih metode setoran. Setiap platform Ethereum menawarkan metodenya sendiri. Biasanya bisa berupa transfer bank, kartu kredit atau pembayaran PayPal. Setiap platform kemungkinan akan mengenakan biaya untuk setiap metode deposit.
  • Setor deposit harus dilakukan pengguna. Dibutuhkan 24 jam hingga beberapa hari agar dana deposit itu masuk ke akun di platform. Durasi deposit dapat bervariasi sesuai platform dan metode deposit yang dipilih.
  • Pengguna sudah bisa mulai membeli Ether dengan dana yang disetorkan. Setelah saldo ada di akun maka pengguna dapat memakainya untuk membeli Ether. Cara lain yang mungkin untuk mendapatkan Ether adalah menukarnya dengan koin lain yang sudah dimiliki, seperti Bitcoin.

Keunggulan Ethereum

Sebagai informasi, harga satu koin Ethereum pernah menyentuh nominal 3.500 dollar Amerika yang setara dengan Rp 50,75 juta. Malah, ethereum adalah mata uang kripto terbesar kedua sesudah crypto Bitcoin. Ada beberapa keunggulan Ethereum sehingga layak untuk dikoleksi. Pertama, kelebihan Ethereum yaitu punya pendiri yang jelas. Di samping itu, ethereum pun dibangun oleh berbagai pengembang berbeda dari seluruh dunia. Karenanya ethereum merupakan salah satu platform  mata uang kripto yang dapat dipercaya. Apalagi dengan adanya blockchain maka membuat mata uang Ethereum ini  pun menerapkan konsep desentralisasi sebagai opsi menarik untuk sektor keuangan dunia sekarang ini.

Sementara kekurangan Ethereum sebagai cryptocurrency yaitu punya volatilitas tinggi. Inilah kenapa, harganya dapat saja melonjak tinggi dalam waktu singkat dikarenakan suatu sebab tertentu. Hanya saja, harganya pun bisa saja sekonyong-konyong terjun bebas hanya karena rumor yang tak jelas. Sehingga investor harus pintar melakukan analisis atau memperhatikan situasi supaya terhindar dari kerugian.

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment