Ini Cara Packing Paket Yang Aman
in Umum

Ini Cara Packing Paket Yang Aman

Belanja online internasional saat ini sudah menjadi hal yang jamak bagi kebanyakan orang di Indonesia. eBay, amazon, aliexpress, Alibaba adalah situs marketplace dunia yang banyak dikunjungi orang untuk membeli barang yang mereka butuhkan. Sebagian orang belanja barang dari luar negeri karena memang membutuhkan barang tersebut untuk kebutuhan pribadi, tetapi banyak juga yang membeli barang untuk dijual Kembali di Indonesia, alias untuk alasan bisnis.

Jika anda sering belanja barang dalam jumlah besar, terutama dari China, entah itu melalui Alibaba, aliexpress, 1688, Taobao atau web ecommerce lainnya, pasti anda pernah berpikir, aman nggak sih kalau mengirimkan barang dari China ke alamat kita ?. Tidak sedikit yang khawatir mengenai hal ini karena mereka berpikir bahwa mengirim barang dalam negeri saja bisa mengalami kerusakan, bagaimana kalau pengiriman dari luar negeri ?

Kunci dari keamanan pengiriman barang dari luar negeri adalah di kekuatan packing yang digunakan seller. Penggunaan packing yang kuat dan sesuai standar, akan sangat berpengaruh pada keamanan dan keutuhan barang yang kita beli. Banyak seller memiliki standar packing yang kuat dan aman. Tetapi banyak juga seller yang mengirimkan barang ala kadarnya, sehingga riskan mengalami kerusakan dalam perjalanan. Dan seperti kita ketahui, bahwa kerusakan barang dalam perjalanan tidak ada jamian atau garansi nya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa ditempuh untuk menghindari kerusakan barang akibat packing yang kurang ditangai dengan benar.

  1. Beli barang berdasarkan kelipatan barang sesuai standar packing dari pabrik atau seller. Misalnya, kita membeli botol, dan pabrik memiliki standar packing 60 pcs per Karton. Maka belilah dalam kelipatan 60 pcs, jadi lebih mudah dalam membuat packing dan pengiriman. Beda jika kita membeli 100 Pcs, maka akan ada satu kardus berisi 60 pcs dan satu kardus berisi 40 pcs. Nah kardus kedua yang berisi 40 Pcs ini berpotensi barangnya akan mengalami kerusakan, karena ada rongga yang terdapat dalam kardusnya.
  2. Selalu minta kepada seller untuk menggunakan packing yang kuat. Hal ini jarang diperhatikan orang. Kebanyakan orang komunikasi dengan seller hanya seputar harga dan ongkos kirim. Mencari harga dan ongkos kirim yang murah, tetapi melupakan kita perlu packing yang kuat untuk keamanan paket kiriman kita.
  3. Minta seller melapis paket dengan karung plastik. Karung plastik akan membantu paket lebih aman selama pengiriman. Selain lebih aman dari kemungkinan kelembaban, karung plastic juga membantu packing menjadi lebih kuat.
  4. Minta seller mengirim dengan paking peti kayu. Untuk barang yang bersifat Fragile, yang berat atau besar, maka paking menggunakan peti kayu adalah sebuah keharusan. Bicarakan kepada seller untuk menggunakan paking kayu demi keamanan paket kiriman anda.
  5. Gunakan pengiriman menggunakan Palet Kayu. Jika kita melakukan pengiriman barang yang dikemas menggunakan kardus, dengan jumlah banyak, serta menggunakan skema pengiriman dengan forwarder laut, maka menggunakan Pallet kayu, akan membantu “mengamankan” paket anda.
  6. Jika perlu, minta seller membuat video mengenai packing paket anda sebelum dikirim, untuk memastikan bahwa barang telah dipacking dengan aman

Demikianlah beberapa tips yang bisa digunakan untuk “memgamankan” paket yang kita kirim dari China ke Indonesia, baik itu melalui pengiriman langsung maupun pengiriman menggunakan skema forwarder. Sekali lagi perlu kita ingat, bahwa kerusakan barang selama pengiriman, tidak dicover oleh asuransi. Klaim asuransi hanya bisa dilakukan jika terjadi kehilangan atas barang yang dikirim tersebut.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment