Impor Pakaian Bekas dari Alibaba, Bisa kah ?

 

Akhir akhir ini banyak customer rajabeli.com atau member di group facebook belajar impor alibaba bertanya tentang bagaimana cara impor atau membeli pakaian bekas, sepatu bekas bal balan dari China, khususnya Alibaba. Apakah bisa hal ini dilakukan ?.

Saat ini serbuan pakaian bekas, sepatu bekas dan tas bekas bal balan dari China banyak masuk ke Indonesia. Dan peminatnya juga cukup besar. Mungkin karena harga yang sangat murah dengan kualitas yang lumayan, telah menarik banyak orang untuk menjadikannya sebagai lahan bisnis. Dengan perputaran yang cepat, nampaknya bisnis pakaian bekas bal balan ini cukup menggiurkan banyak orang.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana cara mendatangkan pakaian bekas ini ke Indonesia ? Apakah ini bisa dilakukan dengan izin legal ?.

Seperti kita ketahui, bahwa segala Sesuatu yang berkaitan dengan impor, telah diatur oleh pemerintah baik itu dalam bentuk Undang Undang maupun Peraturan Menteri Perdagangan. Dan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 51/M-Dag/Per/7/2015 Tahun 2015 tentang Larangan Impor Pakaian Bekas, dijelaskan bahwa Impor pakaian bekas termasuk dalam kategori barang yang dilarang dan tidak boleh dilakukan. Artinya sebenarnya impor pakaian bekas secara bal balan itu melanggar hukum dan termasuk dalam kegiatan ilegal. Importir yang melakukan kegiatan impor barang yang masuk dalam kategori larangan, diancam dengan hukuman paling lama 5 tahun dan atau pidana denda paling banyak 1,5 Miliar Rupiah.

Berikut adalah beberapa tautan tentang berita terkait dengan peyelundupan pakaian bekas :

  1. https://regional.kompas.com/read/2016/01/04/09133551/Penyelundupan.Pakaian.Bekas.Senilai.Rp.1.5.Miliar.Digagalkan (di akses tanggal 10 Juli 2020, jam 7.57)
  2. https://batam.tribunnews.com/2016/01/22/baku-tembak-selama-30-menit-setelah-penyelundup-pakaian-bekas-tembak-aparat-tni-dengan-ak47 ( di akses tanggal 10 Juli 2020, jam 7.57)
  3. https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/05/20/n5vnk0-penyelundupan-700-karung-pakaian-bekas-digagalkan ( di akses tanggal 10 Juli 2020, jam 7.57)

Kita juga bisa menyimak pembahasan mengenai Larangan Impor Pakaian Bekas disini https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt56a826fd89e27/larangan-impor-pakaian-bekas/ ( di akses tanggal 10 Juli 2020, jam 7.59).

Demikianlah penjelasan mengenai adakah cara impor pakaian bekas dari Alibaba ?. Atau apakah impor pakaian bekas bal balan itu bisa dilakukan secara legal ?. Semoga bermanfaat untuk pengetahuan kita semua. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *