Harga Janda Bolong Dua Warna dan Cara Budidayanya
in Home and Garden

Harga Janda Bolong Dua Warna dan Cara Budidayanya

Sebelum membahas tentang harga janda bolong dua warna, kita akan membahas tentang apa saja jenis dari janda bolong dua warna. Ada dua jenis tanaman hias janda bolong dua warna yang paling terkenal yaitu janda bolong varigata dan janda bolong dubia.

Keduanya dibanderol dengan harga yang berbeda dan memiliki ciri keunikan masing – masing. Akan tetapi janda bolong varigata lebih populer dan lebih banyak dicari dibandingkan janda bolong dubia. Selengkapnya bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Harga Janda Bolong Dua Warna dan Cara Budidayanya

Harga janda bolong dua warna jenis varigata dibanderol ratusan juta rupiah. Sementara janda bolong dubia yang memiliki model daun menyerupai tanaman sirih dan merupakan jenis tanaman epifit dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan varigata.

Akan tetapi memang keunikan janda bolong varigata lebih membuat orang tertarik untuk memilikinya dibandingkan tanaman janda bolong dubia. Janda bolong varigata bisa didapatkan mulai harga 10 juta rupiah sampai 100an juta rupiah. Sementara janda bolong dubia bisa Anda dapatkan dengan harga mulai 1 juta rupiah saja.

Mengenai bagaimana cara budidaya tanaman janda bolong dua warna ini kurang lebih sama dengan cara budidaya tanaman janda bolong yang lainnya. Paling penting untuk Anda lakukan adalah menyiapkan media semai atau media tanamnya.

Tata cara budidaya yang bisa Anda lakukan sebagai berikut :

Siapkan biji yang siap di tanam

Jika Anda ingin menanam tanaman janda bolong dari bijinya maka Anda harus mencari biji siap tanam. Sekarang sudah banyak kok toko yang menjual biji tanaman siap tanam. Termasuk ada juga yang menjual biji tanaman monstera dan Anda bisa beli di sana.

Jika Anda mencari bijinya sendiri dan tidak membeli di toko bibit atau biji tanaman, ciri – ciri biji yang siap tanam perlu Anda ketahui. Adapun ciri – cirinya sebagai berikut :

  • Memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau
  • Biji akan masak selama satu tahun dan kemudian berubah warna menjadi kekuningan
  • Setelah bijinya masak maka bijinya akan rontok dengan sendirinya yang berarti biji tanaman sudah siap untuk disemaikan.

Langkah penyemaian biji tanaman monstera

Setelah mendapatkan biji monstera, lakukan metode pengolahan biji seperti berikut ini sebelum biji disemaikan. Tata caranya yaitu :

  • Pertama – tama, rendam biji di dalam pupuk khusus tanaman hias selama beberapa menit sampai beberapa jam.
  • Teknik atau metode perendaman dilakukan untuk meningkatkan daya perkecambahan benih
  • Tunggu sampai benihnya pecah
  • Jika benih sudah pecah, maka bijinya siap disemaikan

Tata cara penyemaian biji tanaman janda bolong atau tanaman monstera yang sudah siap tanam sebagai berikut :

  • Siapkan media semai yang sudah Anda buat dan letakkan media semai di dalam tray atau baki khusus untuk penyemaian
  • Letakkan biji yang siap disemaikan dan sudah di olah tadi dalam media tanam kemudian tutup dengan tanah semai
  • Siram dengan sedikit air atau semprot sampai media tanam semainya lembab

Perawatan tanaman semai

Pastikan media semainya selalu lembab. Tunggu selama beberapa waktu. Biasanya masa tunggunya berbeda – beda pada jenis monstera atau tanaman janda bolong yang Anda tanam. Jika sudah tumbuh tiga daun sejati, Anda sudah bisa memindahkan tanaman ke polybag atau media tanam lain untuk proses pertumbuhan tanaman.

Siapkan pot tanam dan rawat

Jika proses penyemaian sudah berhasil baik dengan metode generatif atau metode vegetatif, kini waktunya Anda melakukan pemindahan tanaman ke dalam pot. Siapkan pot yang sudah berisi media tanam dengan metode sebagai berikut :

  • Campur tanah, pasir halus, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1
  • Pastikan agar tanah dalam kondisi lembab dengan cara siram air atau semprot.

Hindari tanaman diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Lebih baik Anda letakkan tanaman di teras atau dalam rumah yang teduh. Jika pun diletakkan di outdoor, pastikan tanaman dilindungi dengan atap jaring. Penyiraman bisa dilakukan 2 atau 3 hari sekali agar tanah lembab namun tidak terlalu basah.

Itulah informasi tentang harga janda bolong dua warna dan cara budidayanya. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang bermanfaat khususnya bagi pecinta tanaman hias monstera atau janda bolong.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment