Harga Bitcoin Hari ini
in Crypto

Harga Bitcoin Hari ini

Harga sebagian besar mata uang kripto termasuk harga Bitcoin, sangat fluktuatif. Tingkat fleksibilitas yang tinggi itu membuat perdagangan Bitcoin menjanjikan, tetapi juga sangat berisiko. Berapa harga Bitcoin hari ini? Tingkat volatilitas yang tinggi akan bekerja dua arah bagi investor.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah cryptocurrency yaitu bentuk uang digital tanpa representasi fisik. Mata uang ini didasarkan pada blockchain yang diciptakan sebagai teknologi yang mendasarinya. Bitcoin diusulkan dalam sebuah dokumen yang disebut Bitcoin white paper pada tanggal 31 Oktober 2008. Penciptanya adalah orang, kelompok, atau entitas yang tidak dikenal yang hanya dikenal sebagai Satoshi Nakamoto. Sampai hari ini, banyak individu dari kelompok yang berbeda ditengarai sebagai Nakamoto, bahkan ada yang mengaku berada di balik alias tersebut. Namun, tidak ada yang berhasil membuktikannya, analis juga tidak mengidentifikasi orang sebenarnya di balik nama itu.

Apa yang kita ketahui adalah bahwa Nakamoto menciptakan Bitcoin dan meluncurkannya pada 3 Januari 2009 dengan menambang blok pertama di blockchain Bitcoin. Ini dikenal sebagai blok Genesis dan menempatkan 50 BTC pertama ke dalam sirkulasi. Pada saat itu, harga Bitcoin adalah $0 dan koin itu tidak berharga. Tapi itu juga membawa ide yang tak ternilai – bahwa orang dapat mengelola uang mereka sendiri.

Bitcoin ditemukan setelah krisis keuangan yang mengejutkan seluruh dunia, setelah bank membuktikan sekali lagi bahwa mereka tidak dapat diandalkan. Pada tahun-tahun berikutnya, harga Bitcoin naik turun. Itu ditandai dengan volatilitas yang tinggi. Harga Bitcoin naik dengan jumlah pengguna yang tertarik dan turun karena ketakutan akan kerugian menyebabkan investor dan spekulan menjual bitcoin mereka. Harga yang fluktuatif dan kenaikan harga besar terkait yang dicapai dengan Bitcoin telah menjadi fitur penting untuk mata uang kripto. Terutama kenaikan pada tahun 2017, ketika Bitcoin mencapai hampir $20.000 per koin, telah membuat koin ini dikenal masyarakat umum

Bitcoin adalah solusi terdesentralisasi artinya tidak dikendalikan oleh bank, pemerintah, entitas, atau orang mana pun. Sebaliknya, itu dikendalikan oleh komunitas orang di seluruh dunia. Semua yang memeliharanya hanyalah bagian dari kolektif dan tidak lebih. Bitcoin juga memiliki jumlah persediaan yang terbatas yaitu hanya 21 juta koin, dan semuanya harus dikeluarkan dari blockchain Bitcoin. Koin ditambang oleh penambang yang menerimanya sebagai hadiah untuk memverifikasi transaksi dari semua pengguna Bitcoin di dunia. Dengan persediaan terbatas, BTC terlindungi dari inflasi dan satu-satunya hal yang dapat berubah adalah harga Bitcoin yang bisa naik turun sesuai tingkat permintaan dan suplai di pasar.

Cara Membeli Bitcoin

Bitcoin dan juga berbagai macam mata uang kripto lainnya, dapat dengan mudah dibeli melalui bursa atau exchange. Cukup setor uang dan investor sudah bisa mulai membeli dan menjual Bitcoin maupun cryptocurrency lainnya. Beberapa perusahaan yang menyelenggarakan jual beli Bitcoin dan mata uang kripto lain di Indonesia seperti Indodax dan Tokocrypto.

Jika jual beli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya tidak cukup menarik, ada opsi untuk berdagang dengan leverage. Dalam perdagangan dengan leverage, keuntungan dan kerugian diperbesar dengan faktor X. Ini dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan, tetapi juga lebih banyak kerugian. Karena itu, risiko yang dijalankan jauh lebih besar. Investor dapat memperdagangkan sejumlah mata uang kripto dan pasangan mata uang kripto.

Layanan exchange crypto paling terkenal di dunia adalah Binance. Sejak 2018, platform perdagangan populer ini adalah yang terbesar yang diukur berdasarkan volume perdagangan. Banyak jenis cryptocurrency dapat diperdagangkan di Binance, termasuk Bitcoin tentunya. Binance cocok untuk pemula maupun trader profesional. Trader profesional dapat membuka akun margin di sini yang dapat digunakan untuk berdagang dengan leverage (maks. 1:3).

Harga Bitcoin Hari Ini

Seperti telah dijelaskan di atas, harga Bitcoin selalu menunjukkan volatilitas yang tinggi. Harga Bitcoin naik menjadi $49k dan beberapa Altcoin pun membentuk harga tertinggi baru. Harga Bitcoin hari ini kembali level $49k setelah menghabiskan lebih dari beberapa minggu nilai di bawahnya. Indikator kunci sekarang masuk ke zona hijau lagi setelah ketua FED Powell mengatakan bahwa tidak ada rencana untuk melarang Bitcoin di Amerika. Berita mengenai Iran yang mencabut larangan penambangan Bitcoin pun ikut mengerek harga Bitcoin.

Harga Bitcoin dibuat dengan menyatukan penawaran dan permintaan di beberapa bursa mata uang kripto utama di seluruh dunia. Tidak seperti bursa saham, yang tutup pada malam hari dan akhir pekan, bursa kripto diperdagangkan 24/7. Pasar bitcoin masih relatif kecil (diukur dengan kapitalisasi pasar total) dibandingkan dengan pasar keuangan lain yang lebih tua dan lebih matang seperti pasar saham atau Forex. Akibatnya, modal yang dibutuhkan relatif sedikit yang menyebabkan pergerakan besar pada harga Bitcoin. Oleh karena itu, volatilitas lebih besar, tetapi diperkirakan akan menurun karena pasar Bitcoin menjadi lebih besar dan lebih matang. Ketika permintaan melebihi penawaran, harga naik. Sebaliknya, jika ada lebih banyak penawaran daripada permintaan, harga Bitcoin akan turun. Seperti disebutkan sebelumnya, liputan media dapat memiliki dampak yang signifikan pada harga Bitcoin.

Sentimen yang dikeluarkan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang akan memberikan persetujuan pada exchange-traded product (ETF) berbasis Bitcoin merupakan pemicu harga Bitcoin hari ini (5/10) yang mencapai 50000 dollar. Pengumuman yang diungkapkan langsung Gubernur The Fed, Jerome Powell yang menyebutkan jika pemerintah Amerika tak ada rencana memblokir aset kripto seketika melejitkan harga aset kripto. Kali pertama semenjak awal September. Dalam sepekan terakhir ini harga Bitcoin dunia melonjak kira-kira 15%.

Harga Bitcoin Terbentuk

Bitcoin diperdagangkan 24/7 di bursa kripto di seluruh dunia. Perdagangan tidak pernah berhenti. Selama perdagangan tersebut, di mana penawaran dan permintaan bertemu maka harga akan terbentuk. Ketika ada lebih banyak penawaran daripada permintaan, harga BTC turun. Sedangkan kebalikannya terjadi ketika ada lebih banyak permintaan daripada penawaran. Harganya kemudian akan naik.

Pengguna dapat melihat harga Bitcoin hari ini secara real time maupun tren harga BTC di platform exchange maupun situs-situs keuangan terpercaya. Selalu sulit untuk memprediksi harga dalam jangka pendek dan itu tidak hanya berlaku untuk harga Bitcoin. Bagi orang yang berinvestasi di Bitcoin untuk jangka panjang cukup penting untuk melihat faktor ekonomi makro dan fundamental Bitcoin.

Memprediksi harga dalam jangka pendek merupakan ilmu yang harus dikuasai para trader. Trader biasanya menggunakan analisis teknikal untuk menentukan arah harga dan untuk memilih level masuk dan keluar.  Tidak ada yang tahu persis apa yang akan terjadi di masa depan dan oleh karena itu sangat sulit untuk memprediksi harga Bitcoin di masa depan.

Untuk para investor pemula yang akan masuk ke dunia Bitcoin, perlu menyadari bahwa instrumen investasi ini sangat beresiko bila memang belum paham betul bagaimana cara menjalankannya. Karena itu gunakan uang yang memang nganggur yang siap untuk kehilangannya bila memang terjadi hal di luar perkiraan.

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi