Gratis Ongkir di Alibaba

Alibaba boleh dikatakan Amazon-nya Asia. Platform eCommerce asal China yang satu ini merajai industri eCommerce dan sebagai salah satu situs belanja grosir terbesar di dunia. Alibaba Grup sebagai perusahaan yang memilikinya pun memiliki pangsa pasar hingga 58,2% dari seluruh penjualan retail online di Cina. Grup Alibaba berkantor pusat di Hangzhou, Cina yang didirikan oleh Ma Yun yang lebih dikenal sebagai Jack Ma.

Alibaba adalah platform B2B yang memungkinkan konsumen melakukan pembelian grosir dari produsen dan pemasok di seluruh Asia, terutama dari China. Tenaga kerja murah di Cina dan Asia menjadikan manufaktur sebagai industri terbesar di sana.Berbagai macam produk tersedia di Alibaba yang berarti hampir tidak ada apa pun yang dicari konsumen yang tidak dijual di Alibaba. Konsumen dapat  menemukan mulai produk-produk manufaktur hingga produk-produk khusus dan suku cadang mesin. Selain itu, antarmuka aplikasinya yang mudah digunakan membuat semua orang nyaman saat mereka mencari pemasok untuk bisnis mereka.

Alibaba.com pun memiliki beberapa inovasi yang memungkinkannya untuk melayani bisnis dari berbagai wilayah sehingga bisa menjangkau basis pelanggan yang lebih luas. Pembeli dapat memesan produk dalam jumlah banyak, memesan pencetakan khusus untuk membuat merek produk sendiri, bernegosiasi jumlah minimum pemesanan dengan pemasok, dan bahkan bisa menawar atau bernegosiasi harga produk. Selain itu, platform ini juga menawarkan berbagai metode pembayaran sehingga konsumen akan merasa nyaman saat bertransaksi.

Cara belanja di Alibaba ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Jika pembeli belum memiliki akun, maka mereka bisa mengunjungi halaman pendaftaran untuk membuat akun. Alibaba tidak membutuhkan ijin bisnis untuk membuka akun. Hanya saja mungkin pemerintah setempat meminta beberapa persyaratan hukum bila ingin menjual produk yang diambil dari Alibaba. Setelah akun dimiliki, konsumen tinggal mencari produk yang dibutuhkan memanfaatkan bilah pencarian di halaman utama. Gunakan filter pencarian sebab penggunaan kata kunci umum hanya akan memberi hasil yang kurang spesifik dan terlalu banyak.

Setelah menemukan pemasok yang sesuai dengan yang diharapkan, pastikan untuk masuk ke halaman profil pemasok tersebut untuk mengecek lencana verifikasi. Langkah tersebut berguna untuk mengkonfirmasi legitimasi pemasok tersebut. Konsumen pun dapat membaca ulasan yang ditinggalkan oleh pembeli lain untuk lebih meyakinkan sebelum bekerjasama dengan pemasok tersebut. Cobalah mencari pemasok yang memiliki gudang di negara Anda. Ini akan memungkinkan penghematan biaya pengiriman dan meniadakan pusingnya berurusan dengan pihak bea cukai.

Setelah membuat keputusan, konsumen bisa menegosiasikan harga dengan pemasok tersebut untuk mendapatkan kesepakatan harga. Akhirnya, setelah semuanya beres, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan salah satu dari banyak opsi yang tersedia di Alibaba. Pembayaran beres maka produk pun mulai melalui proses packing untuk kemudian dikirim ke alamat pemesan.

Di Alibaba konsumen dapat menemukan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Alibaba pun menawarkan berbagai metode pembayaran, termasuk transfer bank, kartu kredit, dan, tentu saja, AliPay. Alibaba pun menawarkan layanan perlindungan pembeli untuk pembayaran yang dilakukan langsung. Karena sebagian besar pesanan diproduksi atau disesuaikan, maka Alibaba membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirimkan produk.

Apakah di Alibaba ada gratis ongkir atau free shipping? Sayangnya marketplace grosir terbesar di dunia ini tak memiliki kebijakan tersebut. Ini lebih disebabkan, jumlah barang yang dipesan dan dikirim dalam jumlah besar. Pihak pemasok tentu akan keberatan menanggung seluruh biaya pengiriman barang dalam jumlah besar tersebut. Boleh jadi margin keuntungan per item produk dibanding biaya pengirimannya malah lebih kecil. Untuk biaya pengiriman di Alibaba, konsumen dapat menegosiasikan biaya pengiriman dengan pemasok karena prosesnya akan berurusan dengan pihak bea cukai dan pajak.

Fitur Freight Logistics yang ditawarkan Alibaba akan mempermudah supplier menghitung dan membayar ongkos kirim ke luar negeri. Pemesan yang kemudian membayar biaya ongkir tersebut ke supplier di Alibaba. Pemasok harus dapat memberikan perkiraan akurat berapa ongkos kirim dan juga kewajiban pajak di Bea Cukai yang kemudian disampaikan ke pembeli. Namun pembeli pun bisa mengecek sendiri biaya cukai barang dengan tool khusus dari layanan www.dutycalculator.com.  Atau jika anda ingin tahu bagaimana perhitungan pajak dan bea masuk di Indonesia, silahkan mengunjungi halaman : Cara menghitung pajak impor terbaru 2020. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *