Galaxy A71 Ponsel Baru Samsung Lima Kamera Berteknologi 5G
in Tekno

Galaxy A71 Ponsel Baru Samsung Lima Kamera Berteknologi 5G

Lini Galaxy A dari Samsung dikenal mampu mengkombinasikan antara perangkat keras, fitur dan harga. Seri Galaxy A70 disambut antusias konsumen tahun lalu dan sekarang penerusnya pun telah hadir, Galaxy A71. Peningkatan spesifikasi apa saja yang dihadirkan Samsung Galaxy A71? Anda dapat membaca segala sesuatunya tentang smartphone ini dari ulasan berikut.

Desain Cantik, Tapi Sidik Jari Kurang Peka


Samsung merilis Galaxy A71 dalam berbagai warna, termasuk biru, perak dan hitam. Yang paling mencolok dari perangkat ini adalah layarnya yang bagus. Dengan diagonal 6,7 inci, itu bisa dibilang ukuran besar tetapi perangkat ini memiliki bezel mengelilingi layar yang tipis. Lubang kamera kecil (punch hole) di layar juga tidak mengurangi keindahan desain. Bagian belakang mendapat sentuhan semacam gambar pola yang sangat bagus yang disebut prism effect. Bagian bawah mengakomodasi speaker tunggal, port USB-C dan jack headphone. Perangkat ini juga memiliki ruang untuk dua kartu SIM dan kartu memori micro-SD, yang merupakan tambahan fitur yang sangat berguna. Di sisi kanan pengguna akan menemukan tombol on / off dan tombol volume. Perangkat ini mungkin memiliki layar besar, tetapi karena ketebalannya yang hanya 7,7 milimeter, perangkat ini terasa nyaman di tangan. Pengguna tidak melihat pemindai sidik jari dalam bentuk fisik sebab dipasang di dalam layar. Fitur ini bekerja dengan baik, tetapi kadangkala pengguna masih harus memindai ibu jari dua kali agar kunci layar terbuka.

Layar Amoled yang Sempurna


Layar 6,7 inci yang dibawanya memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel dengan panel Amoled telah dipilih perusahaan. Samsung telah memproduksi panel layar tersebut sejak beberapa tahun lalu. Panel Amoled terkenal dengan reproduksi warna yang sangat bagus, kontrasnya tinggi dan kecerahannya juga bagus. Semua itu menyenangkan terlebih saat digunakan menonton film atau video. Layarnya juga sempurna untuk membaca artikel, menjelajahi situs web atau melihat foto. Seperti halnya seri Samsung Galaxy S20, pengguna akan melihat lubang kecil di layar, ditempatkan di tengah. Itulah salah satu solusi untuk penempatan kamera depan saat ini yang banyak dipilih produsen. Punch hole tersebut dipastikan tak akan terasa kehadirannya saat pengguna melihat konten di layar.

Hardware Standar

Prosesornya adalah Snapdragon 730, tipe chip yang hebat dalam hal kinerja. Namun prosesor ini pun dapat ditemukan di beberapa perangkat merek yang harganya jauh lebih murah misalnya Xiaomi Mi 9T. Kombinasi lain spesifikasi Galaxy A71 adalah RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Varian lain datang dengan RAM 8 GB namun tetap dengan penyimpanan internal 128 GB. Dalam praktiknya, kombinasi jeroan tersebut mampu menghasilkan performa handal dalam menangani berbagai kebutuhan. Multitasking tidak menjadi masalah dan membuka banyak tab di Chrome pun baik-baik saja. Juga memainkan game Asphalt atau Call of Duty: Mobile tidak dijumpai masalah sama sekali, meski pengguna tidak bisa bermain dengan kinerja grafis terbaik. Secara sistem operasi, Samsung memberikan Galaxy A71 dengan Android 10. Dengan kebijakan pembaruan dari produsen Korea Selatan ini maka konsumen pun akan mendapatkan update ke Android 11 dan Android 12 di masa yang akan datang. Android 10 disajikan dalam antarmuka Shell OneUI 2.0 dengan menu pengaturan yang mungkin bagi sebagian orang dianggap agak berantakan, beberapa aplikasi pra-instal, dan ikon yang terasa agak kekanak-kanakan. Dalam hal kecepatan, versi Android terbaru ini cukup memuaskan.

Fitur konektifitas adalah hal lain yang juga menjadi kelebihan Galaxy A71 ini. Untuk fitur-fitur standarnya mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot; lalu ada Bluetooth 5.0, A2DP, LE; GPS  A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS); NFC; FM radio; USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, dan USB On-The-Go. Lalu untuk sensor yang ditanamkan ke dalamnya mulai dari sensor sidik jari yang sudah disebutkan sebelumnya, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Yang mengejutkan adalah kabarnya Samsung pun akan melepas versi 5G untuk ponsel ini. Hanya saja Galaxy A71 5G rencananya hanya akan dipasarkan untuk negara-negara tertentu yang boleh jadi Indonesia tak termasuk salah satunya.

Lima Kamera dengan Hasil Foto yang Bagus

Formasinya adalah : lensa 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF; lalu ada lensa 12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide); lensa 5 MP, f/2.4, 25mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm; dan lensa 5 MP, f/2.2, (depth); terakhir adalah lensa kamera selfie 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm. Dibandingkan dengan Galaxy A70, A71 memiliki kamera tambahan di bagian belakang yang memiliki fungsi untuk fotografi makro. Kamera utama memiliki resolusi 64 megapiksel namun resolusi standarnya sendiri hanya 16 megapiksel. Teknologi yang digunakan adalah empat piksel digabungkan menjadi satu piksel yang lebih besar untuk menghasilkan foto yang lebih baik dalam hal detail. Kontrasnya pun cukup bagus, begitupun reproduksi warnanya. Fitur-fitur penting seperti mode panorama dan HDR juga disediakan.

Ada juga lensa sudut lebar 12 megapiksel, yang memungkinkan pengguna menangkap lebih banyak cakupan obyek yang bisa masuk dalam foto. Ada juga kamera yang tersedia yang menyimpan informasi kedalaman gambar yang bagus untuk pengambilan gambar dengan mode potret. Tambahan pada A71 adalah kamera makro, yang memungkinkan pengguna memotret objek dari jarak dekat. Itu adalah fitur yang bagus yang melengkapi formasi kamera berbentuk L meski fungsinya agak terbatas. Resolusi tidak terlalu tinggi dengan hanya 5 megapiksel dan fokusnya juga sangat dekat. Jadi pengguna harus sangat dekat dengan  objek yang akan difoto, untuk mengambil foto yang tajam.

Baterai Bisa Dua Hari

Galaxy A71 memiliki kapasitas baterai yang sama dengan A70 tahun lalu yaitu 4500 mAh. Pengguna dapat dengan mudah menggunakannya selama seharian bahkan untuk pemakaian yang sangat intensif. Untuk pemakaian yang kurang intensif, pengguna mungkin bisa mengisi daya perangkat setiap dua hari sekali. Pengisian daya pun cukup cepat dengan charger 25-watt yang disertakan. Setengah jam mengisi daya memastikan bahwa baterai bisa terisi setengah penuh. Baterai perangkat ini benar-benar bisa terisi 100 % dalam satu setengah jam. Yang juga mengesankan adalah konsumsi baterai yang baik saat digunakan menonton film. Menonton film selama satu setengah jam dengan penyetelan kecerahan sepertiga dan menggunakan output audio lewat earphone hanya mengambil daya baterai sekitar 8 persen. Jika sepenuhnya digunakan menonton video maka akan lebih dari 18 jam nonstop pengguna bisa melakukannya.

Harga Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 adalah perangkat lengkap dengan layar yang indah dan besar, masa pakai baterai yang baik, dan opsi kamera yang bagus. Perangkat lunak pun bisa berfungsi dengan baik meski sensor sidik jari agak kurang peka. Disediakannya slot memori ekspansi dan jack headphone adalah nilai tambah yang cukup menarik. Secara dapur pacu, spesifikasi Galaxy A71 pun sudah memuaskan. Samsung Galaxy A71 diluncurkan awal tahun ini dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga Galaxy A70 saat peluncuran perdana tahun lalu. Pengguna dapat membeli Samsung Galaxy A71 dalam pilihan warna Prism, Crush Black, Silver, Blue, dan Pink. Harga Samsung Galaxy A71 ditawarkan Rp.6.099.000 sementara harga Samsung Galaxy A71 5G dijual sekitar 400 Dollar US atau kira-kira Rp.6,4 juta.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment