Galaxy A50S, Ponsel Midrange Berfitur Lengkap

harga dan spesifikasi samsung galaxy a50s

Raksasa teknologi asal Korsel, Samsung banyak merilis lini ponsel seri A yang salah satunya adalah Galaxy A50s. Tampil mengusung berbagai pembaharuan, spesifikasi Samsung A50s dijanjikan bisa menunjang gaya hidup kalangan millenial sebagai target market di Indonesia. Review spesifikasi hardware dan software Samsung Galaxy A50s berikut ini akan membuktikan klaim tersebut.

Baca juga : Samsung Galaxy Note Lite 10, Versi Murah Keluarga Note Terbaru

Desain Eye Catching

Dalam paket penjualan, selain menyertakan unit Galaxy A50s juga memberikan charger, kabel USB tipe C, buku petunjuk dan kartu garansi. Pihak produsen pun memberikan bonus jelly case, unit earphone dan SIM ejector. Galaxy A50s menghadirkan desain unik yang menghasilkan tampilan cantik ketika permukaannya terkena cahaya yang dinamakan efek holografik. Kesing belakang Samsung Galaxy A50s mampu menghasilkan efek prisma yang akan menampilkan pola tertentu yang sangat menarik dan bahkan bisa digunakan untuk bercermin. Dengan tebal hanya 7.7 mm membuat perangkat ini cukup nyaman saat dipegang terlebih dengan bobotnya yang hanya 169 gram saja. Menggenggam menggunakan satu tangan dalam pengoperasiannya pun tak akan membuat lelah. Bodinya yang slim membuatnya terlihat cukup elegan dan mewah. Modul kamera di bagian belakang tak menambah ketebalan perangkat sebab dirancang hampir rata. Di sisi kiri perangkat dijumpai sepasang slot SIM ukuran nano dan di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Kedua tombol tersebut cukup soft sehingga tak perlu keras untuk menekannya. Beralih ke sisi bawah, ditemukan slot USB Type C yang berguna untuk menghubungkan charger saat mengisi daya baterai. Fungsi lain dari USB Type C juga untuk menghubungkan earphone. Celah microphone ada di sisi atas dan bawah.

Layar Cemerlang Amoled

Sebagaimana ponsel flagship milik Samsung, Galaxy A50s meski hanya diposisikan sebagai ponsel mid range namun untuk layar sudah diberikan panel Super AMOLED yang terkenal sangat cemerlang dalam menyuguhkan konten. Diagonalnya sendiri mencapai 6,4 inci dan menganut aspek rasio memanjang 19,5:9 yang asyik untuk menonton konten video atau bermain game. Tak hanya cemerlang, layar pun sangat responsif saat menggulir halaman aplikasi jejaring sosial atau menjelajah situs favorit. Suguhan warna yang disajikan pun begitu memanjakan mata. Saat melihat ke tepi atas layar dijumpai adanya semacam poni atau notch dengan bentuk seperti huruf U yang oleh Samsung dinamakan dengan Infinity U. Celah tersebut adalah wadah bagi lensa kamera depan yang memiliki resolusi 32 MP. Di bagian layar pun telah disematkan sensor sidik jari dalam bentuk in display fingerprint. Bukan dalam bentuk tombol fisik, sensor sidik jari ini berada dalam layar dimana untuk mengaktifkannya pengguna tinggal meletakkan jari ke ikon lingkaran yang muncul di layar. Prosesnya cukup cepat hanya dalam waktu 1 detik maka layar yang semula terkunci akan terbuka. Posisi jari harus betul-betul pas di dalam lingkaran agar perangkat dengan cepat bisa mengenalinya.

Performa Tak Mengecewakan

Menjadi salah satu penghuni ponsel kelas menengah bawa, spesifikasi Samsung Galaxy A50s dipersenjatai chipset Exynos 9610 delapan inti dengan 4×2.3 GHz dan 4×1.7 GHz dan GPU Mali G72 MP3. Sebagai pendukung kinerja, ponsel ini menawarkan RAM dengan kapasitas 4 GB atau 6 GB. Sementara kapasitas memori internal pun ada dua macam ialah 64 GB dan 128 GB. Pengguna yang ingin menambah kapasitas penyimpanan pun masih dimungkinkan sebab Galaxy A50s sudah menyediakan slot untuk kartu MicroSD maksimal 512 GB. Kombinasi jeroan yang cukup nyaman untuk aktifitas multitasking dan juga game. Galaxy A50s pun memiliki fitur AI Gaming Booster yang dijanjikan bisa mendongkrak performa bermain game yang lebih baik dan menyenangkan. Menjelajah internet, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dapat dilakukan dengan sangat baik bebas dari tersendat. Sayang, untuk platform Android, Galaxy A50s hanya membawa OS Android v.9 Pie dan bukannya yang terbaru v.10. Kemudian untuk antarmuka, digunakan One UI buatan Samsung sendiri yang secara umum lumayan enak dan mudah dioperasikan. Ukuran daya baterai masih sama dengan baterai Galaxy A50 yaitu kapasitas 4000mAh. Yang menyenangkan, baterai datang dengan fitur flash charging 15W yang lumayan cepat saat pengisian daya.

Kamera Triple

Untuk sektor imaging, Galaxy A50s menawarkan spesifikasi yang lebih baik dari Galaxy A50. Konfigurasi kamera belakang A50s memiliki tiga sensor kamera belakang sama seperti sebelumnya namun sensor kamera utama kini sebesar 48 MP dari sebelumnya yang hanya 25 MP. Lensa kamera yang lain yakni 8 MP Ultra Wide angle dan 5 MP sensor kedalaman. Ada banyak kelebihan dari kamera triple milik A50 s ini. Saat digunakan menjepret sebuah obyek maka perangkat langsung mengaktifkan fitur ‘Pengoptimalan Adegan’ sehingga hasil pemotretan pun terlihat indah dan nyata. Misalnya obyek yang difoto adalah bunga maka perangkat akan secara otomatis memaksimalkan warna bunga agar terlihat sebagaimana aslinya. Berbagai fitur kamera belakang pun akan merangsang kreativitas pengguna. Seperti mode Live Focus dimana pengguna dapat mengolah hasil jepretan menjadi makin terkesan hidup. Menu efek misalnya color point, spin atau zoom dapat digunakan untuk membuat hasil foto sesuai dengan keinginan.

Mengenai fitur perekaman Video, kamera A50s mendukung fitur yang dinamakan ‘Super Steady’. Dengan fitur tersebut pengguna bisa menghasilkan rekaman video dengan gambar stabil kendati dilakukan sambil berjalan. Video rekaman terlihat lebih mulus dan tak terjadi blur. Beberapa fitur video yang juga menarik untuk digunakan misalnya slow motion, super slow motion, dan hyperlapse. Adapun spesifikasi kamera depan, kekuatannya adalah lensa 32 MP yang layak diandalkan. Termasuk fitur mengesankan yang dimiliki kamera depan yaitu wide selfie dimana pengguna dapat memasukkan lebih banyak obyek dalam satu frame yang melebar. Foto sekeluarga berjejer pun kini bisa dilakukan dengan mudah. Tak ketinggalan adalah fitur Bixby Vision. Asisten pintar ini memiliki kemampuan mencari dan menyajikan informasi dari obyek yang akan dijepret.

Fitur Keamanan Lengkap

Keamanan adalah salah satu fitur penting yang tertanam dalam Galaxy A50s. Smartphone ini mengkombinasikan beberapa fitur keamanan mulai dari PIN, pola, sidik jari, sampai pendeteksi wajah. Fitur pemindai sidik jari kini tak lagi diposisikan di kesing belakang namun sudah bergeser ke bawah layar. Kehandalan sensor sidik jari cukup memuaskan dengan respon yang cukup cepat. Begitupun untuk lensa kamera depan saat dipergunakan untuk mengenali wajah pengguna saat hendak membuka kunci layar.

Harga Samsung Galaxy A50s

Smartphone terbaru Samsung ini menawarkan 3 pilihan warna cantik kepada konsumen yang terdiri dari Prim Crush Black, Prism Crush Blue, dan Prism Crush Green. Resmi menyapa pasar di kuartal kedua 2019, harga Samsung Galaxy A50s dibanderol Rp.4.099.000 untuk versi RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sementara yang versi 6 GB/ 128 GB dijual sebesar Rp.4.899.000. Ponsel ini sudah tersedia di pasar online maupun toko-toko Hp terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *