Facebook Pay Fitur dan Cara Menggunakannya
in e-Payment

Facebook Pay Fitur dan Cara Menggunakannya

 

Facebook Pay merupakan terobosan Facebook menjadikan uang digital menjadi lebih mudah diakses sekaligus lebih aman. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengirimkan uang, membayar hutang ke teman atau membayar pesanan barang dari situs belanja. Facebook Pay dirilis pertama kali November 2019 sebagai platform pembayaran di aplikasi Facebook dan Messenger. Dalam perkembangannya juga merambah ke aplikasi lain yaitu WhatsApp dan Instagram.

Fitur-Fitur Facebook Pay

Dengan Facebook Pay maka pengguna akan lebih mudah melakukan transaksi di semua aplikasi yang dimiliki Facebook dengan disertakan fitur keamanan, misalnya input PIN atau data biometrik di Hp pengguna. Pada tahap permulaan cuma pengguna di Amerika yang bisa menikmati Facebook Pay, namun pihak perusahaan segera mengembangkannya ke berbagai negara lain di seluruh dunia. Untuk layanan ini pihak Facebook tidak memungut semacam biaya administrasi seperti Paypal. Facebook Pay memiliki dua fitur utama yaitu mengirim uang ke orang lain dan membayar pembelian barang secara online tergantung aplikasi mana yang digunakan :

  1. Facebook: membayar pembelian dari Facebook Marketplace, donasi, bertransaksi game atau memesan tiket event.
  1. Messenger: mengirimkan uang ke teman atau keluarga dari Hp atau laptop.
  1. Instagram: memberikan donasi dan membayar barang dari merek yang diikuti.
  1. WhatsApp: mengirim dan menerima uang.

Cara Menggunakan Facebook Pay

Cara paling simpel memulai menggunakan fitur Facebook Pay yaitu mencoba mengirimkan uang kepada orang lain. Pertama, masuk ke fitur chat di aplikasi Facebook dengan orang yang hendak dikirimi uang atau sebaliknya ingin meminta uang. Tekan menu empat titik di sisi kiri. Ketuk pada menu Pay Friend. Ketuk gambar uang bila membuka dari desktop. Isikan nominal kemudian catatan bila diperlukan, kemudian ketuk Request atau Pay.

Lengkapi detil pembayaran dimana pengguna bisa memilih Add Debit Card atau Add Paypal. Pengguna komputer hanya bisa memilih opsi Debit Card saja. Tentukan metode pembayaran yang akan digunakan dan pastikan sudah ditambahkan ke akun. Ketuk pada tombol Pay atau Request untuk menuntaskan transaksi. Apabila pengguna menggunakan PayPal, mereka akan diberikan opsi memilih akun mana yang hendak digunakan. Bila ingin menambahkan metode pembayaran, masuk ke menu di aplikasi Messenger kemudian pilih menu Payments. Selanjutnya input data kartu debit baru atau PayPal. Bila menjalankan Messenger dari PC, masuk ke menu, lalu masuk ke Pengaturan, dan pilih Manage on Facebook dari menu Payments. Apabila orang lain mengirimi sejumlah dana dari Messenger maka mereka otomatis menerima notifikasi. Bila kartu debit atau akun PayPal telah dihubungkan, otomatis Messenger akan langsung mentransfer dana itu.

Facebook menyatakan bahwa seluruh transaksi telah di-enkripsi termasuk data pribadi pengguna dan nomor kartu kredit. Pengguna tak bisa membatalkan pembayaran di Messenger, kendati penerima bisa dengan sukarela menolaknya bila pengirim memang melakukan kesalahan. Pengguna tak disarankan menggunakan Messenger untuk pembayaran bisnis diantaranya berbelanja di eBay atau Craigslist.

Demi melindungi keamanan data di dalamnya, pengguna disarankan membuat PIN untuk pembayaran Facebook Pay. Aktifkan fitur Touch ID bila memang perangkat yang digunakan mendukung. Namun fitur keamanan biometrik semacam Touch ID cuma muncul ketika pengguna menjalankan aplikasi Messenger dari Hp. Pengguna bebas untuk menggunakan fitur keamanan itu atau tidak. Hanya saja bila tidak diaktifkan tentu akan sangat beresiko.

Pembayaran dengan Facebook Pay sangat aman sebenarnya sama seperti aplikasi pembayaran online yang lain. Untuk diketahui, Facebook menggandeng David Marcus, bekas kepala PayPal tahun 2014 sehingga standar keamanan transaksi tentu akan terjamin. Facebook menyimpan data-data pengguna terpisah dari jaringan Facebook. Pihak Facebook pun mendedikasikan sumber daya pendukung untuk mengawasi resiko penipuan yang mungkin terjadi.

Meski begitu, pengguna tetap harus berhati-hati ketika mengirim dan menerima uang. Saat pengguna melakukan pembayaran dengan Facebook Pay maka nama, foto profil, dan jumlah pembayaran dibagikan dengan teman dan disimpan di server Facebook. Dalam kondisi pembayaran grup maka seluruh anggota grup bisa mengetahui jumlah pembayaran yang dilakukan. Karena itu pertimbangkan dulu untung ruginya saat akan menggunakan layanan ini.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment