DOKU Dompet Digital Pertama Dengan Segudang Manfaat

 

Jauh sebelum kemunculan banyak layanan serupa, PT Nusa Satu Inti Artha telah memperkenalkan DOKU. DOKU memudahkan manusia dalam bertransaksi non tunai atau cashless. Tadinya, pembayaran non tunai cuma dapat dilakukan dari kartu kredit, e-banking, maupun ATM bank. Akan tetapi saat ini alternatifnya bertambah banyak dengan adanya aplikasi dompet digital, salah satunya adalah DOKU ini.

Keberadaan e-wallet terbukti cukup memudahkan tatkala layanan tarik tunai terbatas di kala pandemi virus Corona. Hari ini nyaris segala keperluan hidup bisa tercukupi menggunakan transaksi online dimana pembayarannya dilakukan dengan aplikasi dompet digital termasuk DOKU yang merupakan pioner di bidangnya. Perusahaan financial technology ini merupakan yang pertama memperoleh sertifikat global untuk keamanan data (PCI DSS). Bank Indonesia pun mengeluarkan ijin sebagai layanan dompet digital resmi semenjak 2017 silam. Sebagaimana perusahaan perintis fintech, Doku Wallet pun berada dalam pengawasan Otoritas Jasa keuangan (OJK) dengan begitu pengguna tidak usah was-was dengan keamanan transaksi dan data pribadi.

Aplikasi e-wallet ini akan memfasilitasi pengguna ketika bertransaksi jual beli ataupun mengirim uang cukup dari smartphone di tangan. Pengguna menjalankan transaksi dimana aksesnya mirip dengan kartu kredit yaitu mekanisme pembayaran baik online ataupun offline memanfaatkan DOKU ID. Berbagai transaksi yang dapat dijalankan antara lain isi pulsa hp, tagihan BPJS Kesehatan, pembayaran di Alfamart, Alfamidi, Alfa Express dan Lawson. Pastinya sering diberikan bermacam promo dan tawaran menarik dari DOKU Wallet yang sangat menguntungkan pengguna. Malah, pengguna DOKU Wallet pun dapat bertransaksi ke luar negeri sebab sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia.

Seperti lazimnya dompet digital, pengguna mesti mengisi saldo atau top up lebih dulu agar dapat memakainya. Pengguna dapat mengisi saldo melalui transfer bank, mobile banking ataupun dari minimarket. Pun pengguna juga dapat menarik tunai saldo yang dimiliki dari minimarket. DOKU Wallet menawarkan dua macam fitur keuangan yaitu user premium dan user reguler. Lantas apa perbedaan dari DOKU user premium dengan user reguler?

DOKU Premium

DOKU Premium adalah pengguna yang mendapatkan fasilitas transaksi yang lebih banyak dibanding DOKU reguler. Limit tertinggi saldo yang bisa disimpan untuk pengguna premium yaitu Rp 5 juta. Pengguna premium pun bisa menjalankan layanan transfer, permintaan dana dari ataupun ke sesama user premium.

DOKU Reguler

DOKU Reguler adalah pengguna yang hanya memiliki fasilitas terbatas. Misalnya untuk limit saldo hanya sebesar Rp 1 juta. Pengguna reguler ini pun tak dapat menggunakan fitur transfer dana atau menerima dana antar sesama pengguna.

Cara Mendaftar DOKU

Untuk pengguna baru, cara mendaftar DOKU bisa dilakukan dari aplikasi maupun lewat website doku.com. Klik pada opsi ‘Sign Up’. Kalau sebagai konsumen, klik pada menu ‘consumer’ kemudian tekan ‘daftar’. Isi semua data diri yang diminta mulai nama lengkap, e-mail, gender, tanggal lahir, nomor hp, password dan PIN yang ingin diinginkan. Selanjutnya klik pada ‘Daftarkan saya’. Pengguna cukup menunggu email verifikasi untuk mengaktifkan akun. Klik pada tautan yang ada di dalam email maka pengguna akan otomatis terkoneksi ke akun miliknya. Pengguna pun dipersilahkan menginput kode PIN dank kode OTP yang dikirim ke nomor Hp yang didaftarkan. Beres semua maka akun sudah dapat difungsikan.

Akun yang didaftarkan pertama kali adalah tipe akun untuk user reguler. Agar menjadi user premium, pengguna dapat mendaftarkan kembali dengan melengkapi beberapa ketentuan, diantaranya : berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP atau SIM. Cara upgrade menjadi DOKU Premium cukup dengan login ke akun yang dimiliki. Kemudian klik pada ‘update profile’, dan lengkapi data diri lengkap. Sesudah itu, Doku Wallet akan menghubungi pengguna untuk mengkonfirmasi dan mempersilahkan pengguna mengunggah foto KTP  dan foto diri. Begitu prosedurnya tuntas, maka pengguna sudah berganti menjadi DOKU premium.

Bila ingin melakukan pengisian saldo, berbagai cara bisa dipilih misalnya transfer dari rekening bank, top up dari merchant diantaranya minimarket dan banyak lagi. E-wallet ini pun berlaku untuk berbagai transaksi umpamanya pembelian pulsa, token listrik, paket internet maupun transaksi di kasir yang sudah bekerjasama dengan Doku Wallet. Nah, tunggu apalagi segera miliki DOKU ID sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *