Dijamin Ampuh, Inilah Cara Merawat Aglaonema agar Tumbuh Subur dan Indah!
in Home and Garden

Dijamin Ampuh, Inilah Cara Merawat Aglaonema agar Tumbuh Subur dan Indah!

Banyak cara merawat aglaonema agar tumbuh subur dan berdaun lebar, namun sayangnya tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Tak jarang kerusakan pada tanaman aglaonema pun sering terjadi, salah satunya yaitu daunnya yang layu dan menguning hingga akhirnya tanaman pun mati.

Kesalahan dalam merawat tanaman hias aglo tentu akan menjadi penyesalan yang mendalam bagi para penggemarnya. Seperti yang kita tahu, tanaman aglaonema atau sri rejeki ini belakangan sukses menjadi primadona bagi banyak kalangan di Indonesia. Biasanya, aglaonema yang subur dan berdaun indah akan paling dicari banyak orang dengan harga yang cukup mahal.

Meski pun merawat aglaonema tampak mudah, namun tentu saja tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Terdapat hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan, untuk lebih jelasnya berikut cara tepat dalam merawat aglaonema supaya tumbuh subur dan tentunya bisa berdaun indah.

Cara Merawat Aglaonema agar Tumbuh Subur dan Indah

Sudah menjadi hal yang sangat wajar jika keindahan tanaman aglaonema terletak pada daunnya yang indah. Aglaonema yang tumbuh dengan subur biasanya akan memiliki daun yang lebar dan memiliki corak serta warna yang khas. Hal itu tentu tidak terjadi begitu saja, namun perlu dilakukan perawatan yang tepat.

Inilah cara merawat aglaonema supaya tumbuh subur:

  1. Siram Tanaman dengan Teratur

Kesalahan paling terbesar yang sering terjadi dalam merawat aglaonema yaitu menyiramnya dengan frekuensi yang terlalu sering. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kerusakan yang akan terjadi biasanya daunnya akan menguning hingga akhirnya tanaman pun mati. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menyiramnya terlalu sering.

Siram tanaman dengan teratur supaya aglaonema memiliki asupan air yang cukup. Intinya jangan sampai kekurangan dan kelebihan air. Untuk menyiasatinya, siramlah aglaonema dalam jangka waktu 2 -3 hari sekali dan jangan lupa tempatkan aglaonema di tempat yang tidak akan terkena air hujan.

  1. Lindungi dari Sinar Matahari Langsung

Pada habitatnya aglaonema tumbuh di area pegunungan di bawah pepohonan yang rindang. Saat terkena terik sinar matahari yang berlebih, aglaonema bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, rawat aglaonema dengan melindunginya dari terik sinar matahari langsung.

  1. Membersihkan Gulma

Gulma merupakan jenis tanaman yang merugikan bagi aglaonema. Gulma yang tumbuh di area media tanam tempat aglaonema akan mengambil asupan air dan nutrisinya. Hal itulah yang biasanya sering menghambat pertumbuhan aglaonema. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan media tanam aglaonema selalu bersih dari gulma dan tumbuhan lain yang ada di sekitarnya.

  1. Pangkas Daun yang Sudah Layu

Selain mengurangi keindahan, daun yang sudah layu apabila dibiarkan semakin lama akan berpengaruh pada kesehatan aglaonema secara keseluruhan. Sebaiknya pangkas daun yang sudah layu secara perlahan hingga aglaonema kembali sedap untuk dipandang.

  1. Ganti Media Tanam dalam 6 Bulan Sekali

Media tanam pada aglaonema harus diganti secara rutin yaitu dalam 6 bulan sekali. Hal itu dilakukan supaya tanah yang digunakan untuk aglaonema selalu dalam kondisi yang subur. Jangan lupa gunakan juga pupuk untuk mendorong kesuburan aglaonema. Anda bisa memberinya pupuk dalam waktu 1 minggu sekali.

Penyakit Penyebab Rusaknya Aglaonema

Sama seperti tanaman lain pada umumnya, aglaonema juga rentan  terkena penyakit. Beberapa penyakit yang harus dihindari antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bakteri

Bakteri yang ada pada daun aglaonema akan merusak keindahan corak dan warnanya. Bakteri yang ada biasanya akan ditandai dengan munculnya bercak berwarna hitam, abu-abu atau coklat tua. Dalam penanganannya, Anda bisa memotong daun yang terkena bakteri supaya tidak menyebar pada daun lainnya.

  1. Myrothecium

Penyakit ini akan muncul dengan tanda bercak berukuran besar pada daun yang berwarna abu-abu. Myrothecium biasanya muncul di tepi daun berbentuk oval akibat terlalu banyak penggunaan pupuk nitrogen.

  1. Jamur

Jamur sangat sering merusak tanaman aglaonema.  Adanya jamur disebabkan oleh penyiraman yang berlebih.  Segeralah pangkas bagian aglaonema yang terkena jamur supaya jamur tidak menyebar pada seluruh bagian tanaman.

Selain mengetahui cara merawat aglaonema agar tumbuh subur, sangat penting juga bagi Anda untuk mengetahui beberapa penyakit yang dapat membuatnya menjadi rusak. Kini Anda pun bisa lebih berhati-hati dalam merawat aglaonema.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment