Dapat Kiriman Hadiah Uang Dari Teman Kenalan dari Sosial Media ? Apa Yang Harus Dilakukan
in Umum

Dapat Kiriman Hadiah Uang Dari Teman Kenalan dari Sosial Media ? Apa Yang Harus Dilakukan

Jika anda mendapat kiriman paket hadiah dari teman atau kenalan dari luar negeri (sosial media), apa yang harus dilakukan ?. SImak penjelasan ini.

Akhir akhir ini banyak kejadian dimana orang memiliki kenalan dari luar negeri, yang dikenalnya melalui sosial media. Bisa dari Instagram, Facebook, dan lain lain. Umumya kenalan itu mengaku sebagai pilot, tentara, banker atau profesi bergengsi lainnya. Mereka tidak jarang yang memiliki paras tampan / cantik. Mengaku tinggal di London, New York, sampai ada yang mengaku tinggal di afganistan juga.

Orang orang ini memang orang “bule” asli, mereka mengajak kenalan kepada orang-orang Indonesia melalui platform sosial media. Tak perlu waktu lama bagi mereka untuk mengobral janji gombalan kepada temannya di Indonesia, dan mengaku akan mengirimkan sejumlah barang berharga mahal sebagai hadiah. Banyak juga diantaranya yang mengaku mengirimkan sejumlah uang $ di dalam paket tersebut. Mereka mengatakan bahwa nanti setelah sampai di Indonesia, penerima harus membayar sejumlah uang sebagai pembayaran pajak atas paket hadiah tersebut.

Nah, jika anda dalam posisi sebagai orang Indonesia yang punya kenalan orang bule melalui sosial media, dan kenalan anda mengatakan akan mengirimkan paket hadiah seperti diatas, apa yang perlu anda lakukan ?

Seperti saya jelaskan di halaman blog saya disini : Modus Penipuan Pengiriman Paket, Modus seperti ini adalah modus penipuan yang dilakukan oleh komplotan penipu internasional. Kenapa disebut internasional ? karena melibatkan Warga negara asing dan Warga Negara Indonesia sebagai sebuah komplotan. Modusnya adalah sbb :

1. Pelaku, yang merupakan teman sosmed (bule), mengaku kirim hadian melalui paket. Padahal sebenarnya dia tidak mengirimkan apa apa. Hanya omong kosong saja, untuk meyakinkan anda.

2. Beberapa hari kemudian, ada orang Indonesia mengaku dari bandara, atau bea cukai, atau dari cargo, dll menghubungi anda, mengatakan bahwa paket kiriman sudah sampai Indonesia, dan anda diharuskan membayar pajak

3. Dia akan memberikan norekening pribadi, supaya anda mentransfer uang ke rekening tersebut. Jika anda melakukan transfer, dengan harapan bisa mendapatkan paketnya, maka saat itu juga anda sudah tertipu

4. Jika anda sudah melakukan transfer, maka mereka komplotan penipu itu akan melakukan cara lagi untuk menipu anda Kembali, caranya, seolah olah pembayaran tahap pertama sudah diterima. Lalu mereka membuat cerita karangan lagi, yang intinya mereka mau minta uang lagi, demikian seterusnya sampai korban menyadari telah menjadi korban penipuan.

Nah, Kembali pada apa yang harus dilakukan jika menghadapi situasi seperti itu ?

1. Langkah pertama adalah bersikap tenang. Jika anda tenang, maka anda mudah “terbebas” dari masalah ini. Karena mereka komplotan itu mempermainkan emosi. Memberikan harapan besar, sehingga korban tidak sadar bahwa dia mau menjadi korban penipuan

2. Katakan kepada teman bule anda, bahwa modus penipuan seperti ini sudah banyak yang tau di Indonesia. Jadi tidak perlu ragu. Logikanya mana ada kenalan baru beberapa hari, lalu kirim hadiah barang mahal bahkan uang dalam jumlah sangat besar ? tentu tidak masuk akal. Lalu Bolkir kontak dia. Penipu yang ngeyel akan tetap berusaha menghubungi menggunakan No telpon lain, blokir lagi, dst.

3. Jika ada orang Indonesia menghubungi anda memberitahukan mengenai paket, bilang saja hal yang sama. Blokir juga.

4. Kalau banyak yang menghubungi via WA atau bahkan telepon, Bagaimana ? tetap tenang. Mereka akan mempermainkan emosi anda, bahkan tidak sedikit yang menakut nakuti, mengancam dll. Tujuannya supaya emosi dan mental anda terganggu. Semakin takut anda, maka semakin mudah untuk ditipu. Jadi Stay Calm, santai saja

5. Mengenai nama dan alamat yang sudah di share bgm ? Aman. Komplotan itu beraninya hanya menghubungi lewat WA atau telepon. Tidak akan pernah datang ke alamat anda. Yakinlah.

6. Kalau merasa terganggu dengan WA/Telpon atau hal hal lain. Matikan saja HP beberapa hari. Kalau perlu ganti kartu sementara, nanti juga mereka berhenti mengganggu.

OK, ini adalah jawaban atas banyaknya pertanyaan yang masuk sehubungan dengan paket kiriman bule dari London yang mengaku kirim paket hadiah bahkan uang dalam jumlah besar. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment