DANA Patungan, Fitur dan Kelebihannya
in e-Payment

DANA Patungan, Fitur dan Kelebihannya

 

Aktifitas berbelanja atau kuliner dapat dipermudah berkat hadirnya layanan dompet digital dengan banyak fitur di dalamnya. Salah satu pemain utama layanan dompet digital di Indonesia adalah DANA. Aplikasi DANA menghadirkan banyak benefit untuk mereka yang hendak berbelanja, membayar tagihan, sampai mengisi ulang pulsa Hp. Bahkan DANA pun memiliki fitur dana patungan ketika ingin membayar tagihan dengan ditanggung bersama.

Fitur Fitur Aplikasi DANA

Saat ini ini DANA telah membina kerjasama dengan banyak merchant. Sehingga pengguna tidak akan menemui kesulitan saat menggunakan dompet elektronik ini ketika bertransaksi. Sebagian merchant yang sudah bekerjasama dengan aplikasi DANA diantaranya : Cinema XXI, BBM, Bukalapak, Reservasi, Sepulsa, Alfamart, Maybank, BCA, BNI, BPJS Kesehatan, TIX ID, dan masih banyak merchant besar yang lain. Secara lengkap berbagai fitur yang tersedia dalam e-wallet DANA adalah sebagai berikut :

  1. Card Binding (menambahkan kartu debit atau kartu kredit)

Banyak promo terbaru yang diluncurkan bank pastinya menarik keinginan masyarakat memiliki rekening di sejumlah bank sekaligus. Yang membuat repot yaitu dompet akan makin tebal berisi kartu plastik. Alangkah baiknya jika semua kartu tadi disimpan di e-wallet DANA dalam fitur Card Binding. Saat kartu telah dikaitkan ke akun DANA maka pengguna tidak usah ribet lagi melakukan isi ulang saldo. Pembayaran tetap bisa dilakukan meskipun saldo di dalam aplikasi tak mencukupi. Kartu debit dan kartu kredit bisa diandalkan menjadi saldo saat bertransaksi dari aplikasi DANA. Pengguna tidak usah lagi isi ulang saldo melalui transfer di ATM atau virtual account. Tidak usah cemas dengan keamanan, sebab langkah ini tidak menyerahkan kartu fisik dimana di sana tertera nomor CVV yang mesti dijaga kerahasiaannya. Di samping itu ditawarkan pula Program DANA Protection dengan perlindungan penuh saldo pengguna bila terjadi kendala yang menyebabkan dana hilang. Cara menambahkan kartu kredit atau debit melalui menu Card Binding yaitu dengan akses ke panel Pay/Bayar di bagian tengah layar. Sesudah itu ketuk Add Card/Tambah Kartu, pilih New Card/Kartu Baru selanjutnya input digit angka kartu debit atau kartu kredit yang hendak ditambahkan.

  1. Split Bill (dana patungan untuk pembayaran)

Saat lagi santai makan di luar dengan teman di kafe atau restoran lazimnya tagihan dijadikan satu sementara kita ingin membayar sendiri-sendiri. Untuk itu supaya tidak ribet, manfaatkan saja fitur Split Bill atau DANA patungan. Total tagihan tadi otomatis dibagi rata menggunakan fitur Split Bill. Selanjutnya tagihan dikirimkan via QRcode atau aplikasi chat. Tinggal ketuk menu Request/Minta, lantas ketuk Split Bill/Patungan kemudian isikan jumlah pembayaran dalam kolom Set Amount/Atur Jumlah. Sementara jumlah yang harus ditanggung per orang tergantung dari berapa kontak yang dimasukkan dalam menu Add More Participant/Tambah Teman. Sesudah itu ketuk Split Bill Now/Patungan Yuk. Link Split Bill dapat dikirimkan dengan beberapa metode ialah dari Facebook Messenger, QR Code maupun WhatsApp.

  1. Pembayaran tiket parkir di Centre Park

Saat jalan-jalan di mal, kini pengguna tidak usah repot dengan pembayaran parkir. Saat ini membayar tiket parkir pun dapat diselesaikan menggunakan aplikasi DANA. Fitur ini khusus untuk parkir yang dikelola Centre Park yang berada di 70 kawasan di seputaran Jabodetabek.

  1. Membeli bahan bakar di SPBU Shell

Saat mobil butuh bahan bakar sementara tak tersedia uang tunai di dompet atau tak mau ribet menggunakan kartu kredit, gunakan saja aplikasi DANA. Fitur ini tersedia untuk pembelian bahan bakar di SPBU Shell. Tinggal pakai saldo di aplikasi DANA. E-wallet ini saat ini dapat digunakan membeli bahan bakar di SPBU Shell yang berada di 84 titik di wilayah Jabodetabek.

  1. Membeli voucher games dan Google Play

Para pencinta game, kini tidak usah susah-susah lagi membeli voucher game di situs belanja. Kini langsung saja masuk ke aplikasi DANA, kemudian pilih fitur Entertainment. Pilih menu Digital Voucher atau Voucher Digital ketika ingin membeli voucher game ataupun saldo Google Play. Transaksi In-App Purchases maupun  pembelian voucher game digital dapat dilakukan langsung menggunakan aplikasi DANA. Item in-app purchase game mobile yang dapat ditebus menggunakan saldo DANA meliputi game Call of Duty Mobile,  Arena of Valor, Game of Sultans, HAGO, Free Fire, Love Nikki, MU Origin 2,  Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Speed Drifters, dan  Ragnarok Mobile: Eternal Love. Aplikasi DANA menawarkan banyak voucher digital yang meliputi voucher game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) untuk PC, Steam Wallet IDR,  Garena Shells, Steam Wallet USD hingga UniPin pun ada.

Lebih Jauh tentang DANA Patungan

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, DANA Patungan adalah salah satu fitur menarik yang ditawarkan dompet digital Indonesia ini. Agar dapat menggunakan fitur ini, status akun harus sudah premium. Bila akun masih basic, segera upgrade menjadi akun DANA premium yang langkah-langkahnya sangat mudah. Pertama, masuk ke aplikasi DANA dan di layar utama ketuk menu Saya. Berikutnya pilih menu Verifikasi Akun Saya. Nah, di langkah selanjutnya, siapkan eKTP dan ambil gambarnya untuk diunggah ke aplikasi. Tak hanya eKTP, pengguna pun mesti mengambil foto selfie yang juga akan dikirim ke aplikasi. Karena ini adalah langkah verifikasi data maka usahakan foto yang diambil kualitasnya bagus, terang dan tidak blur. Pastikan bahwa data yang diberikan sesuai dengan yang tertera die KTP sebelum disubmit. Bila semua sudah dilakukan, biasanya hanya menunggu maksimal 1×24 jam dan akun sudah berubah status menjadi premium.

Fitur Split Bill atau DANA Patungan memang benar-benar unik dan berguna di saat-saat tertentu. Pembayaran split bill yaitu transaksi satu yang ditanggung oleh beberapa orang dengan nominal per orang bisa ditentukan sesuai kemauan pembayar. Pembayaran patungan ini sangat pas diterapkan saat hendak membayar tagihan makan di restoran bersama teman-teman. Pembayaran bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan harga menu yang dipesan setiap orang, dengan begitu tak usah menghitung biaya patungan tiap-tiap orang satu per satu.

Jadi prinsipnya aplikasi DANA benar-benar membantu ketika pengguna ingin menghitung nota tagihan yang pembayarannya ditanggung bersama secara lebih cepat dan bebas repot. Perhitungan yang dilakukan aplikasi pun dijamin valid dan berdasarkan hitungan dengan sudah dimasukkan PPN 10%. Saat ini adalah abad digital, tak asyik jika membayar patungan dengan berebut kertas nota untuk dihitung dengan kalkulator.

Untuk dimengerti juga bahwa DANA Patungan atau Split Bill tak hanya mengkalkulasi harga yang tercetak di nota tagihan, namun juga dapat menghitung pajak ditambah biaya layanan restoran dengan otomatis. Sehingga, tak akan ada pihak yang dirugikan saat membayar patungan biaya makan di restoran. Menggunakan fitur terbaru aplikasi DANA ini, patungan akan menjadi makin praktis. Silahkan dicoba!

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment