Cek Apa Saja Pilihan Mining BItcoin
in Crypto

Cek Apa Saja Pilihan Mining BItcoin

Memang benar, semua orang membicarakan Bitcoin tetapi sampai sekarang mungkin Anda tidak pernah berpikir bagaimana cara memperolehnya. Anda mungkin tertarik dengan aktifitas mining Bitcoin atau penambangan. Bagaimana sebenarnya teknis dan cara menambang Bitcoin?

Apa itu Bitcoin?

Sebelum menjelaskan secara rinci apa yang perlu dilakukan untuk mining Bitcoin, ketahui dulu lebih lanjut tentang sifat cryptocurrency yang satu ini. Bitcoin (BTC), sebagaimana telah disebutkan, adalah mata uang digital dan, seperti euro atau mata uang lainnya, mata uang ini pun dapat dieksploitasi untuk pembelian dan penjualan barang dan/atau jasa.

Berbeda dengan uang tradisional, Bitcoin tidak memiliki bank sentral atau lembaga yang bertindak sebagai perantara antara orang-orang yang menukarkannya. Faktanya, semuanya didasarkan pada jaringan peer-to-peer open source yang menggunakan database yang didistribusikan di antara komputer pengguna (yang didefinisikan sebagai node).

Basis data tersebut berisi semua transaksi yang terjadi di jaringan Bitcoin dan dapat diakses tanpa hambatan oleh siapa pun. Oleh karena itu, meskipun pengguna dapat berpartisipasi dalam pembuatan mata uang digital tanpa memberikan detail pribadi mereka, semua gerakan yang dilakukan bersifat publik dan dapat dilacak.

Mengenai wacana legalitas, Bitcoin 100% tersebar di seluruh dunia. Keteraturan transaksi dijamin oleh sistem kriptografi kunci publik (public key) berkat pengguna yang tidak dapat menghabiskan koin yang sama lebih dari sekali atau untuk “mengubah” e-wallet mereka (wadah utama untuk mengumpulkan semua BTC) dengan memasukkan Bitcoin yang sebenarnya bukan milik mereka.

Anda juga harus tahu bahwa nilai Bitcoin berfluktuasi terus-menerus. Untuk memahami berapa jumlahnya pada saat tertentu, perlu mengakses beberapa bursa exchange online tertentu. Perlu juga dicatat bahwa jumlah Bitcoin itu dibatasi. Maksimal 21 juta dan setiap empat tahun jumlah koin yang dihasilkan harus dibagi dua menurut aturan deflasi.

Mengenal Mining Bitcoin

Bitcoin tidak tersedia secara fisik seperti euro atau dolar. Bitcoin secara eksklusif adalah mata uang digital, tepatnya dinamakan cryptocurrency, dan dengan demikian hanya dapat diperoleh secara digital. Salah satu sistem yang paling populer untuk mendapatkannya adalah melakukan operasi mining Bitcoin.

Secara teknis, mining Bitcoin melibatkan penyerangan data yang dilindungi dengan kriptografi menggunakan teknik brute force berdasarkan algoritma SHA-256. Oleh karena itu, semuanya dilakukan melalui komputer tetapi ini adalah operasi yang membutuhkan banyak daya komputasi. Oleh karena itu, untuk menghindari komputer “meleleh”, ada baiknya pemain melengkapi diri dengan perangkat khusus terbaru.

Untuk menambang Bitcoin “cukup” memiliki CPU atau GPU komputer untuk melakukan kegiatan yang terdiri dari menyerang data yang dilindungi dengan enkripsi berdasarkan algoritma SHA-256 menggunakan teknik brute force. Namun dengan bertambahnya waktu, aktivitas ini menjadi semakin menuntut dan oleh karena itu membutuhkan daya komputasi yang semakin banyak serta pengeluaran energi yang sangat tinggi. Sebab itu disarankan untuk mengandalkan solusi alternatif yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut daripada menggunakan PC biasa yang pasti akan rusak dalam waktu singkat.

Di antara berbagai solusi alternatif yang saat ini tersedia untuk menambang, tentu patut disebutkan komputer khusus yang dijual di pasaran oleh beberapa perusahaan dan dirancang dengan tepat untuk menghasilkan Bitcoin. Komputer seperti itu, yang disebut Bitcoin ASIC, cenderung mengkonsumsi lebih sedikit energi. Namun, perlu diingat bahwa banyak dari perangkat mining Bitcoin tersebut memiliki kualitas build yang buruk yang mengurangi kinerjanya dalam waktu singkat.

Atau, Anda dapat menggunakan perangkat ASIC (Application Specific Integrated Circuit) dalam format USB. Ini adalah perangkat dengan bentuk yang sangat mirip dengan flashdisk yang memiliki biaya minimal 50 euro dan harus terhubung ke komputer untuk mulai mining Bitcoin. Singkatnya, sesuatu yang jauh lebih terjangkau! Di dalamnya terintegrasi sirkuit yang dirancang untuk menyelesaikan perhitungan yang tepat dengan cepat dan efektif. Dibandingkan dengan solusi di atas, konsumsi energi jelas berkurang.

Alternatif lebih lanjut yang memungkinkan Anda untuk mining Bitcoin tanpa mempengaruhi kesehatan komputer dan tagihan listrik setidaknya diwakili oleh mining poo;. Ini adalah sistem yang memanfaatkan teknologi komputasi terdistribusi, memungkinkan berbagai pengguna dari seluruh dunia untuk menggabungkan kekuatan komputasi komputer mereka untuk melakukan penambangan. Namun, harus diingat bahwa pada akhir operasi, nilai blok yang ditambang dibagi di antara semua pengguna. Ada beberapa sistem jenis ini, salah satu yang paling terkenal adalah Slushpool. Untuk memanfaatkannya, Anda perlu memiliki klien khusus, seperti dalam kasus BFGMiner, yang menggunakan daya komputasi GPU dan kompatibel dengan semua sistem operasi.

Juga dimungkinkan untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara lain. Misalnya dengan memanfaatkan sistem afiliasi yang sesuai atau lebih sederhana lagi, dengan membelinya. Solusi bagus lainnya yang dapat Anda andalkan untuk mining Bitcoin adalah afiliasi. Misalnya QoinPro, di mana setelah mendaftar, dimungkinkan untuk menguangkan sejumlah kecil Bitcoin setiap hari tanpa melakukan sesuatu secara khusus, atau lebih tepatnya tanpa melakukan apa pun! Namun, dalam kasus khusus tersebut, jumlah Bitcoin yang diperoleh setiap hari ternyata sangat rendah. Anda akhirnya bisa mendapatkan sedikit peningkatan dengan meminta orang lain mendaftar ke layanan tersebut dengan memberikan tautan rujukan mereka atau istilahnya afiliasi. Tapi jangan berharap tumpukan Bitcoin.

Membeli Bitcoin

Apakah Anda ingin membelanjakan Bitcoin tetapi tidak memilikinya? Alih-alih menambang atau merujuk pada afiliasi, Anda dapat membelinya, tidak ada halangan dan sepenuhnya legal. Bahkan dalam kasus ini, untuk melakukan ini perlu mengandalkan layanan yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut, seperti Bitstamp, yang memungkinkan Anda untuk membuka akun dan mengisinya dengan Bitcoin yang dibeli oleh pengguna situs lainnya.

Untuk memulai, yang harus dilakukan adalah mengakses situsnya untuk membuat akun. Lengkapi formulir di layar dengan semua data yang diperlukan, lalu klik tombol Daftar. Kemudian buka kotak email, catat nama pengguna dan kata sandi yang dikirim oleh Bitstamp. Jika diminta, ubah kata sandi default menjadi kata sandi khusus. Kemudian klik Beli / Jual yang dapat diakses dengan menekan tombol tiga garis horizontal yang terletak di kanan atas lalu pilih salah satu opsi yang tersedia untuk melanjutkan pembelian.

Dompet Digital Bitcoin

Berurusan dengan Bitcoin pun membutuhkan “dompet” untuk menyimpan seluruh Bitcoin yang telah ditambang atau yang berhasil Anda peroleh dengan cara lain. Ini pada dasarnya adalah dompet digital khusus untuk tujuan yang dimaksud, semacam klien, yang memungkinkan Anda menyimpan Bitcoin Anda, melakukan pembayaran, dan menerimanya. Singkatnya, tanpa Bitcoin, mereka praktis tidak berguna!

Ada begitu banyak dompet untuk Bitcoin dan semuanya sama-sama berfungsi. Di antara berbagai klien yang tersedia, yang paling populer dan dapat diandalkan  salah satunya adalah Bitcoin Core. Ini adalah perangkat lunak multi-platform (kompatibel dengan Windows, Mac dan Linux) dengan operasi yang sangat sederhana. Namun, Anda harus memilih salah satu yang paling cocok.

Sebagai contoh, dalam kasus spesifik Bitcoin Core, Anda dapat mengunduhnya dari situs web Bitcoin.org (di mana Anda juga akan menemukan beberapa klien lain untuk semua sistem operasi utama dan perangkat seluler). Setelah unduhan selesai, jika Anda menggunakan PC Windows, Anda dapat menginstalnya, dan tentukan folder di PC tempat Anda ingin menyimpan dompet Anda.

Disarankan untuk segera mengamankan Wallet iru dengan mengaktifkan fungsi enkripsi. Untuk melakukannya pada Bitcoin Core Anda harus masuk ke menu Pengaturan dan klik Wallet Coin. Disarankan juga membuat salinan cadangan secara berkala yang menunya sudah tersedia di aplikasi. Saat Anda mulai menggunakan Bitcoin Core atau dompet lainnya, selalu tunggu program tersinkronisasi sepenuhnya dengan jaringan Bitcoin sehingga blockchain yang menjadi basis sistem diunduh ke komputer, data dasar di mana semua transaksi dicatat.

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi