Cara Transfer ShopeePay ke DANA
in e-Payment

Cara Transfer ShopeePay ke DANA

Pembayaran secara elektronik menjadi opsi konsumen terutama dalam masa pandemi sebagaimana saat ini. Transaksi yang dapat dilakukan misalnya melunasi tagihan PLN, top up paket data, maupun bertransaksi di banyak aplikasi situs belanja terutama untuk mendapatkan promo menarik terbaru yang diluncurkan.Termasuk penyelenggara layanan elektronik itu ialah ShopeePay.

Para penghobi belanja online pasti sudah paham jika di aplikasi Shopee ada menu dompet digital yaitu Shopeepay. Menu tersebut berfungsi memproses pembayaran di marketplace Shopee dengan mudah. Tentu saja Shopeepay harus berisi saldo lebih dulu agar dapat digunakan membayar. Melakukan top up saldo Shopeepay dapat melalui ATM, mobile banking maupun OVO.

Cara Transfer Shopeepay ke Dana

Dana di dalam akun Shopeepay tentu saja tak cuma untuk bayar belanjaan di aplikasi Shopee. Saldo di dalamnya pun dapat difungsikan untuk top up saldo DANA. Bagaimana cara transfer Shopeepay ke DANA? Beberapa ketentuan harus dipahami mengenai transaksi ini. Akun Shopeepay harus sudah dilakukan verifikasi yaitu menambahkan info identitas sesuai KTP. Selanjutnya saldo yang dimiliki dalam akun Shopeepay harus lebih dari Rp.10 ribu. Langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasi Shopee di ponsel.
  • Ketuk tab Shopeepay di halaman depan aplikasi.
  • Halaman baru akan terbuka, ketuk tombol Transfer.
  • Selanjutnya ketuk menu Penarikan ke Rekening Bank.
  • Di halaman berikutnya coba ketikkan format berikut : kode transfer (8059) + No. Ponsel yang digunakan dalam aplikasi DANA. Misalnya : 805908198765432.
  • Lalu ketikkan PIN Shopeepay kemudian ketuk tombol OK.
  • Langkah transfer Shopeepay ke DANA berhasil dilakukan.

Selanjutnya harus dipahami oleh pengguna jika dalam proses transfer dari Shopeepay ke DANA ini Shopee tak mengenakan biaya administrasi. Sehingga saldo Shopeepay hanya berkurang sebesar nilai transfer saja.

Cara Transfer Shopeepay ke Rekening Bank

Di bawah ini juga diuraikan sejumlah langkah yang harus dilakukan bila pengguna ini menarik sejumlah uang dari akun ShopeePay dikirim ke rekening bank yang dimiliki :

  • Dari aplikasi Shopee, masuk ke menu ShopeePay, lalu ketuk opsi Transfer.
  • Di layar Transfer, ketuk menu Penarikan ke Rekening Bank kemudian isikan nominal yang hendak diambil dengan paling sedikit Rp.5 ribu.
  • Ketuk tombol Konfirmasi lalu ketikkan kode PIN ShopeePay sebagai langkah menuntaskan proses pengambilan.
  • Ada biaya yang harus dibayarkan pengguna untuk proses ini. Pengambilan uang dari saldo Shopeepay kurang dari Rp50 ribu untuk dikirimkan ke rekening bank BRI, BCA, bank Mandiri atau bank BNI biasanya diberlakukan charge Rp.3 ribu. Sementara pengambilan saldo lebih dari Rp50 ribu ke empat bank tadi tak dibebankan biaya. Ketentuan lain, untuk pengambilan saldo Shopeepay selain ke empat bank tadi diberlakukan biaya Rp3 ribu untuk sekali transfer.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses tersebut hingga dana masuk ke rekening bank mungkin akan berbeda dari bank satu dengan bank lain. Biasanya perkiraan waktunya adalah sebagai berikut : bank BCA 1 hari kalender, bank BNI 1 hari kalender, bank BNI Syariah 1 hari kerja, bank BRI antara 1-2 hari kalender, bank Mandiri 1 hari kalender, bank selain yang sudah disebutkan antara 1-4 hari kerja.

Adakalanya proses transfer dana Shopeepay ke rekening bank tak berjalan mulus. Boleh jadi saldo belum mendarat di rekening bank. Kejadian tersebut boleh jadi disebabkan data rekening bank yang dimasukkan tak sama dengan yang ada di buku tabungan. Pihak Shopee biasanya tak memprosesnya dan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna agar membetulkan data rekening di aplikasi Shopee. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Dari aplikasi Shopee, pilih menu Saya lalu ketuk menu ShopeePay.
  • Ketuk tombol setting di sebelah sudut kanan atas layar.
  • Ketuk opsi Rekening Bank untuk ShopeePay.
  • Ketuk pada rekening bank yang keliru tadi lalu ketuk tombol Hapus.
  • Input kode verifikasi yang dikirim ke nomor ponsel yang terdaftar. Setelah itu ketuk tombol Lanjut.
  • Ketuk tombol Tambah Rekening Bank lalu ketikkan nomor rekening bank yang betul, ketuk tombol Lanjutkan.

Permintaan tersebut akan diproses dari jam 8 malam hingga 6 pagi WIB. Karena itu pengguna disarankan melakukan pencairan saldo Shopeepay selain di rentang waktu tadi. Bilamana pencairan saldo dari ShopeePay menuju rekening bank belum juga clear maka pengguna bisa mengirimkan username Shopee, kode penarikan dana saldo ShopeePay serta sertakan pula screenshot mutasi rekening ke email Shopee.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment