Cara Setor Tunai di ATM BRI
in Bank

Cara Setor Tunai di ATM BRI

Dengan kemajuan teknologi, kini melakukan transfer uang ke nomor rekening tabungan milik sendiri tidak usah lagi mengantri di konter. Tinggal memanfaatkan mesin ATM Setor Tunai yang dinamakan mesin CDM. Uang setoran Anda akan masuk ke rekening tabungan seketika. Bank BRI pun memiliki ATM canggih seperti itu. Cara setor tunai di ATM BRI prosedurnya pun tidak rumit, beberapa menit saja sudah selesai.

Mesin CDM tersebut biasanya tak berada di tempat publik sebagaimana mesin ATM biasa. Mesin CDM cuma disediakan di lokasi kantor BRI tertentu yang seringnya punya nasabah yang ramai. Dengan begitu nasabah yang akan menyetor uang ke rekening tabungan sendiri tidak usah lagi antri lama. Setor tunai dari mesin ATM BRI ini tentu lebih praktis terutama bagi nasabah yang sibuk.

Prosedur Cara Setor Tunai di ATM BRI

Mekanisme menyetor tunai dari mesin ATM BRI memang mudah dan praktis. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Sisipkan kartu debit Bank BRI ke mesin ATM. Kemudian tekan bahasa yang dipilih lalu ketikkan nomor PIN ATM.
  • Dari halaman depan, tekan menu “Setoran tunai” maka layar langsung menyajikan poin-poin syarat dan ketentuan.
  • Pengguna tinggal menekan tombol “Lanjutkan” untuk langkah berikutnya.
  • Selanjutnya tekan tombol “Rekening Tabungan” sehingga otomatis mesin membukakan laci untuk menempatkan uang yang akan ditabung.
  • Tempatkan uang yang hendak disetor ke laci itu. Sebelum dimasukkan, hendaknya pengguna merapikan lembar-lembar uang itu. Cek juga jika tak ditemukan uang dengan kondisi rusak atau terlipat. Tujuannya supaya mesin ATM bisa mengenali total saldo yang disetorkan.
  • Pengguna harus menunggu sejenak sampai layar ATM kemudian menyajikan data konfirmasi total dana yang hendak ditabungkan. Jika memang nominalnya sudah betul, tekan tombol “Setor” sebagai langkah memprosesnya.
  • Maka pada layar ATM langsung menyuguhkan pesan “Setoran Anda telah diterima” kemudian mencetak struk bukti transaksi setoran. Uang setoran kini telah tercatat dalam rekening tabungan. Pengguna bisa langsung mengeceknya dengan memilih menu Informasi Saldo.
  • Silahkan struk tadi disimpan sebagai bukti dan jangan lupa kartu debitnya diambil dari slotnya sebelum meninggalkan mesin ATM.

Aman Bertransaksi di ATM

Bila sudah mengerti cara setor tunai di ATM BRI, berikutnya yang tak kalah penting yaitu melindungi nomor PIN dari bahaya skimming. Skimming adalah tindak kejahatan berupa upaya menggandakan data kartu ATM dengan misi mengambil uang yang ada di rekening tabungan milik korban. Tidak sedikit pengaduan dari nasabah terkait saldo tabungan mereka yang berkurang atau habis sama sekali. Sejumlah nasabah mengaku kehilangan uang yang ada di tabungan dengan misterius. Ditengarai itu adalah upaya skimming.

Mengamati mesin ATM terutama di bagian slot tempat masuknya kartu ATM yang dipasangi alat skimmer memang lumayan sulit karena didesain dengan cukup rapi sehingga adakalanya mirip dengan yang asli. Skimming umumnya juga ditempatkan di pojok pojok mesin ATM untuk mengintai data yang dimiliki nasabah. Ada beberapa langkah yang bisa diambil sebelum bertransaksi dari mesin ATM guna mencegah tindakan skimming yang akhir-akhir ini muncul :

  • Nasabah mesti mengamati dengan seksama mesin ATM. Cek bahwa tak tertempel alat mencurigakan yang di mesin ATM.
  • Mesin ATM yang terletak di tempat sepi biasanya berpeluang untuk dipasangi alat skimming. menempelkan skimmer tentu perlu waktu yang tak sebentar. Karena itu sebaiknya pilih bertransaksi di mesin ATM dengan situasi ramai atau bilik ATM yang terletak di depan bank bersangkutan sehingga bisa dijamin keamanannya sebab dijaga petugas keamanan setiap waktu.
  • Nasabah diharapkan mengubah password PIN ATM dengan teratur. Mekanisme menggandakan data di kartu ATM pasti memerlukan waktu yang lumayan lama. Apabila nasabah mengubah password dengan berkala tentu bisa dijamin pencuri gagal mengambil saldo yang ada di dalam tabungan.
  • Segera ke kantor bank untuk meminta ganti kartu ATM lama yang masih berteknologi pita magnetik (magnetic stripe) ke teknologi chip yang sudah memanfaatkan teknologi data digital (chip). Permintaan penggantian kartu ATM lama ke ATM baru berteknologi Chip tak dipungut biaya alias gratis.
RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment