Cara Pengiriman Barang dari Alibaba
in Alibaba

Cara Pengiriman Barang dari Alibaba

Jika anda sedang mencoba belajar cara belanja di Alibaba, mungkin anda akan bertanya bagimana cara pengiriman barang yang kita beli dari Alibaba ?. Nah dalam posting kali ini kita bahas beberapa metode atau cara pengiriman barang yang bisa kita lakukan jika kita membeli barang dari Alibaba.

Secra garis besar, ada dua metode pengiriman yang bisa kita gunakan, yaitu Metode pengiriman langsung, dimana penjual langsung serta metode pengiriman tidak langsung. Dan masing masing metode pengiriman akan dibagi menjadi beberapa cara lagi. Berikut pembahasannya.

Metode pengiriman langsung

Dalam metode atau cara ini, penjual di Alibaba langsung mengirimkan barangnya ke alamat kita di Indonesia. Metode pengiriman ini umumnya dilakukan untuk barang yang berjumalh relatof sedikit, ringan dan volume kecil. Atau untuk barang barang bersifat urgent, sehingga biaya kirim bukan menjadi hambatan untuk mengirimnya secara langsung.

Keuntungan pengiriman secara langsung adalah waktu yang cukup cepat. Tetapi kelemahannya adalah relative lebih mahal dibandingkan dengan skema pengiriman tidak langsung. Beberapa cara pengiriman dalam metode pengiriman langsung adalah :

DHL

DHL merupakan jasa titipan paket express yang berasal dari Jerman. DHL terkenal akannkecepatannya dalam mengirimkan barang ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Estomasi waktunya sekitar 4-7 harian sejak barang dikirim oleh penjual

Fedex

Fedex atau federal express adalah jasa titipan paket express yang berasal dari Amerik. Sama dengan DHL, Fedex juga terkenal akan kecepatan pengirimannya. Waktu pengiriman menggunakan fedex, umumnya makan waktu sekitar 4-7 harian sampai Indonesia

UPS

UPS atau United Parcel service, jug berasal dari amerika. UPS juga merupakan jasa titipan paket express, yang saat ini bekerjasama dengan JNE dalam distribusi pengiriman paket ke seluruh tujuan di Indonesia yang terdapat agen JNE nya. Waktu pengiriman sekitar 4-7 harian.

Aramex

Merupakan perusahaan jasa titipan express yang berasal dari Timur tengah. Aramex terkenal akan service nya yang cukup cepat, tetapi dengan harga yang lebih bersahabat. Aramex memang tidak secepat tiga perusahaan jasa titipan diatas, tetapi banyak dipilih karena cukup handal, dan berharga lebih ekonomis. Di Indonesia Aramex bekerjasama dengan kuris lokal PT. Pandu Siwi Sentosa. Waktu pengiriman sekitar 1-2 Mingguan.

EMS

EMS atau Express Mail service adalah jasa pengiriman pos express milih jaringan kantor pos Internasional. EMS memiliki rentang waktu pengiriman sekitar 1-2 Mingguan. Keunggulan EMS adalah bisa mendistribusikan paket ke seluruh penjuru Indonesia selama di daerah itu terdapat jaringan kantor pos.

Metode Pengiriman Tidak Langsung / Skema Forwarder

Dalam metode pengiriman ini, kita akan menggunakan bantuan pihak ketiga yang akan mengirimkan paket ke Indonesia. Pihak ketiga tersebut disebut sebagai jasa forwarder. Adapun skema dasar pengiriman paket menggunakan jasa forwarder adalah sebagai berikut :

  • Paket dikirim penjual Alibaba ke Gudang pihak forwarder di China ( Guangzhou, Yiwu, Shenzhen, dll )
  • Paket dikirim ke Indonesia oleh pihak forwarder
  • Paket diurus masalah kepabeanannya di Indonesia, kemudian barang di kirimkan ke customer yang membeli barang tersebut

Keunggulan mengggunakan skema pengiriman dengan skema forwarder adalah :

  • Bisa kirim barang dalam jumlah besar, walaupun kita tidka punya perusahaan atau izin impor
  • Bisa kirim barang dalam jumlah banyak, besar dan berat dengan tarif bersaing
  • Bisa kirim paket yang penjualnya tidak mau mengirim ke Indonesia
  • Bisa impor dengan mudah dan prakris tanpa repot mengurusu masalah kepabeanan

Secara umum, metode pengiriman ini dibagi menjadi dua, yaitu :

Pengiriman dengan forwarder udara

Dimana pengiriman barang dilakukan dengan menggunakan moda transportasi udara atau pesawat terbang. Dengan metode ini, umumnya yang dikirim adalah barang dengan ukuran kecil atau ringan. Karena pengiriman ini lebih mahal dibandingkan metode pengiriman dengan metode laut. Lama waktu pengiriman skema forwarder udara tipe standar makan waktu 2-3 Mingguan, sedangkan untuk tipe ekspress bisa makan waktu 7-10 harian.

Pengiriman dengan forwarder laut

Pengiriman dengan metode ini, menggunakan moda pengiriman kapal laut. Sehingga waktu pengirimannya lebih lama dibandingkan dengan metode pengiriman menggunakan udara. Rata rata waktu yang dibutuhkan adalah 4-6 Mingguan sejak barang masuk ke Gudang forwarder di China. Metode pengiriman forwarder laut sangat cocok untuk pengiriman barang yang berjumlah banyak, berat dan volume pakegt besar.

Jika anda tertarik untuk membeli barang dari Alibaba dan ingin mengirim paket dengan skema forwarder, silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu anda membeli / mengirim barang dengan mudah, aman dan praktis. Salam.

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment