Cara Mudah Menghitung Volume Barang Berbentuk Tabung
in Uncategorized

Cara Mudah Menghitung Volume Barang Berbentuk Tabung

Dalam mempraktekkan cara belanja dari Alibaba, kita sering di hadapkan dengan bagaimana cara menghitung volume sebuah barang berbentuk tabung yang akan kita kirim dari China ke Indonesia, baik itu menggunakan Perusahaan Jasa Titipan seperti kantor pos, DHL, Fedex, maupun melalui skema Jasa forwarder Alibaba.

Jika kita mengirim barang berbentuk kubus atau balok, maka cara perhitungan volume barangnya akan lebih mudah, karena kita tinggal mengalikan P x L x T nya. Nah bagaimana jika yang kita hadapi adalah barang berbentuk tabung. Misalnya kain, karpet, rumput sintetis yang dalam pengemasannya dilakukan dengan menggulung barangnya hingga berbentuk menyerupai tabung ?

Kembali pada prinsip matematika yang diajarkan guru saat kita sekolah di SD-SMP, rumus perhitungan tabung adalah sbb : Luas Alas x Tinggi tabungnya.

Nah, sebelum menghitung volume tabung, maka kita harus menghitung luas alas terlebih dahulu. Dan seperti kita ketahui, alas sebuah tabung berbetuk Lingkaran. Dan rumus menghitung luas lingkaran adalah : πr²

Π = Phi = 22/7 atau sederhananya di gunakan angka 3.14

r = Jari jari, atau setengah diameter lingkaran tersebut

Contoh : Sebuah lingkaran memiliki Diameter 40 Cm, Berapa luas lingkaran tersebut ?

Luasnya adalah :

= πr²

= 3.14 x ( jari jari x jari jari )

= 3.14 x ( 20 x 20 )

= 1.256 Cm 2

Setelah kita bisa menghitung luas lingkaran yang dijadikan alas sebuah tabung, maka kita bisa menghitung volume sebuah tabung. Adapun rumus perhitungannya adalah sbb : πr² t, atau dibaca sebagai luas alas kali Tinggi nya.

Contoh : Sebuah tabung memiliki Diameter 40 Cm, dengan Tinggi 200 Cm, berapa volumenya ?

  1. Hitungan luas alas

= πr²

= 3.14 x ( jari jari x jari jari )

= 3.14 x ( 20 x 20 )

= 1.256 Cm 2

  1. Hitungan volume Tabungnya

= Luas Alas x Tinggi

= 1.256 Cm2 x 200 Cm

= 251.200 Cm3

= 0.2512 M3

Jadi volume tabung tersebut adalah 251.200 Centimeter kubik, atau sama dengan 0.2512 Meter kubik.

Demikianlah cara mudah menghitung paket atau benda berbentuk tabung yang harus kita ketahui, jika kita ingin mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi, atau menggunakan jasa forwarder jika kita berbelanja barang dari luar negeri.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment