Cara Mudah Jualan di Bukalapak 2022
in Bukalapak

Cara Mudah Jualan di Bukalapak 2022

Dari berbagai situs belanja online favorit di tanah air, Bukalapak adalah salah satunya. Tiap hari ada jutaan pengunjung yang mengakses marketplace ini baik untuk berbelanja atau cuma lihat-lihat. Merupakan potensi bisnis yang menggiurkan bila bisa berjualan di sana. Bagaimana prosedur cara jualan di Bukalapak?

Membuat Akun

Bukalapak menyediakan peluang luas bagi pelaku usaha kecil dan menengah bisa bergabung untuk menjual produknya. Terus, bagaimana cara jualan di Bukalapak? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Proses pertama kali agar dapat berdagang di Bukalapak adalah melakukan pendaftaran dengan mengakses situs resminya di https://www.bukalapak.com/.
  • Tekan tombol Daftar yang ada di sebelah kanan atas halaman depan Bukalapak. Maka akan ditampilkan laman baru sebagai tahap berikutnya.
  • Sesudah ditampilkan laman baru, berikutnya pengguna harus melengkapi “Formulir Pendaftaran”. Pengguna pun bisa melakukan pendaftaran memakai akun Facebook atau akun Google. Pengguna cukup klik tombol itu otomatis terdaftar di Bukalapak.
  • Di kolom pendaftaran tersebut, ketikkan nomor Hp lalu alamat email aktif, karena prosedur registrasinya mewajibkan langkah verifikasi dari keduanya.
  • Berikutnya, pengguna dapat mengisi nama toko yang akan digunakan. Pilih nama toko yang khas tapi gampang diingat. Dengan begitu pengunjung akan dengan mudah mengingatnya.
  • Selanjutnya, isikan password yang akan dipakai untuk membuka akun Bukalapak selanjutnya. Buat password yang tak ribet untuk menghindari kelupaan.
  • Pastikan membaca syarat dan ketentuan yang ada, sebelum memberikan tanda centang “Setuju” yang merupakan tanda persetujuan pengguna akan ketentuan jual beli di Bukalapak.
  • Apabila seluruh data telah lengkap dan benar, selanjutnya tekan tombol “Daftar” yang ada di bawah formulir.
  • Berikutnya, pengguna akan memperoleh bukti konfirmasi yang dikirimkan ke email yang dimasukkan tadi. Buka email lalu klik tautan yang ada sebagai langkah konfirmasi akun Bukalapak yang baru saja dibuat.
  • Bilamana pengguna telah menyelesaikan konfirmasi, itu artinya akun Bukalapak sudah dapat digunakan untuk mulai berjualan.

Melengkapi Profil Toko

Saat akan menawarkan produk di Bukalapak, penjual harus melengkapi profil toko lebih dulu. Hal tersebut cukup membantu agar dapat lebih mudah dalam menjaring konsumen dan memperoleh penjualan. Tambahkan penjelasan profile toko yang menarik dan pastinya tak menyalahi persyaratan yang diberlakukan Bukalapak. Itu dapat dilakukan dengan masuk ke menu “Pengaturan” di halaman akun. Cantumkan juga nomor Hp yang dapat dihubungi calon pembeli. Lengkapi pula dengan berbagai setting yang dirasa perlu dan relevan, misalnya: ketentuan pengiriman, pembayaran, jumlah pesanan, dan banyak lagi. Berikan keterangan akun yang menarik supaya calon konsumen berminat untuk mengunjungi toko dan akhirnya melakukan pesanan.

Mengunggah Foto Produk

Apabila seluruh tahap tadi telah diselesaikan, selanjutnya siapkan foto produk yang akan dijajakan. Upload foto produk di kolom yang disediakan. Pilih foto yang tajam dan patut, dengan begitu pengunjung tak kesulitan mengerti dan memahami produk itu. Itu pun penting dipertimbangkan demi memperkuat keyakinan calon konsumen. Tambahkan setiap kolom dengan kalimat deskripsi produk yang lengkap, tak terkecuali ketentuan pembayaran, serta layanan pengiriman yang dikehendaki. Berikutnya, penjual sudah dapat mulai menjajakan barang dagangannya di Bukalapak.

Fasilitas Jual Banyak Barang Sekaligus merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan seller dalam menjual banyak barang sekaligus namun spesifikasinya berbeda-beda. Ada batasan mengunggah produk sesuai Badge (Emblem) yang dimiliki pedagang yaitu :

  • Belum memiliki badge, maksimal 250 produk. Paling banyak mengunggah 150 item dalam satu bulan terakhir (belum berlangganan Super Seller).
  • Memiliki badge BL User, maksimal 500 produk. Paling banyak mengunggah 150 item dalam satu bulan terakhir (belum berlangganan Super Seller).
  • Memiliki badge Pedagang, maksimal meng-upload 150 item dalam satu bulan terakhir (belum berlangganan Super Seller).
  • Memiliki badge Pedagang Besar, Calon Juragan, dan Juragan boleh mengupload hingga 300 produk dalam satu bulan terakhir (belum berlangganan Super Seller).
  • Memiliki badge Good Seller, Recommended Seller, Trusted Seller, dan Top Seller boleh mengunggah sampai 500 produk dalam satu bulan terakhir (belum berlangganan Super Seller).

Merupakan salah satu e-commerce online terbesar di tanah air, Bukalapak menyediakan kesempatan bergabung sebagai penjual. Prosedur dan cara jualan di Bukalapak ternyata mudah sebagaimana langkah-langkahnya di atas.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi