Cara Merawat Aglaonema di Musim Hujan
in Home and Garden

Cara Merawat Aglaonema di Musim Hujan

Akhir-akhir ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan, sehingga bagi orang-orang yang memiliki koleksi tanaman hias, khususnya Aglaonema, akan mencari cara merawat aglaonema di musim hujan. Aglaonema sendiri adalah tanaman hias yang cukup banyak diburu oleh para pemilik hobi bercocok tanam.

Tanaman hias yang mempunyai ciri daun berwarna hijau merah ini terlihat cantik sebagai hiasan rumah. Tahukah kalian, ternyata aglaonema ini mempunyai banyak jenis yang semuanya memiliki ciri khas masing-masing yang siap untuk menghiasi setiap rumah.

Walaupun harga tanaman hias aglo melejit, tak membuat para kolektornya berhenti untuk memburu aglaonema.

Cara Merawat Aglaonema di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Busuk

Aglaonema yang sehat serta cantik tentu membutuhkan perawatan yang khusus, terlebih ketika cuaca tidak menentu dan mulai seringnya turun hujan. Daun yang busuk sampai rusaknya tanaman disebabkan oleh terlalu lembabnya daun tersebut.

Dikutip kabarlumajang.com, ada baiknya perhatikan cara merawat aglaonema ketika memasuki musim penghujan. Berikut penjelasannya.

  1. Letakkan di tempat yang naung

Demi merawat Aglaonema tetap di dalam kondisi terbaiknya saat musim hujan, letakkan tanaman Aglaonema di tempat yang naung. Misalnya letakkan di teras atau membuat rak bunga yang dilengkapi atap.

Tujuannya adalah agar Aglaonema tak terkena hujan secara langsung terlalu sering yang bisa menyebabkan kebusukan pada Aglaonema. Tetapi, hindari meletakkan Aglaonema dalam ruangan atau ruangan yang tertutup, agar tanaman tetap mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

  1. Gunakan kipas angin

Kipas angin digunakan untuk mengangin-anginkan Aglaonema. Jika hujan berlangsung selama berhari-hari, angin-anginkan aglaonema sepanjang malam. Tetapi, hindari juga meletakkan di dalam rumah atau ruangan yang tertutup, agar tanaman tetap mendapat sirkulasi udara yang cukup.

Alasan Tanaman Aglaonema Sangat Diminati

Terdapat beberapa alasan mengapa Aglaonema banyak digemari oleh pecinta tanaman. Berikut penjelasannya.

  1. Mudah beradaptasi

Aglaonema dapat hidup meskipun hanya dengan sinar matahari yang sedikit. Hal ini karena tanaman tersebut mempunyai akar serabut yang dapat menyimpan zat hara lebih banyak.

Tetapi tidak semua Aglaonema dapat hidup dengan sinar matahari yang sedikit. Cari tahu lebih dalam mengenai jenis-jenis Aglaonema sebelum membeli dan merawatnya.

  1. Dapat dirawat di rumah

Aglaonema dengan jenis modestum, cutclass, nitidum, emerald bay, red gold serta silver queen dapat hidup dengan hanya cahaya matahari yang sedikit jika dibandingkan dengan jenis Aglaonema lainnya. Sehingga jenis Aglaonema tersebut dapat dijadikan rekomendasi tanaman hias indoor atau ditaruh di dalam rumah.

  1. Menetralkan udara yang kotor

Aglaonema dapat menyerap gas berbahaya melalui pori-pori pada daunnya, menyaring serta membersihkan formaldehyde dan benzene udara yang kita hirup sehari-hari. Selain itu, tanaman ini juga ideal jika diletakkan di kamar, sudut rumah hingga kantor sebagai tambahan dekorasi yang cantik sekaligus dapat meningkatkan suasana cerah di dalam ruangan.

  1. Bisnis yang menjanjikan

Memang harga Aglaonema terbilang cukup mahal, tetapi jika serius untuk dibudidayakan, akan berpeluang mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Hal tersebut karena manfaat ganda yang ada pada tanaman ini, yaitu mempercantik ruangan serta dapat menghilangkan polusi udara di ruangan.

  1. Dipercaya sebagai tanaman yang membawa keberuntungan

Aglaonema dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Kepercayaan tersebut sudah lama ada, sehingga banyak orang yang merawat dan memelihara tanaman ini.

Itulah penjelasan mengenai cara merawat Aglaonema di musim hujan serta alasan mengapa Aglaonema banyak diminati. Meskipun Aglaonema mudah tumbuh serta tak terlalu memerlukan perhatian yang ekstra, pemilik juga perlu ketekunan dalam merawatnya agar keindahan dari Aglaonema tetap terpancar.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment