Cara Mengurus ATM BCA Ketelen
in Bank

Cara Mengurus ATM BCA Ketelen

Warga kebanyakan saat ini mengikuti himbauan pemerintah agar menjalankan work from home (WFH). Langkah tersebut diambil demi mengurangi penyebaran wabah Covid 19 di tanah air. Ketentuan itu tentu berpengaruh ke sejumlah kegiatan masyarakat termasuk mengurus jika kartu ATM BCA ketelan mesin ATM. Bagaimana cara mengurus ATM BCA ketelan?

Prosedur Mengurus ATM BCA Ketelan

Kartu ATM BCA ketelan biasanya disebabkan nasabah lupa mengambil sesaat setelah selesai bertransaksi di mesin ATM. Sebab lainnya yaitu aliran listrik yang tiba-tiba mati saat nasabah sedang menggunakannya. Kemungkinan juga bisa disebabkan mesin ATM yang sedang error sehingga tak bisa mengeluarkan kartu ATM yang sudah terlanjur dimasukkan. Ketika fisik kartu ATM rusak seperti bengkok, tergores atau retak pun bisa menyebabkan kartu tak bisa keluar.

Cepat menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Tujuannya adalah meminta agar kartu ATM BCA yang tertelan itu diblokir agar tak disalahgunakan pihak lain. Sehingga, kendati kartu ATM itu ditemukan orang lain, saldo dalam rekening tabungan akan tetap aman sebab tak dapat diambil tunai melalui mesin ATM. Sesudah permintaan pemblokiran dilakukan, proses selanjutnya yaitu datang ke kantor cabang bank BCA guna meminta ganti kartu ATM baru. Langkah tersebut tak mesti langsung dilakukan. Kartu ATM BCA yang sudah diblokir berarti saldo di dalamnya aman. Tetapi nasabah tak dapat melakukan tarik tunai dari ATM.

Bilamana kejadian kartu ATM BCA ketelan di ATM dekat kantor bank BCA, maka kemungkinan kartu ATM itu masih ada kemungkinan kembali. Nasabah  tak usah mengajukan penggantian kartu ATM baru. Kartu ATM lama tetap dapat difungsikan secara setelah blokirnya dibuka. Bila memang mengharuskan penggantian kartu ATM BCA baru, nasabah akan dikenakan biaya yang nominalnya tergantung tipe kartu : untuk kartu Debit Silver Rp10.000,00 untuk Debit Gold Rp15.000 dan untuk Debit Platinum Rp20.000.

Temui bagian customer service untuk prosedur penggantian dengan kartu ATM BCA baru. Pihak CS akan melakukan konfirmasi dengan menanyakan beberapa pertanyaan misalnya : tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor kartu ATM BCA, perkiraan saldo terakhir atau transaksi terakhir yang dilakukan. Langkah berikutnya, nasabah diberikan formulir untuk dilengkapi yang kemudian ditandatangani di atas materai.

Tips Aman Menggunakan Kartu ATM BCA

Kartu ATM ibaratnya adalah pintu masuk untuk mengambil uang. Karena itu pemilik harus mengamankannya secara maksimal agar dana yang disimpan tak hilang diambil orang. Berikut beberapa tips aman menggunakan kartu ATM BCA yang dapat dilakukan :

  • Gunakan ATM dengan CCTV : Dengan terpasangnya kamera perekam itu, paling tidak akan mengurangi niat pelaku yang akan bertindak jahat ke pengguna ATM.
  • Jangan terlalu lama di dalam bilik ATM : Pastikan sudah mempersiapkan kartu ATM. Dengan begitu nasabah tak usah lagi merogoh tas atau mengambil dompet untuk mengeluarkan kartu ATM yang akan membuat waktu di dalam bilik ATM bertambah lama. Berlama-lama di dalam bilik ATM hanya akan membuat orang jahat berniat melancarkan aksinya.
  • Senantiasa menjaga nomor PIN : tidak boleh sekalipun memberikan detil nomor PIN ATM BCA ke siapa saja termasuk orang yang hendak membantu saat di bilik ATM. Tutup dengan telapak tangan ketika mengetikkan nomor PIN.
  • Hindari mengetikkan lagi kode PIN bila kartu ketelan : orang yang berniat jahat mungkin telah memasang alat ke slot kartu sehingga mengakibatkan kartu ATM macet. Begitu nasabah mengetikkan ulang PIN, penjahat pun mempunyai akses ke rekening itu untuk dikuras saldonya.
RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment