Cara Menghindari Penipu di Alibaba
in Alibaba

Cara Menghindari Penipu di Alibaba

Belanja di Alibaba memang cukup menyenangkan. Kita bisa mendapatkan barang barang unik kreatif dengan harga yang cukup bersaing, sehingga bisa kita manfaatkan sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Namun, ditengah keasyikan belanja tersebut, jangan sampai kita menjadi korban penipuan orang orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan platfom Alibaba untuk mengambil keuntungan dengan cara yang tidak benar.

Pada dasarnya, Alibaba adalah sebuah platform yang hebat dan aman. Tetapi seaman apapun sebuah platform, tetap saja ada orang jahat yang berusaha memanfaatkannya untuk menipu orang yang tidak paham bagaimana cara belanja yang aman.

Nah, supaya kamu tidak tertipu, atau terkecoh dengan hal hal yang belum kami ketahui dengan detail di Alibaba, berikut kita bahas beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu di Alibaba.

Pilih penjual terpercaya

Setidaknya ada 2 ciri penjual Alibaba yang terpercaya bisa disimak didalam foto berikut ini.

  • Pilihlah seller yang sudah berstatus Verified. Artinya penjual telah di verifikasi oleh Alibaba atau pihak ketiga yang berafiliasi dengan Alibaba dan dinyatakan lolos verifikasi. Dalam kondisi lain, mungkin kita akan menemukan icon lain yaitu “Onsite Check”, yang artinya sama dengan status “Verified seller”.
  • Pilih seller yang bersedia bertransaksi menggunakan Trade assurance Alibaba, yang di lambangkan dengan logo benteng berwarna oranye dengan symbol $ di dalamnya. Icon ini menunjukkan bahwa seller mau bertransaksi menggunakan system rekber yang disediakan oleh Tokopedia, sehingga ada jaminan keamanan dari Alibaba sebagai pihak ketiga.
  • Selengkapnya tentang cara melihat profil seller yang baik bisa disimak disini : https://www.rajabeli.com/cara-melihat-profil-seller-yang-baik-di-alibaba.html

Selalu gunakan cara pembayaran yang aman.

Yaitu yang menyediakan pihak ketiga sebagai penjamin keamanan transaksi. Ada dua cara pembayaran yang aman, yaitu melalui “rekber” Trade Assurance Alibaba dan Paypal.

Kecuali jika anda sudah kenal baik dengan seller, dan seller terbukti amanah, maka bisa melakukan pembayaran menggunakan skema transfer langsung antar rekening bank China dengan mata uang RMB.

Jangan tergiur dengan barang branded berharga murah

Alibaba identik dengan barang unik, kretaif dan murah buatan China. Di Alibaba tidak ada dijual barang branded dengan harga murah. Jika ada penjual menawarkan barang branded seperti Laptop, HP, keyboard, perangkat audio dll yang aslinya mahal dan merupakan brand kelas dunia, dengan harga murah dan gak masuk akal, maka sudah pasti itu modus penipuan. Barang branded yang mahal, tidak bisa dijual murah dan grosiran, dengan alasan apapun.

Nah demikianlah 3 cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari potensi penipuan orang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan sepihak dengan cara tidak bertanggung jawab memanfaatkan platform Alibaba. Salam

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment