Cara Mengetahui Harga Barang di Alibaba
in Alibaba

Cara Mengetahui Harga Barang di Alibaba

 

Ketika pertama kali kita melihat sebuah iklan di Alibaba, mungkin kita bertanya, berapa sih harga barang yang di tawarkan dalam sebuah listing iklan tersebut ?. Kok semuanya tertulis misalnya $4 – $6, maksudnya bagaimana ?. Kok harganya kelihatan murah banget ? dan barang yang sama di seller berbeda, kadang harganya beda jauh sekali ?.

Pertanyaan pertanyaan seperti ini banyak dilontarkan customer maupun pengunjung blog saya ini. Misalnya kita melihat sebuah contoh dibawah ini :

 

bagaimana melihat harga barang di alibaba

 

Didalam contoh ini kita melihat harga $ 0.57 – $ 0.72 / Pc. Arti seharusnya adalah harga per unit yang ditawarkan oleh seller adalah antara $ 0.57 sampai dengan $ 0.72 per unit. Harga tersebut tergantung dari banyaknya jumlah barang yang dibeli. Misalnya kalau kita beli dalam minimum order, maka akan dikenakan harga paling mahalnya, yaitu $0.72 / pc. Dan jika membeli dalam jumlah besar maka harganya lebih murah dari harga tersebut, mungkin $0.7 / pc, atau  $0.6 dan seterusnya.

Tapi, saat ini kita sering melihat harga yang ditawarkan seller seringkali terlalu murah bahkan terkesan tidak masuk akal karena saking murahnya. Dan ketika kita tanya ke seller tersebut, ternyata harga yang ditawarkan berubah drastic. Misalnya dari harga yang tertulis di iklan $4 – $6. Tetapi ketika kita tanyakan, ternyata harganya jauh berubah menjadi $10 / pc. Kenapa bisa begitu ?. Saya sendiri juga sering mengalami hal seperti ini. Alasan yang disampaikan sellernya adalah, bahwa mereka lama tidak melakukan update atas harga produk yang di iklankan, dan alasan alasan lain yang seolah olah ini hanya kealalaian semata. Tetapi kalau menurut saya pribadi, memang banyak seller yang sengaja menulis harga murah di iklannya, dengan tujuan untuk menarik perhatian orang atau pembeli supaya masuk ke tokonya dan berkomunikasi dengan mereka. Dengan komunikasi itu, diharapkan nanti ditemukan kata sepakat dan terjadi transaksi.

Lalu sebaiknya bagaimana ?. Seperti kita ketahui bahwa Alibaba secara umum menerapkan system komunikasi antara penjual dan pembeli. Jadi jika kita ingin tahu harga yang riil dari sebuah barang yang ditawarkan maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah melakukan kontak atau komunikasi dengan sellernya. Dari hasil komunikasi itu, nanti kita akan tau harga riil dari barang yang ingin kita beli. Dan perlu kita ketahui bahwa harga barang itu umumnya berlaku harga grosir, dimana jika kita membeli barang dalam jumlah besar, maka logikanya akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan dengan jika kita membeli barang dalam jumlah kecil. Lalu apakah dari harga yang diberikan seller tersebut, apakah kita masih bisa menawar ?. Secara umum, harga di Alibaba bersifat negotiable, artinya kita bisa menawar harga yang ditawarkan oleh seller. Caranya ? yaitu dengan cara memberikan target harga yang kita mau dan sampaikan kepada seller. Nanti dari proses tawar menawar itu, akan ditemukan kesepakatan.

Pertanyaan lain yang banyak disampaikan oleh customer terkait harga ini adalah, bagaimana kita bisa memilih seller dengan harga yang murah ?. Tidak ada cara lain, selain mencoba komunikasi satu per satu dengan masing masing seller, dan setelah diberikan harga oleh seller, baru kita membuat perbandingan untuk mendapatkan harga seller mana yang paling murah.

Demikianlah bahasan kita tentang bagaimana cara untuk mengetahui harga sebuah barang yang dijual di Alibaba. Jika ada pertanyaan silahkan menulis dikolom komentar atau menghubungi kami melalui KONTAK. Jika ingin membeli barang dari Alibaba masih bingung, silahkan kami pandu dan bantu langkah demi langkahnya sampai selesai. Kami memberikan workshop online gratis untuk belajar belanja di Alibaba. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment