Cara Mengembalikan Barang Yang Tidak Sesuai Pesanan di Shopee
in Shopee

Cara Mengembalikan Barang Yang Tidak Sesuai Pesanan di Shopee

Cara mengembalikan barang yang tidak sesuai akibat kena tipu. Modus penipuan masih saja terjadi meskipun sekarang sudah ada perantara seperti marketplace shopee.

Belanja dengan menggunakan marketplace shopee umumnya lebih aman, sebab uang yang anda bayar akan ditahan dahulu oleh pihak shopee.

Penjual atau seller baru akan menerima uang apabila barang sudah sampai ke tangan anda sebagai buyer. Jadi jika barang belum dikirim oleh penjual maka sudah pasti uang akan tertahan oleh pihak shopee.

Namun modus penipuan bisa saja terjadi jika seller tetap mengirim barang namun bukan baran yang sesuai pesanan. Melainkan barang lain yang lebih murah atau dalam kondisi rusak sehingga seller bisa dapat untung lebih banyak.

Nah, untuk anda yang sedang mengalami hal ini maka jangan langsung panik. Sebab marketplace seperti shopee sudah memperkirakan hal ini apabila sampai terjadi.

Buyer bisa mengajukan komplain apabila barang tidak sesuai dengan pesanan dan pihak shopee akan mengembalikan uang anda. Fitur ini tentunya juga berlaku untuk marketplace lain seperti Tokopedia dan bukalapak.

Akan tetapi yang jadi masalah adalah pihak seller biasanya tidak mau mengaku yang bisa membuat pihak admin marketplace sebagai mediator menjadi bingung.

Untuk itulah anda perlu melakukan hal-hal berikut ini agar pihak admin bisa mengembalikan uang anda karena barang benar-benar tidak sesuai pesanan.

Cara mengembalikan barang yang tidak sesuai akibat kena tipu

Tips yang pertama yaitu biasakan anda membaca deskripsi dari produk yang ingin anda beli. Mulai dari ukuran, warna, dan tipe lainnya sedetail mungkin.

Apabila masih kurang jelas bisa tanyakan langsung pada seller melalui chat fitur. Tanyakan sampai anda mendapatkan jawaban yang jelas tentang deskripsi dari produk yang akan anda beli tersebut.

Jika sudah anda bisa screenshot chat dari seller tersebut sebagai bukti apabila terjadi barang tidak sesuai dengan pesanan. Nah, SS dari chat ini bisa menjadi bukti penguat agar pihak admin marketplace mau mengembalikan uang anda.

Sebab apabila sampai tidak sesuai dengan pesanan baik deskripsi dan foto maka itu murni kesalahan dari pihak seller. Sebagai contoh anda bisa mengembalikan produk yang tidak sesuai pesanan tersebut apabila menggunakan platform shopee.

Cara mengembalikan barang tidak sesuai pesanan dari platform shopee

Pastikan anda juga melakukan perekaman video unboxing saat pertama kali menerima paket pesanan tersebut sebagai bukti kuat. Jika sudah buka aplikasi shopee anda lalu masuk ke menu “saya” -> Dikirim -> Rincian Pesanan -> ajukan pengembalian.

Nah, pada kolom alasan berikan penjelasan kronologi sejelas mungkin agar pihak admin bisa memutuskan untuk mengembalikan uang anda nantinya.

Video unboxing paket yang tidak sesuai pesanan tadi bisa anda upload juga beserta dengan screenshot chat dari seller yang telah anda simpan sebelumnya.

Dengan demikian tim shopee nantinya bisa mempertimbangkan dan memutuskan bahwa pihak seller lah yang salah. Sedangkan anda sebagai buyer yang merasa dirugikan akibat ulah dari seller.

Adapun prosesnya bisa memakan waktu hingga 1 minggu lebih. Tergantung dari pelayanan admin shopee itu sendiri yang mungkin karena antrian panjang atau alasan lain.

Cara ini berlaku juga untuk marketplace lain seperti Tokopedia dan Bukalapak. Untuk mengantisipasi hal yang tidak mengenakan ini maka biasakan anda untuk melihat deskripsi dan menanyakan dengan jelas kepada seller hingga mendapatkan jawaban yang pasti.

Simpan bukti percakapan dari jawaban seller agar jika bermasalah nantinya anda bisa membuat admin marketplace mau mengembalikan uang anda.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi