Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan dan Uang Tidak Keluar
in Bank

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan dan Uang Tidak Keluar

Beberapa dari kita pasti pernah merasakan bahwa mesin ATM yang digunakan sangat lambat dalam merespon saat melakukan transaksi baik itu tarik tunai, transfer, pembayaran dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan beberapa kendala, salah satunya koneksi internet terputus atau sedang diinterupsi sehingga mesin ATM lama menerima respon dari server.

Umumnya orang-orang menggunakan ATM untuk kemudahan transaksi berupa transfer maupun penarikan uang dengan cepat. Sayangnya, terkadang karena kondisi tertentu, kartu ATM tertelan dan uang tidak keluar. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, tidak perlu panik karena masih ada solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasinya.

Langkah-Langkah Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu juga dengan kartu ATM yang tertelan. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan jika kartu ATM Anda tertelan.

1. Segera Hubungi Customer Service Bank

Jika kartu ATM tertelan, segera hubungi customer service bank untuk melakukan pemblokiran sementara. Biasanya pihak bank akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti nama, alamat, nomor rekening, dan nama ibu kandung. Pemblokiran kartu ATM penting dilakukan untuk menghindari penggunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jangan lupa juga untuk menanyakan persyaratan apa saja yang harus Anda bawa saat datang ke kantor cabang.

2. Datangi Kantor Cabang Terdekat

Datang ke kantor cabang terdekat untuk konfirmasi apa yang terjadi. Biasanya kartu tersebut diganti dengan yang baru untuk mempersingkat proses pengembalian. Di teller, Anda akan diminta mengisi formulir dan lagi-lagi akan ditanyai beberapa pertanyaan seputar kartu tersebut, misalnya kapan kartu itu tertelan, di ATM mana, transaksi terakhir, dan lain sebagainya. Jika tidak ada masalah, kartu ATM baru Anda akan selesai dibuat hari itu juga.

Solusi Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM

Kabar baiknya bagi Anda yang mengalami kejadian uang tidak keluar dari ATM tapi saldo sudah terpotong, maka saldo atau uang anda tetap bisa dikembalikan. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan saat mengalami kondisi uang tidak keluar dari mesin ATM :

1. Menunggu Beberapa Saat

Mungkin hal ini tampaknya sulit dilakukan, apalagi jika Anda merasa cemas dan khawatir uang di rekening Anda dipotong. Namun, jika ini terjadi, Anda harus menunggu sekitar satu jam untuk memeriksa apakah saldo kembali atau tidak. Sebagian nasabah ada juga yang mengalami kasus serupa,  namun saldo di akunnya kembali normal dalam waktu kurang dari satu jam. Jika ternyata saldo akun Anda tidak kembali, Anda dapat mengambil langkah berikutnya.

2. Mengumpulkan Data yang Dibutuhkan

Data yang tidak boleh terlewatkan untuk disiapkan adalah lokasi mesin ATM tempat Anda melakukan proses tarik tunai, lengkap dengan nomor identitas ATM. Hal ini untuk memudahkan bank memeriksa dan memproses saldo Anda yang sudah dipotong nanti.

Anda juga bisa membawa kartu identitas, nomor rekening dan nomor kartu ATM, buku tabungan, dan tentunya bukti mutasi saldo rekening. Anda mungkin juga ditanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan konfirmasi identitas sebagai pemilik akun, seperti nama ibu, dan lain-lain.

3. Hubungi Bank Penerbit

Setelah datanya siap, maka Anda perlu menghubungi bank yang menerbitkan kartu ATM atau rekening tabungan Anda. Hal ini perlu digarisbawahi, apalagi jika Anda melakukan proses tarik tunai di ATM selain bank penerbit kartu yang Anda gunakan.

Untuk menghubungi bank penerbit kartu, Anda bisa melakukannya dengan datang langsung atau menghubungi customer service. Sebenarnya tidak ada pilihan yang lebih baik dari yang lain, karena keduanya sama-sama akan memproses pengaduan yang Anda ajukan. Jika Anda merasa akan lebih baik jika datang ke bank dan berbicara langsung dengan petugas customer service yang bersangkutan, maka tidak ada salahnya melakukan hal tersebut.

4. Konfirmasi

Selanjutnya pihak bank akan memprosesnya dalam beberapa hari tergantung dari kebijakan bank. Kebijakan ini mungkin berbeda menurut bank, dari 10 hingga 21 hari kerja. Berkaitan dengan hal tersebut, Anda dapat melakukan konfirmasi dengan pihak bank untuk kejelasan dan kelanjutan proses masalah yang Anda alami. Setelah itu, Anda tinggal menunggu saldo akun dikembalikan ke kondisi semula sebelum dipotong.

Demikian artikel tentang kartu ATM tertelan dan uang tidak keluar pada artikel kali ini. Semoga Anda mendapatkan manfaat darinya sehingga tidak panik dan bingung jika suatu saat mengalami kondisi di atas.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment