Cara Mengatasi Android Lambat

Semakin lama semakin bertambah saja pengguna android setiap tahunnya,Karena perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat pengguna banyak menggunakan android sebagai ponsel pribadinya. Salah satu masalah yang yang muncul oleh para pengguna adalah lambatnya android saat digunakan maupun saat berkomunikasi. Ya,tentu ini membuat kita tidak nyaman dalam menggunakannya.

Nah,banyak sekali orang yang mencari tips bagaimana mengatasi android yang tidak lambat/lemot. Bagaimana mengatasinya? Tentu sebelum membatasinya kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab android lambat.

Penyebab HP Android Lambat

Anda perlu memperhatikan spesifikasi RAM android anda. Ya,ram perlu diperhatikan karena merupakan hal penting untuk menyimpan data maupun aplikasi penting pada android anda.

OS Android anda juga perlu anda perhatikan,karena apabila anda menggunakan OS android yang tidak sesuai android yang anda gunakan sekarang pun akan mempengaruhi lambatnya kinerja android anda.

Yang terakhir adalah masalah banyaknya aplikasi yang anda gunakan pada android anda. Ya,terlalu banyak menginstall aplikasi di android membuat android mudah lambat.

1. Jangan Banyak Menggunakan Aplikasi Secara Bersamaan

Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan menurunkan kinerja kecepatan RAM, membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Banyak pengguna Android yang senang berkreasi atau mengeksplore banyak aplikasi di smartphone mereka secara bersamaan dan tidak sadar bahwa kegiatan tersebut membuat perangkat mereka menjadi lambat. Jika Anda memang suka bermain-main dengan variasi aplikasi di Android, sebaiknya Anda membukanya satu per satu saja. Tutup salah satu aplikasi jika ingin membuka aplikasi lainnya untuk mencegah perangkat Anda melambat.

2. Tutup Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang tidak dipakai,terkadang membuat kita lupa untuk menutupnya. Padahal aplikasi yang berjalan memerlukan memory RAM untuk bekerja. Sangat dianjurkan untuk menutup aplikasi yang tidak diperlukan agar kinerja android anda berjalan tidak lambat.

3. Tidak Perlu Menumpuk Banyak SMS Dan Chat

SMS atau pesan singkat sering kali diremehkan oleh pengguna android. Namun,sebenarnya menumpuk banyak sms juga membuat memory RAM penuh dan juga membuat kinerja android lambat. Maka dari itu anda perlu menghapus sms yang sudah dibaca,agar tidak membuat android anda menjadi lambat. Serta chat whatsapp juga sebenarnya menghambat android kita. Maka dari itu bila sudah tak dibaca lagi sms dan chat wajib kita hapus demi menjaga kinerja android kita.

4. Jangan Menggunakan Live Walpaper

Beberapa orang sangat suka menggunakan Live wallpaper pada perangkat android dengan tujuan untuk mempercantik tampilan smartphone tersebut. Namun tanpa disadari hal tersebut juga akan membuat smartphone Anda menjadi lambat.

Untuk membantu mempercepat loading smartphone anda kami sarankan anda untuk tidak menggunakan live wallpaper. Gunakan gambar sederhana yang bisa dijadikan walpaper,baik itu foto pribadi atau foto gambar gambar yang menarik.

5. Gunakan Kartu Memori/Micro SD

MicroSD atau kita sebut juga dengan kartu memory merupakan fungsi penting untuk menyimpan data juga aplikasi. Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan memberikan ruang lega untuk smartphone Anda. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.

6. Install Aplikasi Memory External

Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka akan mempengaruhi kecepatan perangkat Android anda.

Agar tidak membuat memory android penuh. Disarankan untuk memindahkan aplikasi yang seharusnya dipindahkan ke memory external.

7. Hapus Aplikasi Yang Tak Diperlukan

Aplikasi dan file yang tak diperlukan alangkah baiknya dihapus. Demi menjaga kinerja android agar tidak melambat,kami sarankan untuk menghapus aplikasi dalam ponsel android. Walaupun sepele,tetapi aplikasi yang banyak akan membuat lemot dan membuat daya kinerja android menjadi lambat.

Itulah tadi 7 cara mengatasi android agar tidak lambat. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang kesulitan dalam mengatasi kinerja android yang lambat. Sangat sederhana dan juga sangat bagus sekali anda gunakan tips dan trik diatas tadi. Terima kasih telah membaca artikel menarik ini dan sangat bagus untuk dishare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *