Cara Mengaktifkan Fitur COD di Lazada
in Lazada

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Lazada

Lazada adalah rantai situs belanja yang cukup populer khususnya di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Di sini konsumen dapat mencari berbagai produk kebutuhan rumah tangga seperti elektronik, gadget, makanan, minuman, dan masih banyak lagi. Untuk lebih menarik konsumen Indonesia berbelanja, situs belanja ini memperkenalkan fitur COD Lazada.

Metode pengiriman COD Lazada

Sebagai situs belanja kenamaan di Indonesia, Lazada menawarkan berbagai metode pengiriman pesanan dari konsumen. Yang paling populer adalah pengiriman melalui kurir. Lazada Indonesia bersinergi dengan perusahaan ekspedisi nasional yaitu Pandu Logistic, JNE dan First Logistic. Namun, Lazada pun memiliki armada kurir sendiri yang dinamakan  Lazada Express (LEX). Tak setiap produk yang diorder dari Lazada Indonesia dikirim mengalami perusahaan layanan ekspedisi pihak ketiga.

LEX memanfaatkan hub yaitu titik konektor dari gudang dengan konsumen. Hub Lazada memiliki kantornya sendiri agar memudahkan menangani paket yang telah dikemas. Jadi paket itu diberikan ke hub dahulu agar dilakukan konsolidasi. Sehingga jika ditemukan paket dengan tujuan searah maka seorang kurir dapat langsung mengangkut banyak sekalian.

Dalam gudang hub ini dilaksanakan penyortiran paket sesuai tujuan. Di samping agar lebih efektif, proses tersebut dirasa menghasilkan waktu pengantaran yang makin cepat, tepat, sekaligus aman. Delivery yang dikerjakan oleh hub ini lazimnya mengadopsi metode COD (cash on delivery). Prosesnya ditangani petugas resmi yang mengenakan seragam Lazada. Tiap-tiap petugas pengirim Lazada yang memproses COD juga diberikan limit transaksi. Para kurir itu tak dibolehkan memproses transaksi di atas Rp 25 juta. Sampai kini sudah ada 15 hub dan dalam jangka panjang akan ada 40 hingga 50 hub yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kelebihan Fitur COD di Lazada

Seperti telah disebutkan, sebagian konsumen di Indonesia masih ‘takut-takut’ ketika melakukan transaksi online yang melibatkan proses transfer antar rekening bank. Mereka khawatir setelah melakukan pembayaran ternyata barang yang dipesan tak dikirim oleh pihak penjual. Dengan pengiriman paket sistem COD maka konsumen merasa lebih nyaman sebab, mereka belum melakukan pembayaran sama sekali bila barang belum diterima. Karena itulah Lazada Indonesia pun menghadirkan metode pengiriman barang dengan COD. Kelebihan fitur COD di Lazada yang paling utama memang menghilangkan kekhawatiran konsumen yang masih ragu dengan metode pembayaran transfer.

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Lazada bagi Penjual dan Pembeli

COD adalah singkatan dari cash on delivery merupakan pilihan cara pembayaran yang ditawarkan Lazada bagi konsumen. Konsumen hanya membayar saat paket telah di tangan. Uang pembayaran itu diberikan langsung ke petugas pengirim. Fitur COD adalah salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia saat berbelanja secara daring. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut : kebanyakan orang Indonesia tak memiliki fasilitas Internet Banking yang akibatnya ketika ingin mengirim uang maka dilakukan via ATM atau membayar di minimarket, masyarakat lebih banyak menyimpan uang dalam bentuk tunai dan bukan dalam bentuk rekening bank, konsumen sering ragu dengan produk yang dijual maupun juga penjualnya.

Nah, untuk cara mengaktifkan fitur COD di Lazada bagi penjual, silahkan melengkapi form yang tersedia di link berikut ini https://xform.lazada.co.id/form/show.do?spm=a2a14.helpcenter-psc-article.article-content.1.28974c8dIuGLYb&lang=id. Setelah form terbuka, di kolom “Apa yang bisa kami bantu hari ini ? Klik pada “Seller Center “. Berikutnya klik pada pilihan “Saya ingin mengaktifkan / menonaktifkan fitur COD”. Bila ingin mengecek kode Seller Center ID, coba buka halaman seller center, lalu klik lambang gear di sebelah nama toko, kemudian klik pada Profil . Nomor Seller ID Lazada tersusun atas 7 digit. Kolom berikutnya klik pada : ‘Saya ingin mengaktifkan COD’ lalu tentukan perusahaan pengirim yang hendak dipakai. Apabila penjual berdomisili bukan di Jabotabek maka direkomendasikan memilih layanan kurir dari JNE Cashless. Paling akhir tekan tombol Submit.

Sementara cara mengaktifkan fitur COD di Lazada untuk pembeli lebih mudah lagi. Prosesnya seperti memesan barang seperti biasa. Pemesanan dapat dilakukan dari aplikasi Lazada atau dari PC dengan membuka situs resminya. Setelah memilih barang, lalu checkout serta menekan tombol Buat Pesanan maka konsumen dihadapkan pada pilihan metode pembayaran. Nah, di langkah ini konsumen tinggal memilih metode pembayaran ‘Bayar di Tempat’. Lalu ketuk tombol ‘Konfirmasi Pesanan’. Konsumen tinggal menanti paket dikirimkan petugas resmi Lazada ke rumah, dan bayar setelah barang diserahkan.

Sekarang ini fasilitas COD di Lazada cuma bisa digunakan bagi penjual maupun pembeli yang berdomisili di pulau Jawa saja. Fitur COD di Lazada adalah bagian penting dari usaha mendongkrak omzet penjualan di toko-toko yang berjualan di sana. Oleh karena itu para penjual jangan sampai tidak mengaktifkan fitur COD Lazada ini. Secara tak langsung langkah ini akan menarik pengunjung untuk berbelanja di toko sebab sudah tersedia fasilitas COD.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment