Cara Mengaktifkan COD di Shopee untuk Penjual dan Pembeli
in Shopee

Cara Mengaktifkan COD di Shopee untuk Penjual dan Pembeli

Fasilitas COD di Shopee merupakan salah satu cara bagi penjual demi mendongkrak transaksi di toko yang dikelolanya. Fitur Shopee COD menjadi solusi bagi calon konsumen yang tak memiliki rekening bank namun ingin membeli di Shopee. Bagaimana cara mengaktifkan COD di Shopee bagi penjual maupun konsumen?

Fitur COD Shopee

Jadi toko di Shopee yang sudah mengaktifkan fitur COD otomatis tertera logo COD dan dilengkapi tulisan ‘Bayar di Tempat’ pada produk dari toko tersebut. Fasilitas ini menguntungkan bagi konsumen tanpa rekening bank atau menghendaki pembayaran secara tunai sebab was-was pesanan tak dikirimkan oleh penjual. Barangkali konsumen memiliki pengalaman buruk ketika bertransaksi online, barang pesanan tak sampai ke rumah sementara pembayaran sudah diselesaikan.

COD di Shopee merupakan sistem transaksi Cash on Delivery yaitu pembeli membayar di tempat begitu paket diterima. Pembayaran secara COD di Shopee dapat diselesaikan untuk beberapa layanan pengiriman berikut : Shopee Express, J&T, serta JNE. Agar dapat memanfaatkan transaksi COD, pembeli harus berbelanja dari Rp 50 ribu sampai Rp3 juta. Konsumen akan dibebankan ongkos handling senilai 2 % bila konsumen biasa dan 8 % bila yang pesan adalah dropshipper.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee untuk Konsumen

Konsumen dapat mulai mencari produk favorit yang dikehendaki dari aplikasi Shopee. Selanjutnya gunakan fitur filter agar menemukan toko dengan fitur COD. Setelah menemukan tokonya dan memilih barang yang akan dibeli, masukkan produk ke keranjang. Pada menu Opsi Pengiriman, ketuk pada layanan pengiriman yang memfailitasi COD misalnya J&T Express. Lalu untuk menu Metode Pembayaran, ketuk COD Bayar di Tempat. Tuntaskan prosesnya dan konsumen tinggal menantikan pesanan diantarkan. Berikan uang pembayaran sesuai dengan yang tercantum saat check out di aplikasi Shopee.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika terjadi transaksi pembayaran antara pemesan dan pengantar barang. Pertama, konsumen harus memberikan pembayaran ke pengirim sebelum membuka pesanan. Konsumen yang tak mau membayar atau tak ada di lokasi ketika pengirim mengantarkan pesanan hingga dua kali selama 60 hari maka otomatis diblokir dari menggunakan fitur COD Shopee.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee untuk Seller

Penjual di Shopee dapat mengaktifkan fitur COD tersebut dari aplikasi atau menu Seller Center dari website Shopee yang dibuka di komputer. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. Masuk ke aplikasi Shopee di ponsel, lalu ketuk menu Saya > Toko Saya. Pada kalimat Jasa Kirim Saya, berikan checklist untuk layanan pengiriman J&T, kemudian ketuk simbol (i) yang akan menampilkan opsi COD. Selanjutnya ketuk pilihan Aktifkan COD yang caranya adalah geser tombol menjadi warna hijau. Ketuk tombol Simpan. Sementara cara mengaktifkan COD di Shopee bagi penjual bila dilakukan dari komputer yaitu langsung akses di alamat https://seller.shopee.co.id/. Langkah-langkah selanjutnya hampir sama dengan prosesnya di ponsel.

Keunggulan COD Shopee

Fasilitas COD Shopee tentunya menawarkan berbagai manfaat bagi kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Konsumen menganggap lebih secure ketika berbelanja dengan pilihan pembayaran saat barang sudah ada di tangan. Keunggulan lainnya yaitu COD adalah jalan keluar bagi konsumen yang kebetulan tak punya rekening bank namun ingin berbelanja di Shopee. Sementara bagi penjual, kelebihan COD di Shopee yaitu bisa menambah reputasi dan juga volume penjualan. Karena toko memiliki fleksibilitas dalam hal pilihan metode pembayaran. Banyak konsumen Shopee yang cocok dengan pilihan COD ini.

Kekurangan COD Shopee

Fitur COD Shopee tentu memiliki kelemahan. Termasuk masalah yang kerap dialami penjual ketika mengaktifkan COD di Shopee yaitu menghadapi konsumen berulah.. Jadi ada konsumen yang memesan barang di Shopee dan sudah checkout. Akan tetapi ketika paket diantarkan kenyataannya ia tak membawa uang untuk melunasi barang yang diorder. Bisa juga konsumen mendadak melakukan cancel disebabkan berbagai faktor. Akibatnya penjual yang dirugikan sebab produknya tak jadi terjual, dan mesti membayar ongkos kirim untuk retur paket.

Bertransaksi dengan ShopeePay

Sebenarnya bertransaksi di Shopee itu sangat aman sebab pihak pengelola sudah mengatur sistem yang terintegrasi dengan baik. Dari sisi keamanan pun sangat terjamin. Terlebih saat ini Shopee pun memiliki layanan dompet digital sendiri yang dinamakan ShopeePay.

ShopeePay adalah fitur e-wallet yang terintegrasi di aplikasi Shopee. Dengan saldo yang ada di dalam ShopeePay maka konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran pesanan dengan aman dan cepat. Menariknya lagi, cara mengisi saldo ShopeePay ternyata sangat mudah sebab tak hanya dengan transfer bank baik itu lewat ATM, atau mobile banking, namun juga bisa melalui Alfamart atau Indomaret.

Sementara untuk berbelanja di Shopee, selain memilih penjual atau toko dengan reputasi bagus, konsumen pun bisa membeli barang dari Shopee Mall. Di dalam mall online itu, ada ribuan produk yang dijual langsung oleh brand-brand ternama. Tambahan lagi, merek-merek tersebut pun memberikan garansi uang kembali bila barang tak sampai atau tak sesuai pesanan.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment