Cara Mengajukan Komplain ke Lazada
in Lazada

Cara Mengajukan Komplain ke Lazada

Saat membeli barang secara online di situs jual beli, adakalanya terbesit rasa khawatir item yang dibeli tak dikirimkan. Bila itu yang terjadi, konsumen boleh mengirimkan complain. Itu juga bisa dilakukan di Lazada. Cara mengajukan complain ke Lazada akan dijelaskan dalam uraian berikut. Namun sebelum komplain,diajukan, coba lakukan ini dulu.

Menghubungi Seller

Masuk ke aplikasi Lazada. Akses toko atau seller dari barang yang dibeli. Selanjutnya, ketuk menu Chat Now di sebelah bawah layar. Jelaskan terkait kendala yang terjadi jika item yang dibeli belum juga diterima. Apabila toko atau seller tersebut merespon dengan mengatakan jika barang sudah dikirim dengan bukti resi, konsumen dapat mencoba tindakan selanjutnya ini.

Mengecek Status Pengiriman

Di Lazada, ada menu yang mana pengguna dapat melakukan pelacakan orderan tanpa mesti mengecek resi lebih dulu. Menggunakan fasilitas tersebut, pengguna makin difasilitasi dalam memantau posisi terkini barang yang dikirim. Manfaatkan fasilitas tersebut. Lihat di status pengiriman yang mana produk terakhir berada sebelum notifikasi Paket Telah Diterima.

Menghubungi Kurir Pengiriman

Sesudah memastikan posisi barang yang dikirim di Status Pengiriman, pengguna dapat menghubungi contact person dari ekspedisi yang mengirimkan paket itu. Misalnya : Pak Budi bertempat tinggal di Kota Bandung tepatnya Babakan Ciparay membeli barang di Lazada dengan pengiriman dari Jakarta. Pak Budi memilih layanan ekspedisi via JNE. Pada status pengiriman tertera jika pesanan Pak Budi telah sampai namun Pak Budi belum menerimanya. Selanjutnya Pak Budi memeriksa dimana posisi terakhir paket itu berada. Ternyata, paket itu sudah sampai di JNE Babakan Ciparay. Nah, Pak Budi dapat menelepon contact person kantor JNE setempat. Bila tak direspon, Pak Budi cukupp mendatangi kantor JNE Babakan Ciparay untuk mengambil paketnya dengan memberikan bukti resi yang diterima dari seller.

Coba Bertanya Kepada Anggota Keluarga Lain yang Serumah

Bilamana pengguna telah bertanya ke perusahaan ekspedisi mengenai paket yang belum sampai, akan tetapi barang pesanan dikatakan sudah dikirim maka coba tanyakan ke anggota keluarga lain yang ada di rumah. Siapa tahu paket itu sebenarnya telah diserahterimakan ke mereka hanya saja belum memberitahukan.

Beberapa hal penting berikut pun harus diperhatikan untuk tindakan pencegahan supaya tak terjadi masalah yang berulang. Poin-poin penting itu adalah :

  • Cek bahwa seller yang dipilih betul-betul telah mengirimkan paket ke alamat yang benar.
  • Harus diketahui jika setelah seller menyerahkan paket untuk dikirimkan maka tanggung-jawab beralih ke perusahaan ekspedisi. Sehingga, andaipun pengguna hendak komplain ke seller, sebenarnya itu tidak lagi kewajibannya karena telah dipasrahkan ke jasa pengantaran.
  • Pilih hanya membeli dari seller yang terpercaya yang biasanya di Lazada ada semacam rating untuk mengetahuinya.

Cara Mengajukan Komplain ke Lazada

Disediakan dua cara yang dapat dipilih ketika hendak mengajukan complain langsung ke pihak Lazada yaitu :

  • Via Live Chat 24 jam : pengguna cukup mengakses ke aplikasi Lazada kemudian segera ke Halaman Awal Lazada lalu ketuk menu akun dan selanjutnya ketuk opsi Chat dengan CS.
  • Via Twitter Care Lazada : pengguna pun dapat mengajukan complain via akun Twitter resmi Lazada ID Care. Pengguna langsung bisa mengirimkan Tweet komplain maupun pertanyaa lalu mention ke @LazadaIDCare.

Itu tadi penjelasan dan solusi cara mengajukan complain ke Lazada bila paket pesanan belum juga tiba ri rumah. Jangan ragu untuk berbelanja di Lazada terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Berbagai barang kebutuhan dapat dibeli tanpa perlu keluar rumah.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment