Cara Mencairkan Dana Prakerja Melalui OVO
in e-Payment

Cara Mencairkan Dana Prakerja Melalui OVO

Aplikasi transaksi virtual OVO adalah bagian dari beberapa rekanan pembayaran dari Program Kartu Prakerja. Kartu Prakerja diluncurkan pemerintah era Jokowi dalam mendukung peningkatan kompetensi para pekerja atau pencari kerja di Indonesia. Peserta yang sudah mendaftar kemudian dinyatakan lulus administrasi maka akan menerima saldo biaya pelatihan ditambah insentif setiap bulan. Cek cara mencairkan dana prakerja melalui OVO.

Saldo pelatihan yang disediakan sebesar Rp1 juta, sedangkan untuk insentif dibedakan insentif pasca-pelatihan sebanyak Rp.600 ribu / bulan untuk 4 bulan berturut-turut, lalu ada insentif survei sebanyak Rp.50 ribu yang akan diberikan tiga kali setiap kali menyelesaikan pengisian survei. Untuk mengirimkan insentif kepada pemegang kartu, pemerintah bermitra dengan Bank BNI dan juga beberapa aplikasi e-money. Untuk pemegang kartu Prakerja yang tak punya rekening BNI, mereka bisa menggunakan OVO sebagai mitra lain.

Berikutnya, insentif yang dikirimkan via dompet digital OVO tadi bisa diuangkan dengan mentransfer ke rekening bank milik pekerja. Sesuai keterangan yang didapatkan dari situs resmi OVO, Cara mencairkan dana Prakerja melalui OVO dari aplikasi para pemegang kartu Prakerja mesti menginput nomor Hape aktif yang sudah teregistrasi di aplikasi OVO ketika pendaftaran. Syarat lainnya yaitu akun OVO pun harus sudah berupa akun OVO premier.

Pengguna dengan akun OVO biasa harus melakukan upgrade ke OVO premier. Dibutuhkan cuma data dan foto KTP saja. Jalankan aplikasi OVO, lantas ketuk kotak “Upgrade ke OVO Premier” di bagian atas. Selanjutnya, pengguna dipersilahkan melakukan foto selfie sembari memegang kartu KTP asli.

Jika akun sudah diverifikasi ke OVO Premier, pengguna sudah bisa mentransfer dana insentif ke rekening bank milik sendiri. Cara mencairkan dana Prakerja melalui OVO, langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

  • Log in ke aplikasi OVO, ketuk tombol Transfer.
  • Tentukan bank yang dikehendaki.
  • Ketikkan nomor rekening bank kemudian jumlah saldo yang hendak dikirimkan. Selanjutnya dibebankan ongkos transfer sebanyak Rp2.500 dalam satu kali transfer dana ke rekening bank.

Kecuali memperoleh dana pelatihan dan insentif, setiap peserta Kartu Prakerja pun akan menerima sertifikat dalam bentuk elektronik. Bagi mereka yang ingin ikut serta dalam program ini, syarat-syaratnya adalah : WNI, berusia setidaknya 18 tahun, dan  tak menjalani pendidikan formal. Untuk yang sesuai dengan ketentuan itu, bisa langsung melakukan registrasi dengan mengakses laman prakerja.go.id. Berikutnya, peminat diwajibkan menjalani tes motivasi maupun tes kemampuan dasar. Tujuannya untuk melihat potensi dan kompetensi yang ada pada tiap peserta. Peserta yang lolos akan mendapatkan SMS pemberitahuan ke nomor Hp yang sudah didaftarkan.

Proses berikutnya, peminat bisa memilih dan menuntaskan pelatihan mana saja yang dikehendaki. Program Kartu Prakerja sudah menjalin kemitraan dengan berbagai mitra platform digital mulai dari Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Kemnaker, Pijar Mahir dan Sekolahmu. Hingga pertengahan November 2020 ini sudah berjalan hingga 11 gelombang dengan jumlah peserta yang telah mencapai 5,3 juta.

Apabila telah terpilih sebagai bagian dari peserta yang lolos menerima Kartu Prakerja, untuk itu peserta dapat langsung menebus lalu mengikuti pelatihan yang diinginkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke akun akun Prakerja menggunakan email dan password yang sudah dibuat. Di halaman dashboard, peserta dapat mengecek apakah saldo pelatihan telah diberikan.
  • Peserta dapat membandingkan berbagai pelatihan yang ditawarkan dari sejumlah mitra yaitu Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Tokopedia, atau Sekolahmu.
  • Tentukan pelatihan mana yang paling pas dengan kebutuhan saat ini misalnya : pelatihan bahasa inggris, pelatihan memasak, pelatihan pengoperasian program komputer tertentu, dan banyak lagi.
  • Setelah ditentukan pelatihan yang diinginkan, beli pelatihan tersebut kemudian bayar menggunakan Nomor Kartu Prakerja.
  • Batas terakhir bagi peserta untuk membeli pelatihan yaitu 30 hari semenjak mendapatkan SMS pemberitahuan. Apabila melampaui tenggat itu, otomatis hak sebagai peserta hangus dan tak dapat mendaftar lagi di gelombang-gelombang selanjutnya.
  • Kartu Prakerja tak diserahkan berbentuk kartu fisik. Oleh karena itu peserta hanya akan menerima Nomor Kartu Prakerja yang bisa difungsikan untuk membayar biaya pelatihan. Sangat penting untuk melindungi kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja.
  • Saat akan membayar pelatihan, ada baiknya dipikirkan dahulu apakah telah sesuai dengan minat atau kebutuhan. Peluang ikut-serta dalam program Kartu Prakerja cumasekali untuk setiap orang.

Cara mencairkan dana prakerja melalui OVO atau GoPay atau LinkAja langkah-langkahnya hampir sama. Yang pasti akun e-money yang digunakan harus sudah dalam status terverifikasi. Bila belum maka biasanya dana insentif bulanan akan otomatis gagal ditransfer oleh sistem. Jadwal pengiriman insentif untuk tiap peserta sudah tertera dengan jelas di dashboard masing-masing peserta. Kadang ada yang tepat di tanggal sesuai jadwal, maju atau mundur beberapa hari.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment