Cara Memilih Seller eBay Yang Baik

Ketika kita mau belajar cara belanja di ebay, kita harus bisa memilih seller ebay yang masuk dalam kategori baik dan bisa dipercaya. Bagaimana sih caranya ? kta bahas dalam posting kali ini.

eBay itu apa ?

Ebay adalah situs ecommerce besar dengan milyaran produk barang dan jasa yang ditawarkan disana. Dengan berbelanja di ebay, maka kita seperti berbelanja langsung dengan orang diseluruh dunia. Nyaris tanpa ada batas wilayah yang membatasi. Selama seller bersedia mengirimkan barang ke Indonesia dan barang tidak masuk kategori larangan dan pembatasan, maka kita bisa membeli barang tersebut.

Apakah belanja di eBay itu aman ?

Banyak yang bertanya, apakah belanja di ebay aman ?. Ya tentu aman, karena ebay menggunakan skema “rekening bersama” di dalam skema pembayarannya. Yaitu melalui cara pembayaran via paypal, maupun kartu kredit melalui platform paypal maupun ebay sendiri. Jadi jika terjadi masalah dengan transaksi yang kita lakukan di ebay, maka kita mendapat jaminan uang kembali dari ebay.

Apakah semua seller bisa dipercaya ?

Kekhawatiran yang sering dihadapi orang ketika mau mencoba membeli di ebay adalah, apakah seller tersebut bisa dipercaya sehingga memberikan rasa aman ketika membeli barang dari mereka. Memang di ebay transaksi bisa berjalan dengan aman, karena ebay memberikan garansi uang kembali jika seller ternyata bertindak curang, hilang dalam perjalanan atau jika barang diterima tidak sesuai dengan “perjanjian” dalam listing ebay nya. Kita bisa mengajukan open dispute atau mudahnya kita sebut mengajukan claim ke ebay untuk mendpatkan garansi uang kembali atas uang yang telah kita bayarkan melalui ebay. Akan tetapi perlu diketahui bahwa walaupun kita mendapatkan refund sekalipun, kita masih tetap mengalami kerugian, yaitu dari selisih kurs jual beli dari mata uang asing ke mata uang rupiah. Kita juga mungkin rugi atas waktu menunggu barang, tetapi barang tidak diterima sesuai yang kita inginkan. Bayangkan jika kita membutuhkan barang tersebut untuk pekerjaan atau keperluan sekolah. Ketika kita sudah menunggu beberapa lama, ternyata barang tidak kunjung datang ?. Kita akan repot dibuatnya.

Nah untuk meminimalisir beberapa hal tersebut diatas, berikut adalah tips atau cara memilih seller ebay yang bisa dipercaya.

Pilihlah seller ebay dengan feedback yang baik.

Seperti contoh dalam foto dibawah ini.

cara-memilih-seller-ebay-yang-baik

Misalnya adalah pada seller ini. Kita lihat dibagian kolom sebelah kanan, mengenai informasi seller.

cara-memilih-seller-ebay-yang-baik-2

Terlihat disitu, nama seller : etoysworld (2.511), ini artinya Seller bernama etoysworld, memiliki feedback sebanyak 2.511.

Dibawahnya tertulis 100 % positive feedback, artinya memiliki reputasi atau feedback yang baik. Dimana dari 2.511 feedback yang diberikan member lain, berupa feedback positif. Artinya seller ini sangat luar biasa.

Nah, apakah feedback ini harus selalu 100 %. Tentu saja tidak. Tingkat feedback positif diatas 95% umumnya, sudah cukup baik.

Pilih seller yang memberikan Description lengkap di listingnya

Jika kita melihat sebuah listing atau iklan ebay, maka dibagian bawah halaman akan tertulis Description, atau penjelasan mengenai barang yang dijualnya. Usahakan kita memilih seller yang menuliskan description dengan lengkap. Karena dengan menyimak penjelasan ini, kita bisa tau kondisi barang yang mau kita beli dengan lengkap.

Pilih seller yang fast response jika kita mengajukan pertanyaan

Jika kita mengajukan pertanyaan ke seller, maka pilihlah seller yang fast response dalam menjawab pertanyaan kita. Di ebay nanti kita akan banyak menemukan seller yang abai terhadap pertanyaan kita. Bahkan ada seller yang melakukan blokir terhadap pertanyaan dari pembeli. Hindari seller yang melalukan blokir ini, karena jika ada masalah kedepannya, maka kita akan sulit untuk mencari penyelesaiannya.

Demikianlah beberapa tips untuk mencari dan meilih seller ebay yang baik dan aman. Jika anda masih bingung dengan cara belanja di ebay, dan ingin membeli barang dengan aman dan praktis, anda bisa menghubungi dan minta bantuan Jasa beli eBay via rajabeli.com. JIka ada pertanyaan tentang hal ini, atau tentang cara belanja di ebay lainnya, silahkan menghubungi kami. Semoga bermanfaat. Slam sukses !.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *