Cara Memilih Penjual Terpercaya di Marketplace Lokal
in Bukalapak, Shopee, Tokopedia

Cara Memilih Penjual Terpercaya di Marketplace Lokal

Bagaimana cara memilih penjual (seller) terpercaya supaya tidak kena tipu ? Jika anda termasuk orang yang suka belanja online, sebaiknya selalu berhati-hati dengan berbagai modus penipuan yang ada.

Hanya modal smartphone dan koneksi internet saja tentunya saat ini sudah bisa belanja tanpa perlu tatap muka sama sekali. Beberapa marketplace raksasa seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak bisa anda pakai sebagai platform yang bagus untuk belanja online.

Namun perlu diingat juga bahwa fungsi marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak hanya sebagai perantara saja antara pembeli dan penjual.

Jadi dengan banyaknya penjual yang berjualan dari marketplace maka anda harus bisa membedakan mana yang sudah terpercaya dan mana yang meragukan.

Cara memilih seller terpercaya supaya tidak kena tipu

Jika anda perhatikan setiap marketplace populer saat ini pastinya sudah punya beberapa fitur yang bisa menjadi indikator bagus untuk mengetahui apakah seller itu punya reputasi baik atau buruk.

Berikut ini beberapa indikator yang harus selalu anda perhatikan ketika berjumpa dengan seller online baru.

1. Review positif dan bintang 5

Beberapa marketplace raksasa seperti Shopee dan Tokopedia pastinya punya sistem rating dan review yang bisa anda lihat secara mudah.

Supaya aman maka sebaiknya pilih seller yang sudah mempunyai bintang 5, atau setidaknya bintang 4,5. Dan setelah melihat bintang, maka lihat juga review dari orang yang telah membeli dari produk yang ingin anda beli tersebut.

Lihat apakah komentarnya positif dan meyakinkan. Atau justru jelek dan tidak meyakinkan. Selain itu lihat juga penampakan foto dan video dari produk yang ingin anda beli tersebut apakah sama dengan yang di etalase atau berbeda ?

Dari sini anda bisa menilai sendiri apakah seller ini terpercaya atau tidak.

2. Komunikasi dan respon dari seller

Sebagai pembeli tentunya wajar saja jika ingin mendapatkan pelayanan yang sebaik mungkin dari pihak seller. Untuk itu anda bisa manfaatkan fitur chat yang biasa ada pada marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Seller yang recommended pastinya akan membalas sapaan atau pertanyaan anda dengan cepat dan sopan. Sebaliknya jika seller itu mempunyai reputasi yang buruk biasanya akan membalas dengan chat lama, atau bahkan tidak membalas sama sekali.

Dan jikapun dibalas biasanya sekenanya saja atau tidak menggunakan bahasa yang sopan. Maka dari itulah anda bisa pertimbangkan sendiri dan mencari seller mana yang punya respon bagus agar nantinya bisa berkomunikasi dengan sebaik mungkin.

3. Lihat foto produk dan deskripsi barang

Seller yang terpercaya dan jujur pastinya akan menjual barang sesuai deskripsi dan gambar yang sama persis dengan foto produk di etalase.

Sebelum melakukan pembelian, bacalah dengan teliti semua deskripsi yang ada pada lapak seller. Jika deskripsi seller itu sangat detail dan lengkap maka bisa menjadi referensi yang bagus untuk anda belanja dari sini.

Namun jika dari deskripsinya saja sudah tidak jelas, dan terbilang menggunakan bahasa yang menyesatkan. Maka demi keamanan jangan berbelanja dari seller ini karena agar beresiko terjadi penipuan.

Begitu juga foto produk dan penampakan video asli yang jelas dan detail. Anda bisa meminta lewat chat jika belum terpajang di etalase.

Jika seller tidak mau memberikannya maka patut dicurigai bahwa seller ini akan bermasalah nantinya. Sebab seller yang terpercaya pasti mau memberikan foto detail dari produk yang akan di beli.

Dengan demikian transaksi bisa berjalan dengan lancar.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi