Cara Melakukan Open Dispute di Paypal
in Paypal

Cara Melakukan Open Dispute di Paypal

Bagaimana sih cara melakukan Open Dispute di paypal ? Yuk kita ikuti penjelasan dalam posting kali ini. Ada kalanya ketika kita membeli barang secara online dan membayar menggunakan paypal, kita mengalami masalah, seperti barang tidak dikirim oleh seller oleh satu dan lain hal, barang tidak sampai mungkin karena keselip atau pencurian dalam perjalanan (umumnya paket yang dikirim dengan metode pengiriman non tracking number) atau barang sampai ke tujuan tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan, misalnya salah kirim barang, atau jumlahnya kurang, dan lain lain.

Apa itu Paypal ?

Paypal sendiri sebenarnya merujuk pada nama Paypal.inc yang merupakan nama sebuah perusahaan yang menyediakan jasa transfer uang secara elektronik, menggantikan system konvensional yang saat ini masih umum digunakan. Paypal Inc didirikan di Palo Alto, California, Amerika Serikat pada tahun 1998. Paypal Inc kemudian menggunakan merk dagang Paypal sebagai metode pembayaran elektronik yang disediakannya.

Paypal menyediakan jasa transfer uang dari satu rekening paypal ke rekening paypal lainnya. Saat ini paypal telah banyak digunakan oleh Jutaan orang di seluruh dunia. Paypal juga telah menjadi pilihan utama metode pembayaran di situs ecommerce eBay.com. Disamping itu, paypal telah juga diterima di ribuan situs jual beli intenasional. Bahkan saat ini di dalam negeri Indonesia sudah banyak juga penjual yang menggunakan metode pembayaran ini.

Amankah bertransaksi menggunakan Paypal ?

Paypal menyediakan metode transfer uang dengan bertindak sebagai pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi anatara penjual dan pembeli. Metode yang sama dengan metode yang saat ini banyak digunakan dalam skema rekening bersama di Indonesia. Paypal memberikan garansi uang kembali jika penjual terbukti berbuat curang, sehingg tidak mengirimkan barang yang kita beli, atau jika barang hilang keita dalam perjalanan / pengiriman, atau barang diterima tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi siapapun yang sudah sering bertransaksi belanja internasional, pasti sudah paham keamanan yang ditawarkan paypal ini.

Apa itu open dispute ?

Jika kita melakukan transaksi pembelian barang secara online, dan mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas tadi, maka kita bisa melakukan open dispute.  Apa itu ?. Open dispute adalah proses mengajukan complain kepada seller, melalui Paypal sebagai pihak ketiga yang menjamin kemanan transaksi. Jika kita sudah melakukan open dispute, maka paypal akan melakukan semacam penyelidikan, mulai dengan menghubungi penjual, memeriksa keabsahan transaksi, memeriksa tracking number dan lain lain. Sebagai mediator, paypal akan mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan, lalu membuat keputusan akhir. Jika claim yang kita ajukan terbukti benar, maka paypal akan memutuskan untuk memberikan refund kepada kita. Dan uang akan dikembalikan kea kun paypal atau ke rekening kartu kredit yang terhubung dalam akun paypal kita. Tetapi jika ternyata claim kita tidak terbukti, atau kita dinilai lemah dalam mengajukan bukti, maka paypal akan membatalkan dispute kita dan memenangkan penjual.

Cara melakukan open dispute

Cara yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka halaman web paypal.com lalu login ke akun paypal teman teman
  2. Di halaman “Summary” teman teman cari transaksi yang akan dilakukan open dispute
  3. Klik pada transaksi tersebut, maka akan muncul halaman sebagai berikut :

cara-open-dispute-paypal-1

4. Klik pada “Report an Issue”

5. Pilih apa yang ingin anda lakukan. Pilih “I did’t receive Item I Purchased” Jika kita tidak menerima barangnya. Atau pilih “I received an Item That Wasn’t As Described” jika kita menerima barang tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan dalam penjualan. Dalam kasus ini saya melakukan open dispute, karena barangnya sudah 3 bulan tidak datang, jadi saya memilih opsi yang pertama. Setelah di klik, maka akan muncul halaman seperti ini.

cara-open-dispute-paypal-2

6. Pilih atau centang nama barang yang mau di open dispute. Dibawahnya teerdapat kolom, dimana kita bisa melampirkan bukti pembelia, bukti konfirmasi dari seller, dll. Jika tidak ada, bisa biarkan kosong. Lalu dikolom paling bawah, isikan penjelasan tentang barang tersebut. Misalnya kita bilang saja : “ I did’t receive the package until now, I want my money back”. Lalu klik “Submit”

cara-open-dispute-paypal-3

 

7. Selanjutnya akan muncul halaman seperti ini. Disini artinya open dispute telah kita lakukan, dan proses selanjutnya akan dilakukan penyelidikan oleh Paypal. Jika ingin melihat detail dispute nya, silahkan klik “View Conversation”

cara-open-dispute-paypal-5

 

8. Maka kita akan dibawa ke halaman seperti ini. Di halaman ini kita bisa melihat perkembangan dispute yang kita lakukan. Jika ingin menambahkan message, silahkan klik “Send message” dan menambahkan mesaage. Dan apabila selama open dispute ini paket datang atau seller mengembalikan uang, maka teman teman bisa melakukan pembatalan Dispute dengan klik pada “Mark this problem as resolved”.

cara-open-dispute-paypal-6

 

9. Jika esok atau lusa teman teman ingin mengecek status Open Dispute nya, maka teman teman bisa login ke akaun paypal teman teman. Lalu klik “Help” dan klik “Resolution center”, maka akan dibawa masuk ke halaman seperti dibawah ini. Ini adalah daftar Open Dispute yang kita lakukan. Pilih salah satu item yang mau kita lihat dengan cara klik pada item yang dimaksud. Maka akan keluar halaman seperti ini

cara-open-dispute-paypal-7

 

10. Di halaman ini nanti kita bisa memonitor proses Open dispute nya. Silahkan secara berkala mengunjungi halaman ini, untuk memantau prosesnya. Disamping itu, teman teman juga akan mendapatkan notifikasi via email, setiap ada perkembangan dari dispute tersebut. Cek email secara berkala dan lihat apa yang disampaikan paypal melalui email tersebut.

cara-open-dispute-paypal-8

 

11. Jika Paypal selesai melalukan penyelidikan, maka paypal akan memberikan keputusan. Jika kita dinyatakan menang dalam perselisihan ini, maka uangnya akan dikembalikan atau di refund ke akun paypal kita atau ke rekening kartu kredit kita.

Demikianlah cara open dispute di paypal yang perlu teman teman ketahui jika mengalami masalah dalam pembelian atau pembayaran menggunakan paypal. Jika ada pertanyaan terkait hal ini, silahkan menghubungi kami. Salam sukses.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment